6 Alasan Mengkonsumsi Teh Hijau

Dari berbagai jenis, teh hijau banyak disarankan untuk dikonsumsi karena manfaatnya berlipat.Tak hanya sebagai antioksidan kuat, memerangi penyakit jantung atau mencegah peradangan, namun teh hijau punya ‘seabrek’ manfaat lain yang sebaiknya tidak Anda abaikan. Apa saja? Yuk kita cek!
1
Mengurangi risiko kanker
Kandungan polifenol, antioksidan kuat pada teh hijau, tampaknya mencegah sel kanker berkembang dalam tubuh. Berbagai studi menunjukkan bahwa orang yang teratur minum teh hijau berkurang risikonya terhadap penyakit kanker payudara, kanker perut, kanker kerongkongan, kanker kolon (usus besar) dan kanker prostat.
2
Menyejukkan kulit
Kulit Anda bermasalah, entah bengkak atau gatal? Cobalah rendam teh hijau, oleskan pada bagian kulit yang bermasalah. Teh hijau merupakan antiseptik alami yang meredakan peradangan dan gatal pada kulit. Anda bisa coba juga teh hijau untuk mengempiskan jerawat, kulit terbakar bahkan kelopak mata yang membengkak entah habis menangis atau kurang tidur. Celup teh hijau di air, ambil kantungnya dan tempelkan pada daerah yang dikehendaki. Pada uji lab, teh hijau mampu melindungi kulit dari bahaya sinar UV yang memicu munculnya kanker kulit, entah dengan cara meminumnya atau mengoleskannya langsung pada kulit dalam bentuk pelembab atau losion yang mengandung khasiat teh hijau.
3
Menstabilkan tekanan darah
Memiliki tekanan darah stabil, di bawah 120/80, adalah hal penting. Namun menjaganya di kisaran itu susah-susah gampang apalagi bagi Anda yang doyan makanan berlemak tinggi. Tapi orang yang mengonsumsi separuh cangkir teh hijau setiap hari sudah ‘menabung’ menghindarkan diri dari tekanan darah tinggi sebesar 50% dibanding mereka yang tak biasa minum teh hijau. Sekali lagi kandungan polifenol (yang sekarang dikenal sebagai ECGC) yang membuat tekanan darah stabil. Senyawa polifenol membantu menjaga pembuluh darah dari kontraksi yang berpotensi menaikkan tekanan darah.
4
Melindungi daya ingat
Teh hijau juga menjaga otak tetap ‘tajam’ dari bahaya kepikunan. Orang dewasa yang minum teh hijau setidaknya dua cangkir sehari tampaknya tidak punya masalah kognitif serius dibanding mereka yang minum teh kurang dari jumlah tersebut. Kenapa? Sekali lagi karena antioksidan dosis tinggi yang terkandung dalam teh yang memerangi radikal bebas yang berpotensi merusak saraf otak seperti yang tampak pada penderita Alzheimer dan Parkinson.
5
Awet muda
Semakin muda dan sehat arteri Anda, maka dampaknya Anda juga makin terlihat lebih sehat dan lebih muda. Jadi perangilah plak yang tertimbun di pembuluh darah yang akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Tambahkan usia biologis dan energi dengan mengonsumsi teh hijau. Berapa banyak dosis yang harus dikonsumsi? Sekitar 10 ons teh hijau per hari yang akan menghalangi tubuh menyerap lemak yang menyumbat arteri dan kolesterol.
6
Menurunkan berat badan
Oh ya, ini yang pasti Anda suka. Dengan teratur mengonsumsi teh hijau berarti Anda mempercepat proses pembakaran kalori dalam tubuh. ShapeWorks Herbal Concentrate Tea memberikan efek thermogenesis pada tubuh kita, sehingga terjadi pembakaran kalori/lemak saat kita istirahat.
Ini sering disebut juga sebagai Aerobic in the Bottle.

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

12 Responses to 6 Alasan Mengkonsumsi Teh Hijau

  1. kopiradix says:

    TFS ya mbak, artikel yang bermanfaat, tetapi kalau pakai gula malah gak enak

  2. flowerenti says:

    Bener bgt! Aku minumtiap hari

  3. tieanhere says:

    wah sip bgt artikelnya.kebetulan semester ini saya ambil mata kuliah budidaya kopi dan tehso pas bgt gt,buat referensi.ada ide lain,teh sebagai bahan makanan ato minuman lain?hhe..

  4. flowerenti says:

    Kopi dan teh itu adalah minuman orang sedunia, sekarang lg in tuh minuman teh dgn modifikasi, laku jg dipasaran

  5. 3rdevolution says:

    wah info amat sangat berguna. makasih ya Arnie. keep writing ^_^

  6. itsmearni says:

    anonymouseleven said: artikel yang bagus….

    Terima kasih….

  7. itsmearni says:

    kopiradix said: TFS ya mbak, artikel yang bermanfaat, tetapi kalau pakai gula malah gak enak

    Setuju….emang enaknya gak pake gulaTapi klo aq biasanya ditambahin madu….

  8. itsmearni says:

    tieanhere said: wah sip bgt artikelnya.kebetulan semester ini saya ambil mata kuliah budidaya kopi dan tehso pas bgt gt,buat referensi.ada ide lain,teh sebagai bahan makanan ato minuman lain?hhe..

    weleh…emang kuliah dimana neh…asik dunks ntar jadi pengusaha kopi n teh 😀

  9. itsmearni says:

    flowerenti said: Kopi dan teh itu adalah minuman orang sedunia, sekarang lg in tuh minuman teh dgn modifikasi, laku jg dipasaran

    Bener tuh mbak….wlopun q teteup lebih seneng teh yang murni…soalnya klo udah dimodif suka ilang rasa asli tehnya

  10. itsmearni says:

    3rdevolution said: wah info amat sangat berguna. makasih ya Arnie. keep writing ^_^

    Thx Nana…..udah balik ke Indonesia neh…

  11. nastary says:

    thanks banget ya arnie. boleh donk selain kasiatnya di tambahin juga efek sampingnya…….^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s