Membersihkan hati…

Dapet email bagus neh….aku share aja ya…

MONYET …


Saya pernah membaca artikel menarik tentang teknik berburu monyet di hutan-hutan Afrika. Caranya begitu unik. Sebab, teknik itu memungkinkan si pemburu menangkap monyet dalam keadaan hidup-hidup tanpa cedera sedikitpun. Maklum, ordernya memang begitu. Sebab, monyet-monyet itu akan digunakan sebagai hewan percobaan atau binatang sirkus di Amerika. Cara menangkapnya sederhana saja. Sang pemburu hanya menggunakan toples berleher panjang dan sempit. Toples itu diisi kacang yang telah diberi aroma. Tujuannya,agar mengundang monyet-monyet datang. Setelah diisi kacang, toples-toples itu ditanam dalam tanah dengan menyisakan mulut toples dibiarkan tanpa tutup.
Para pemburu melakukannya di sore hari. Besoknya, mereka tingal meringkus monyet-monyet yang tangannya terjebak di dalam botol tak bisa dikeluarkan. Kok, bisa? Tentu kita sudah tahu jawabnya.


Monyet-monyet itu tertarik pada aroma yang keluar dari setiap toples.
Mereka mengamati lalu memasukkan tangan untuk mengambil kacang-kacang yang ada di dalam. Tapi karena menggenggam kacang, monyet-monyet itu tidak bisa menarik keluar tangannya Selama mempertahankan kacang-kacang itu, selama itu pula mereka terjebak. Toples itu terlalu berat untuk diangkat. Jadi, monyet-monyet itu tidak akan dapat pergi ke mana-mana !
Mungkin kita akan tertawa melihat tingkah bodoh monyet-monyet itu. Tapi, tanpa sadar sebenamya kita mungkin sedang menertawakan diri sendiri. Ya, kadang kita bersikap seperti monyet-monyet itu. Kita mengenggam erat setiap permasalahan yang kita miliki layaknya monyet mengenggam kacang. Kita sering mendendam, tak mudah memberi maaf, tak mudah melepaskan maaf. Mulut mungkin berkata ikhlas, tapi bara amarah masih ada di dalam dada. Kita tak pernah bisa melepasnya. Bahkan, kita bertindak begitu bodoh, membawa “toples-toples” itu ke mana pun kita pergi. Dengan beban berat itu, kita berusaha untuk terus berjalan.
Tanpa sadar, kita sebenarnya sedang terperangkap penyakit hati yang akut.
Teman, sebenarnya monyet-monyet itu bisa selamat jika mau membuka genggaman tangannya. Dan, kita pun akan selamat dari penyakit hati jika sebelum tidur kita mau melepas semua “rasa tidak enak” terhadap siapapun yang berinteraksi dengan kita.

Dengan begitu kita akan mendapati hari esok begitu cerah dan menghadapinya dengan senyum. Dan, kita pun tahu surga itu diperuntukkan bagi orang-orang yang hatinya bersih.
Jadi, kenapa tetap kita genggam juga perasaan tidak enak itu?

PS : Ayo mulai hari dengan senyum, ucapkan terima kasih atas udara yang kita hirup dipagi hari, atas kehidupan yang masih kita jalani, atas cinta yang kita miliki…semoga damai dihati damai didunia damai selalu

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

101 Responses to Membersihkan hati…

  1. terima kasih…. tp aku tetep ga mau nglepas toplesq mba….*asik makan kacang sambil meluk toples*

  2. ekohm says:

    ehem,….pake so klin apa rinso yah ?

  3. ariefkurni says:

    hmmmmm…….bagus juga…

  4. Tersenyumlah dan semua bahgia………….begitu ya…..

  5. 4bee says:

    depingacygacy said: terima kasih…. tp aku tetep ga mau nglepas toplesq mba….*asik makan kacang sambil meluk toples*

    setuju………………

  6. itsmearni says:

    depingacygacy said: terima kasih…. tp aku tetep ga mau nglepas toplesq mba….*asik makan kacang sambil meluk toples*

    hahahaha….klo depin minta gendong toplesnya tetep gak dilepas ya tan…wah sayang anak opo sayang toples seh…xixixixi…

  7. manja80 says:

    nice posting mbak arni…iya kadang kita mang seperti monyet itu hahaha

  8. itsmearni says:

    ekohm said: ehem,….pake so klin apa rinso yah ?

    pake krim ekonomi, sa’ndulit hasilnya selangit xixixixixi*iklan mode on*

  9. itsmearni says:

    ariefkurni said: hmmmmm…….bagus juga…

    hmmm….*manggut-manggut* terima kasih…

  10. itsmearni says:

    nafrisalraihan said: Tersenyumlah dan semua bahgia………….begitu ya…..

    Betul sekali…seperti greeting di MP q ini mbak… 😀

  11. 4bee says:

    kadang kita ini seperti monyet bu ar….tapi perlu dingat dan harus selalu diingat kalo aku bukna monyet….

  12. ya jls sayang toples tho mba’…kl toplesnya ta’ lepas disini bisa2 abis kacang bawangku hehehehe…

  13. itsmearni says:

    4bee said: setuju………………

    huuuuuuu…dasar…matanya ijo deh klo liat toples…

  14. caturhp says:

    Betul2 bget mbak …

  15. itsmearni says:

    4bee said: kadang kita ini seperti monyet bu ar….tapi perlu dingat dan harus selalu diingat kalo aku bukna monyet….

    iya..iya..aq inget koq om…kan udah dapet julukan CITREN = BunCIT KeREN hahahahah

  16. itsmearni says:

    depingacygacy said: ya jls sayang toples tho mba’…kl toplesnya ta’ lepas disini bisa2 abis kacang bawangku hehehehe…

    weleh..weleh…kasian depin mbak..udah depin dititipin ke aq aja mbak….:D

  17. itsmearni says:

    caturhp said: Betul2 bget mbak …

    Dapet hadiah dong aq…;p;p;p

  18. 4bee says:

    itsmearni said: iya..iya..aq inget koq om…kan udah dapet julukan CITREN = BunCIT KeREN hahahahah

    CITREN….wah kawater keliru jadi CITRUN….bisa bisa jadi putih aku hehehehe

  19. itsmearni says:

    manja80 said: nice posting mbak arni…iya kadang kita mang seperti monyet itu hahaha

    aq gak mau ahhh….seperti monyet…aq kan cantiq..*narsis mode on*

  20. itsmearni says:

    4bee said: CITREN….wah kawater keliru jadi CITRUN….bisa bisa jadi putih aku hehehehe

    wakakakaka…itu sejenis zat yang bisa bikin guanteng kan om??

  21. manja80 says:

    itsmearni said: aq gak mau ahhh….seperti monyet…aq kan cantiq..*narsis mode on*

    wkkwkwkwkw……

  22. 4bee says:

    itsmearni said: wakakakaka…itu sejenis zat yang bisa bikin guanteng kan om??

    wah aku gak jadi gaunteng cukup Keren aja hahahahahaitutuh kecutan yg biasanya buat mutij=hin baju…kan cocok buat yg mo mutihin kulitmurah meriah

  23. nagabonar1 says:

    yang monyet itu ello pa gua yah? hehhehee

  24. 4bee says:

    bu arni…neh yg butuh CITRUN datang

  25. itsmearni says:

    manja80 said: wkkwkwkwkw……

    tapi bener kan..aq cuantiq…*ngarep dipuji*xixixixi

  26. itsmearni says:

    4bee said: wah aku gak jadi gaunteng cukup Keren aja hahahahahaitutuh kecutan yg biasanya buat mutij=hin baju…kan cocok buat yg mo mutihin kulitmurah meriah

    hihihihhi….aq ngebayangin om 4bee jadi putih….*padahal HS nya aja gak ada wujud*

  27. itsmearni says:

    nagabonar1 said: yang monyet itu ello pa gua yah? hehhehee

    ya ello lah….

  28. itsmearni says:

    4bee said: bu arni…neh yg butuh CITRUN datang

    hahahahaha…yang komennya diatas om 4bee ya?

  29. @bu arni, cuma pinjem blh, tp jgn diminta yah…jadinya susah….lagian depin pasti lbh rela jalan drpd ninggal toples disini, diakan jg syuka kacang :-)@4bee, keknya yg tu dah ga butuh citrun d mas, liat ajah kaporit aja ga mempan palagi cuma citrun hehehe…btw kecutan bisa bwt mutihin yah? ga mandi = kecut, brarti ga mandi bisa bikin putih? gitukah mas??

  30. medilubis says:

    aku bukan monyet ya….gak suka makan kacang….

  31. itsmearni says:

    depingacygacy said: @bu arni, cuma pinjem blh, tp jgn diminta yah…jadinya susah….lagian depin pasti lbh rela jalan drpd ninggal toples disini, diakan jg syuka kacang 🙂

    ntar aq sediain kacang yang buanyak deh dirumah…biar depin betah..daripada harus rebutan karo ibune…:D

  32. itsmearni says:

    depingacygacy said: @4bee, keknya yg tu dah ga butuh citrun d mas, liat ajah kaporit aja ga mempan palagi cuma citrun hehehe…btw kecutan bisa bwt mutihin yah? ga mandi = kecut, brarti ga mandi bisa bikin putih? gitukah mas??

    wakakakaka…….emang dia mandi pake kaporit ya mbak?

  33. itsmearni says:

    medilubis said: aku bukan monyet ya….gak suka makan kacang….

    koq gak suka…takut jerawatan ya?

  34. 4bee says:

    itsmearni said: hahahahaha…yang komennya diatas om 4bee ya?

    ho’oh

  35. itsmearni says:

    4bee said: ho’oh

    orangnya ngilang om…

  36. 4bee says:

    depingacygacy said: @bu arni, cuma pinjem blh, tp jgn diminta yah…jadinya susah….lagian depin pasti lbh rela jalan drpd ninggal toples disini, diakan jg syuka kacang :-)@4bee, keknya yg tu dah ga butuh citrun d mas, liat ajah kaporit aja ga mempan palagi cuma citrun hehehe…btw kecutan bisa bwt mutihin yah? ga mandi = kecut, brarti ga mandi bisa bikin putih? gitukah mas??

    walah kalo kaporit udah gak mempan…brarti tinggal satu alternatif neh bu dep…..mending suruh ngecat putih aja biar jadi putih kayak tembok hehehehekan sama orangny kepedean, jadi udah kayak rai gedegsoal kecutan mending buat makan bakso aja ah…seger neh bakso yg puedes dengen sedikit kecutan…….laper…..udah jam makan siang lom yah

  37. @b arni, brarti ibune yo ngikut….@4bee, kl liat wujudnya sie bisa jadi mas hehehe

  38. itsmearni says:

    4bee said: walah kalo kaporit udah gak mempan…brarti tinggal satu alternatif neh bu dep…..mending suruh ngecat putih aja biar jadi putih kayak tembok hehehehekan sama orangny kepedean, jadi udah kayak rai gedegsoal kecutan mending buat makan bakso aja ah…seger neh bakso yg puedes dengen sedikit kecutan…….laper…..udah jam makan siang lom yah

    wwkwkwkwkwkwk……klo dicat putih ntar gak bisa dibedain ma tembok om…yaa..wlopun emang dah muka tembok sih..iya neh..laper…jam mkn siang maish lama ya??

  39. @4bee, dilabur pake kapur/ gamping ya mas, biar memper rumah gedheg jaman dulu, putihnya awet loh hehehe

  40. medilubis says:

    itsmearni said: koq gak suka…takut jerawatan ya?

    bukan….makannya gak enak, harus satu-satu di kupas baru di makan…gak bisa makan sekali banyak….

  41. itsmearni says:

    depingacygacy said: @b arni, brarti ibune yo ngikut….

    yeee….depinnya tetep gak kebagian kacang dunks…toplese wis dikekep ibune…

  42. itsmearni says:

    medilubis said: bukan….makannya gak enak, harus satu-satu di kupas baru di makan…gak bisa makan sekali banyak….

    pan ada yang dah dikupas neng….:D

  43. 15menit lagi…ayoh siap2 diparkiran….oya mas bawain baksonya yah tp ga pake pedes 🙂

  44. itsmearni says:

    depingacygacy said: 15menit lagi…ayoh siap2 diparkiran….oya mas bawain baksonya yah tp ga pake pedes 🙂

    masih lamaaa…hiks…laper banget neh…mau dunks ditraktir bakso…*pasang tampang memelas*

  45. medilubis says:

    itsmearni said: pan ada yang dah dikupas neng….:D

    kalo yang udah dikupas aku suka…. hehehe…..tapi ceritanya disini kacangnya kacang kulit apa kacang yang udah dikupas ya???

  46. ayuh minta ma 4bee…plizzzz….

  47. 4bee says:

    kurang 5 menit….buat makan siangayo kita makan trus tinggalin sinaga biar kesepian hehehe

  48. 4bee says:

    minta apaan neh bu dep

  49. itsmearni says:

    medilubis said: kalo yang udah dikupas aku suka…. hehehe…..tapi ceritanya disini kacangnya kacang kulit apa kacang yang udah dikupas ya???

    yeeeee…jadingomongin kacang..tanya tante depin aja…dia yang punya banyak kacang dalam toples…tante jawab dunks..:D

  50. itsmearni says:

    depingacygacy said: ayuh minta ma 4bee…plizzzz….

    mintain dong tant’….klo aq takut gak dikabulin 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s