Makan Jagung Yuks…

Buat sebagian orang jagung itu makanan iseng….maksudnya buat saat-saat iseng aja, jadi cemilan ato jadi lauk. Apalagi klo pas ke puncak paling enak tuh makan jagung bakar dingin-dingin empuk hihihihii…..
Tapi taukah anda bahwa jagung juga punya aneka manfaat…(ndak salah lho klo kakek nenek kita jaman dulu jadiin jagung sebagai salah stu makanan pokok…nasi jagung…hmmm…yummy)

Manfaat Jagung

 Kaya akan lemak nabati dan merupakan sumber asam lemak omega 6 yang bermanaat mendukung proses pertumbuhan anak, menjaga kesehatan kulit, mencegah penyakit jantung dan stroke
 Mengandung serat penting untuk menurunkan kadar kolestrol
 Kaya asam folat yang berperan menurunkan kadar homosistein (asam amino penyebab stroke & serangan jantung) dalam pembuluh darah
 Sumber thiamin (vit B1) yang penting untuk kesehatan sel otak dan fungsi konigtif
 Proses pemasakan jagung akan meningkatkan pengeluaran asam ferulat yaitu senyawa yang berperan sebagai antioksidan untuk melawan kanker

Memilih dan Menyimpan Jagung

 Pilih jagung dengan kulit (kelobot) yang segar, berwarna hijau dan tidak kering. Biji jagung yang baik biasanya montok dan tersusun rapat membentuk barisan pada tongkol (tidak bolong-bolong)
 Jagung yang enak adalah jagung yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Jagung seperti ini rasanya manis dan gurih, sedangkan jagung tua biasanya pahit dan bijinya keras
 Untuk mengetes kesegaran jagung, tekan biji jagung dengan jari. Jagung segar akan mengeluarkan cairan berwarna seputih susu
 Hindari menyimpan jagung ditempat yang panas karena suhu pans akan mengubah kandungan gula dalam jagung menjadi serat, sehingga mengakibatkan jagung menjadi keras. Simpan jagung ditempat yang sejuk yang tidak terkena matahri langsung atau di dalam kulkas
 Aroma dan rasa terbaik dari jagungsegar sangat mudah hilang jika tidak segera dikonsumsi. Untuk mempertahankan aroma dan rasa jagung, kemas dalam plastik pembungkus, kemudian simpan dalam kulkas. Jangan mengupas kulit jagung bila belum hendak dimakan kare kulitnya bermanfaat mempertahankan cita rasa jagung

…..*dari berbagai sumber*….

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

105 Responses to Makan Jagung Yuks…

  1. itsmearni says:

    pertamax dapet hadiah jagung bakar….

  2. spidolitem says:

    tp kalo menyimpan jagung dalam kulkas musti dibungkus plastik rapat2, kalo tidak malah akan merusak biji jagungini pengalaman pribadi, dan sering kejadian 😀

  3. medilubis says:

    kata mamaku jagung bagus untuk rambut….aku suka jagung….(pamerin rambutku)

  4. itsmearni says:

    spidolitem said: tp kalo menyimpan jagung dalam kulkas musti dibungkus plastik rapat2, kalo tidak malah akan merusak biji jagungini pengalaman pribadi, dan sering kejadian 😀

    betul om….kan dah aq tulis diatas 😀

  5. itsmearni says:

    medilubis said: kata mamaku jagung bagus untuk rambut….aku suka jagung….(pamerin rambutku)

    gitu ya Din….*natap rambut Dina dengan iri hiks…*

  6. nagabonar1 says:

    ngak suka jagung ..kamu makan ajah sendirijagung gua lagi gede

  7. itsmearni says:

    nagabonar1 said: ngak suka jagung ..kamu makan ajah sendirijagung gua lagi gede

    wakakakakka…..emang bang naga punya jagung ya?*sambil mikir jagungnya kek apa ya*

  8. Jagung ya…….enaknya kalau di bakar ama di kukus..di makan pas hujan………..

  9. itsmearni says:

    nafrisalraihan said: Jagung ya…….enaknya kalau di bakar ama di kukus..di makan pas hujan………..

    iya mbak….anget-anget hmmm…jadi pengen deh…

  10. wprazh says:

    wah sayang aku kurang suka jagung palagi jagung bakar. paling makan jagung kalau diolah jadi nasi atau bakwan jagung (dadar jagung)

  11. medilubis says:

    itsmearni said: gitu ya Din….*natap rambut Dina dengan iri hiks…*

    (bergaya seperti bintang iklan sunsilk)

  12. nagabonar1 says:

    itsmearni said: wakakakakka…..emang bang naga punya jagung ya?*sambil mikir jagungnya kek apa ya*

    mao tahu yahhhh?beda tipis dengan hubby mu

  13. 4bee says:

    enak lagi kalo dibuat dadar jagung….hmmmmmtp rada bosen jugaabis rumah kan banyak sawah jadi suplly jagung masih banyak….yg agak jarang malah singkongada yg mo kasih

  14. jagung teh marning bukan ??? *sambil mengingat2 penganan waktu kecil*

  15. riefi5e says:

    Jd maw makan jagung bakar… Kemarin2 makan jagungnya disayur mulu…Huuaaahhmmm….

  16. spidolitem says:

    turun pangkat neh dari mo makan2 steak jd makan jagung :-(downgrade!

  17. manja80 says:

    jadi inget di pinggir sungai batanghari mbak arni makan jagung bakar ma es tebu , , , , bon kapan lo mudik ajak kita ramai2 ke batanghari yah,, , , , ,

  18. medilubis says:

    manja80 said: jadi inget di pinggir sungai batanghari mbak arni makan jagung bakar ma es tebu , , , , bon kapan lo mudik ajak kita ramai2 ke batanghari yah,, , , , ,

    batanghari itu dmn yah?

  19. riefi5e says:

    Lohh, kan jagungnya bs di kukus trus dihidangin brg steak bang… Hahaha…

  20. manja80 says:

    medilubis said: batanghari itu dmn yah?

    di jambi raya mbak kota kelahirannya naga bonar he he he

  21. zakia3ana says:

    jagung bakar di olesi ma mentega yah

  22. medilubis says:

    manja80 said: di jambi raya mbak kota kelahirannya naga bonar he he he

    oh….. kok dari kemaren gak nyambung terus yah….aku kira di jln sei batanghari yg di Medan….hahahaha……

  23. manja80 says:

    medilubis said: oh….. kok dari kemaren gak nyambung terus yah….aku kira di jln sei batanghari yg di Medan….hahahaha……

    yah klo batangharinya mang melintas di jambi mbak, , , ,

  24. jadi pingin bakwan jagung…(“_)

  25. 4bee says:

    marning……..campur kacang……mauuuuuuuuuu

  26. medilubis says:

    manja80 said: yah klo batangharinya mang melintas di jambi mbak, , , ,

    ooooo………kemaren Rieska ngajak ketemuan di Krakatau…aku kira di jln krakatau Medanternyata krakatau perbatasan antara sumatera dan jawa…hahaha…. parah….

  27. itsmearni says:

    wprazh said: wah sayang aku kurang suka jagung palagi jagung bakar. paling makan jagung kalau diolah jadi nasi atau bakwan jagung (dadar jagung)

    klo aq sih suka2 aja mas….apalgi klo jagung rebus…tapi kan apapun bentuk olahannya yang penting dapat manfaatnya 🙂

  28. itsmearni says:

    medilubis said: (bergaya seperti bintang iklan sunsilk)

    ikutan gaya ahh…

  29. itsmearni says:

    nagabonar1 said: mao tahu yahhhh?beda tipis dengan hubby mu

    wakakakakka….hubby q mah big size 😀

  30. itsmearni says:

    4bee said: enak lagi kalo dibuat dadar jagung….hmmmmmtp rada bosen jugaabis rumah kan banyak sawah jadi suplly jagung masih banyak….yg agak jarang malah singkongada yg mo kasih

    aq mau dong jagung….kapan neh makan jagung rame-rame

  31. itsmearni says:

    anonymouseleven said: jagung teh marning bukan ???*sambil mengingat2 penganan waktu kecil*

    tul banget Ndin….*makanan waktu kecil juga tuh*

  32. itsmearni says:

    riefi5e said: Jd maw makan jagung bakar… Kemarin2 makan jagungnya disayur mulu…Huuaaahhmmm….

    ke puncak yuks…

  33. itsmearni says:

    spidolitem said: turun pangkat neh dari mo makan2 steak jd makan jagung :-(downgrade!

    wakakakakka….makanan rakyat om….lebih sehat lagi…

  34. itsmearni says:

    manja80 said: jadi inget di pinggir sungai batanghari mbak arni makan jagung bakar ma es tebu , , , , bon kapan lo mudik ajak kita ramai2 ke batanghari yah,, , , , ,

    waha uenak banget tuh….tapi bang naga pan gak suka jagung….

  35. itsmearni says:

    riefi5e said: Lohh, kan jagungnya bs di kukus trus dihidangin brg steak bang… Hahaha…

    hahahaha…dapet dua-duanya ya ries…bisa aja lu…

  36. itsmearni says:

    zakia3ana said: jagung bakar di olesi ma mentega yah

    tul…enak banget tuh….

  37. itsmearni says:

    medilubis said: oh….. kok dari kemaren gak nyambung terus yah….aku kira di jln sei batanghari yg di Medan….hahahaha……

    hahahaha…..btw…emang bang naga itu sebenarnya lahir di mana sih?koq keknya dia ada dimana-mana….

  38. itsmearni says:

    manja80 said: yah klo batangharinya mang melintas di jambi mbak, , , ,

    aq pernah meh duduk2 ditepian batanghari….asik banget banyak yang jualan jagung….romantis euy suasananya….

  39. itsmearni says:

    anonymouseleven said: jadi pingin bakwan jagung…(“_)

    tadi aq makan dikantin…enak deh 😀

  40. itsmearni says:

    mau juga…sekalian pop corn buat bekel nonton bioskop

  41. itsmearni says:

    medilubis said: ooooo………kemaren Rieska ngajak ketemuan di Krakatau…aku kira di jln krakatau Medanternyata krakatau perbatasan antara sumatera dan jawa…hahaha…. parah….

    wakakakaka……kapan kita ke krakatau….

  42. manja80 says:

    medilubis said: ooooo………kemaren Rieska ngajak ketemuan di Krakatau…aku kira di jln krakatau Medanternyata krakatau perbatasan antara sumatera dan jawa…hahaha…. parah….

    walah bnyk2 minum vitamin mbak biar ga tel me kwkwkw

  43. 4bee says:

    itsmearni said: aq mau dong jagung….kapan neh makan jagung rame-rame

    datang aja kesinimumpung jagung bapakku udah bisa dibakar nehhayoo sapa mau sapa mau

  44. itsmearni says:

    manja80 said: walah bnyk2 minum vitamin mbak biar ga tel me kwkwkw

    wakakakaka……mana vitaminnya….

  45. itsmearni says:

    4bee said: datang aja kesinimumpung jagung bapakku udah bisa dibakar nehhayoo sapa mau sapa mau

    asik asik diajak makan jagung bakar…maauuuuuuuuuuuuu…..*pesen tiket mo ke rumah om 4bee*

  46. medilubis says:

    manja80 said: walah bnyk2 minum vitamin mbak biar ga tel me kwkwkw

    tiap hari minum susu…..brarti minum susu gak cukup ya…. harus tambah minum vitamin….ntar singgah ke apotik ah…. hahahaha……

  47. manja80 says:

    medilubis said: tiap hari minum susu…..brarti minum susu gak cukup ya…. harus tambah minum vitamin….ntar singgah ke apotik ah…. hahahaha……

    engga cukup mbak soalnya susu lg terkontaminasi milamin mbak kwkwkwkw

  48. itsmearni says:

    medilubis said: tiap hari minum susu…..brarti minum susu gak cukup ya….harus tambah minum vitamin….ntar singgah ke apotik ah…. hahahaha……

    hahahahaha……beli yang banyak ya Din…trus bagi buat aq juga 😀

  49. itsmearni says:

    manja80 said: engga cukup mbak soalnya susu lg terkontaminasi milamin mbak kwkwkwkw

    jangan beli yang dari cina dunks…cintailah produk dalam negeri ;p;p;p;p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s