“Why Men Don’t Listen & Women Can’t Stop Talking”

“Why Men Don’t Listen & Women Can’t Stop Talking”

Agak panjang yaaaa….butuh waktu untuk baca…maaapppp…ini mo nyambung postingan yang ini http://nanabiroe.multiply.com/journal/item/89/Bedah_unusual_habit_kenapa_umumnya_laki-laki_tidak_hapal_tanggal-tanggal_penting

Inti dari buku tersebut adalah bahwa cowok dan cewek itu sebenernya telah berevolusi secara fisik tapi masih membawa kebiasaan dari cowok-cewek jaman purba. Pas jaman purba kan cowok berburu, cewek tinggal di gua. cowok melindungi, cewek mengurus anak. Sebagai akibatnya, tubuh dan otaknya pun berkembang mengikuti kebiasaan jaman purba ini. Selama jutaan tahun, struktur otak cowok dan cewek terus berubah dengan caranya masing-masing. Sampailah kita pada jaman modern ini, di mana ternyata cowok dan cewek itu berbeda dalam memproses informasi yang masuk ke otaknya. Jalan pikirannya memang berbeda. Pengertiannya akan suatu hal pun berbeda. Persepsi, prioritas dan tingkah lakunya juga beda.

Kenapa Cewek Bisa Ngomong Terus ?
Dalam struktur otak cewek, kemampuan untuk berbicara terutama ada dibagian depan otak kiri dan sebagian kecil di otak sebelah kanan. Sementara buat cowok, kemampuan berbicara dan bahasa itu bukan kemampuan otak yang kritis. Adanya pun cuma di otak kiri dan tidak ada area yang spesifik. Jadi jangan heran kalau cewek seneng ngomong dan banyak pula yang diomongin, karena kedua belah otaknya mampu bekerja sekaligus.

Otak cowok itu terkotak-kotak dan mampu memilah-milah informasi yang masuk. Di malam hari, setelah seharian penuh aktivitas, cowok bisa menyimpan semuanya di otaknya. Sementara otak cewek tidak bekerja seperti itu – informasi atau masalah yang diterimanya akan terus berputar-putar dalam otaknya. Dan ini nggak akan berhenti sampe dia bisa mencurahkan isi otaknya alias curhat. Oleh sebab itu, kalo cewek bicara, tujuannya adalah untuk mengeluarkan uneg-unegnya, bukan untuk mencari kesimpulan atau solusi. Cewek juga berusaha membangun hubungan lewat pembicaraan. Rata-rata cewek bisa bicara 20 ribu kata dalam sehari.

Sementara cowok hanya sekitar maksimal 7 ribu kata sehari. Perbedaan ini kelihatan jelas ketika jam makan malam tiba. Cowok sudah menghabiskan 7 ribu katanya dan nggak mood untuk bicara lebih lanjut. Persediaan si cewek tergantung dari apa yang sudah ia lakukan sepanjang hari. Kalau dia sudah banyak berbicara dengan orang lain hari itu, dia pun akan sedikit berbicara. Kalau dia tinggal di rumah saja, mungkin ia sudah menggunakan 3 ribuan kata. Masih ada 17 ribu lagi! Cowok cuman bisa melakukan satu hal pada suatu waktu! Semua penelitian yang ada menemukan bahwa otak cowok lebih terspesialiasi, terbagi-bagi. Otak cowok berkembang sedemikian sehingga mereka hanya dapat berkonsentrasi pada satu hal yang spesifik pada suatu saat, sehingga sering mereka bilang mereka bisa ngerjain semuanya tapi ‘satu-satu donk’. Kalo cowok minggirin mobil untuk baca peta, biasanya dia juga akan ngecilin suara radio atau tape. Banyak cewek yang bingung kenapa. Kan bisa aja baca peta sambil denger radio dan bicara. Kenapa cowok bersikeras ngecilin suara TV kalo ada telepon? Atau kadang cewek suka bingung “Kalo dia lagi baca koran atau nonton TV, kok dia nggak bisa denger tadi gue bilang apa?”

Jawabannya adalah karena sedikit sekali jaringan yang menghubungkan otak kiri dan kanan cowok, sehingga kalo cowok yang lagi baca koran atau nonton TV di-scan otaknya, kita bakal tau bahwa dia seketika itu juga jadi tuli. Sementara otak cewek punya konstruksi yang memungkinkan cewek melakukan banyak hal sekaligus. Cewek bisa melakukan banyak hal yang sama sekali nggak berhubungan pada waktu bersamaan, dan otaknya nggak pernah putus, terlalu aktif! Cewek bisa bicara di telpon, pada saat yang sama masak di dapur dan nonton TV. Atau dia bisa nyetir, dandan, dengerin radio dan bicara lewat hands-free. Bayangin aja cewek yang lagi telp pake HP-nya terus sambil melakukan sesuatu yang laen (misalnya makan atau masak). Kalo dia cuma bisa melakukan 1 hal pada suatu waktu, wah gawat, bisa kebakaran jenggot kali, nanti kerjanya cuma telpon terus dong, he he.

Lain halnya dengan cowok, pernah terjadi juga kejadian begini. Si Cowok emang udah lapar banget dan dia makan dengan lahapnya di meja makan. Nah, kebetulan di atas meja itu ada beberapa surat yang hari itu dikirim untuk setiap penghuni lat. Sambil si Cowok makan,tangannya membuka satu amplop surat, maksudnya ingin makan sambil baca surat miliknya … tapi apa yang terjadi, cowok itu salah buka surat, dia buka surat orang lain, bener-bener dah terbukti kalo “Man can’t do more than one task at the same time”.

Tapi karena cewek bisa pakai 2 sisi otaknya secara bersamaan, banyak cewek yang bingung ngebedain kanan dari kiri. Sekitar 50% cewek nggak bisa secara langsung nunjuk mana kanan dan mana kiri kalau ditanya. Tapi cowok bisa secara langsung mengidentifikasi kanan dari kiri. Sebagai akibatnya, cewek sering dimarahin cowok karena nyuruh mereka belokin mobilnya ke kanan – padahal maksud mereka sebenernya adalah belok kiri.

Nah, termasuk dalam urusan mengingat tanggal-tanggal penting…dalam memori otak cewek sebuah peristiwa penting akan membekas begitu dalam dan tetap terproses dan terjaga selamanya sehingga sangat mudah untuk muncul kembali pada saatnya…..
Bedanya ma cowok, peristiwa itu memang penting dan tetap diingat tapi gak sampe mendetail karena memorinya terbatas diotak kiri, numpuk brek jadi satu semua…penuhhhhh dan akibatnya memori itu susah untuk dipanggil lagi pada saatnya. Jadi jangan heran klo banyak cowok gak inget ulang taon ibunya, ulang taon istrinya, ulang taon anaknya, tanggal jadian, tanggal pernikahan…wlopun gak semua sih, sebagian cowok ada koq yang mengingat itu.

Apalagi Tuhan kan dah netapin “Tidak baik kalau manusia sendirian saja.” Jadi dalam perjalanan hidupnya manusia terus mencari siapa pasangan yang paling cocok untuk dirinya, supaya bisa terus bersama-sama dalam jangka waktu yang panjang alias seumur hidup… Sebetulnya apa sih yang kita inginkan? Dalam suatu survey yang melibatkan lebih dari 15 ribu cewek dan cowok umur 17 – 60 tahun, terungkap apa yang cewek inginkan dari partner long-termnya dan apa yang cowok pikir cewek inginkan.

A. Yang cewek inginkan:
1. Kepribadian
2. Humor
3. Sensitivitas
4. Kepandaian
5. Bodi yang bagus

B. Yang cowok pikir cewek inginkan:
1. Kepribadian
2. Bodi yang bagus
3. Humor
4. Sensitivitas
5. Wajah yang tampan

Studi ini menunjukkan bahwa cowok sebenernya cukup mengerti apa yang cewek-cewek inginkan. Sekarang kita lihat apa yang cowok inginkan dan apa yang cewek pikir cowok inginkan.

C. Yang cowok inginkan:
1. Kepribadian
2. Wajah yang cantik
3. Kepandaian
4. Humor
5. Bodi yang bagus

D. Yang cewek pikir cowok inginkan:
1. Wajah yang cantik
2. Bodi yang bagus
3. Dada yang besar
4. Pantat yang ok
5. Kepribadian

Ternyata cewek kurang tahu kriteria yang cowok-cowok inginkan sebagai partner hidupnya. Cewek membuat asumsi berdasarkan tingkah laku yang mereka lihat atau dengar tentang cowok, yaitu cowok yang matanya terbelalak dan mulutnya terbuka kalau melihat bodi cewek. Daftar A adalah kriteria jangka pendek dan panjang dari apa yang cewek inginkan dari pasangannya.

Sementara untuk cowok, daftar D adalah apa yang dia cari pertama kali ketika bertemu dengan cewek, tapi daftar C adalah apa yang dia cari untuk hubungan jangka-panjang. Jadi gimana donk??? Jadi bisa disimpulkan kalo cowok-cewek itu memang makhluk paling unik yang Tuhan ciptakan, dan butuh pengertian dari kedua pihak supaya komunikasi dan hubungan cintanya bisa langgeng.

Di sadur dari:
“Why Men Don’t Listen & Women Can’t Read Map” by
Allan & Barbara Pease

*dari milis tetangga*

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Percikan. Bookmark the permalink.

61 Responses to “Why Men Don’t Listen & Women Can’t Stop Talking”

  1. PUANJANGGG DAN LAMAAAA….makanya ak suka ga sabar bu, ms dititipi msk aer koq ditunggui 😦

  2. itsmearni says:

    depingacygacy said: PUANJANGGG DAN LAMAAAA….makanya ak suka ga sabar bu, ms dititipi msk aer koq ditunggui 😦

    hahahaha…iya tant…cowoq kan emang gitu….*maap artikelnya kepanjangan* abisnya kan sekalian share…

  3. itsmearni says:

    nafrisalraihan said: Puanjang bgt ar

    kan dah aq bilang diawal mbak…bacnya butuh waktu hehehehe

  4. debapirez says:

    Saya memiliki kepribadian bagus, sensitifitas yang tinggi, selera humor yang dhasyat, dan otak yang luar biasa jenius. Sayang, saya tidak punya bodi yang bagus. Mm…….berhubung saya cuma kurang 20% dari yang cewek2 inginkan, so apalagi yang diragukan pada diri saya? haha….*tetepnarcisdotcom

  5. duhhhhhhhhhhhhhbanyakkkkkkkkkkkkkk amatttttttttttttt….pusiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiingggggggggg

  6. itsmearni says:

    buat yang pada males bacaaaaaaaaaadi COPAS aja dah…..bacanya kapan-kapan…..hihihihihi

  7. ga apa buk TFS… brarti bnr d teori q…ak ya pernah blg ma tmn, wanita itu istimewa, dia bs mengerjakan byk kerjaan skaligus, nyetrika, mbil nyuci + nonton tv + ngangetin mskan skaligus tlp/ ngobrol…. hehehehe

  8. itsmearni says:

    debapirez said: Saya memiliki kepribadian bagus, sensitifitas yang tinggi, selera humor yang dhasyat, dan otak yang luar biasa jenius. Sayang, saya tidak punya bodi yang bagus.Mm…….berhubung saya cuma kurang 20% dari yang cewek2 inginkan, so apalagi yang diragukan pada diri saya? haha….*tetepnarcisdotcom

    huwaaaaaaaaaaaaa….tolong ya…tetep gak mau kalah deh….apapun itu yang pasti otak kanan dan otak kiri kamu gak seimbang kan ded….;p;p;p;p

  9. itsmearni says:

    kompwirapratama3 said: duhhhhhhhhhhhhhbanyakkkkkkkkkkkkkk amatttttttttttttt….pusiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiingggggggggg

    sudah kuduga…kamu bakalan bilang kek gini…..:p;p;p

  10. debapirez says:

    depingacygacy said: ga apa buk TFS… brarti bnr d teori q…ak ya pernah blg ma tmn, wanita itu istimewa, dia bs mengerjakan byk kerjaan skaligus, nyetrika, mbil nyuci + nonton tv + ngangetin mskan skaligus tlp/ ngobrol…. hehehehe

    kalau betulin genteng bocor sambil masak, bisa ga?haha….

  11. itsmearni says:

    debapirez said: kalau betulin genteng bocor sambil masak, bisa ga?haha….

    bisa…masaknya nasi..pake rice cooker tinggal ceklek doang hahahaha

  12. @om dedykmrn ngaku2 blg kl bintangin iklan L-men, yg bnr yg manaaa?hehehe

  13. aniadami says:

    panjang bgt bu. ntar aja bacanya;)

  14. itsmearni says:

    depingacygacy said: @om dedykmrn ngaku2 blg kl bintangin iklan L-men, yg bnr yg manaaa?hehehe

    bener koq tant dedi itu bintang iklan L-men (Lebay men) hahahaha

  15. itsmearni said: sudah kuduga…kamu bakalan bilang kek gini…..:p;p;p

    :P,,,,,hehehhehee

  16. itsmearni says:

    aniadami said: panjang bgt bu. ntar aja bacanya;)

    ok deh..copas aja dulu…buat pertimbangan klo pas nyari cowok 😀

  17. itsmearni says:

    depingacygacy said: ga apa buk TFS… brarti bnr d teori q…ak ya pernah blg ma tmn, wanita itu istimewa, dia bs mengerjakan byk kerjaan skaligus, nyetrika, mbil nyuci + nonton tv + ngangetin mskan skaligus tlp/ ngobrol…. hehehehe

    betul tant…sekarang aja aq ngempi sambil otorisasi transaksi cabang, sambil maem kue n ngobrol ditelpon hahahaha

  18. itsmearni says:

    kompwirapratama3 said: :P,,,,,hehehhehee

    dasar lelaki :p;p;p;p

  19. itsmearni said:

    pejantan tangguh

  20. itsmearni says:

    kompwirapratama3 said: pejantan tangguh

    buktinya apa?

  21. itsmearni said: buktinya apa?

    menurut anda apa???

  22. tuh dah dijwb om….tp bnran pernah loh, rmh bcr krn genteng mlorot ak yg bnrin…. lah yg cow mkrnya lama ktanya hrs naek dr luar, susah n ujan2an, nunggu manggil tukang. pdh bcrnya gede, kiatan pula dr lbg sinar di enternit. dah dibilangi bisa naek dr dlm rmh tp ga mo nyoba, ya akhirnya naek ndiri. ga da 5 mnt bcrna sembuh hehehe….

  23. debapirez says:

    depingacygacy said: tuh dah dijwb om….tp bnran pernah loh, rmh bcr krn genteng mlorot ak yg bnrin…. lah yg cow mkrnya lama ktanya hrs naek dr luar, susah n ujan2an, nunggu manggil tukang. pdh bcrnya gede, kiatan pula dr lbg sinar di enternit. dah dibilangi bisa naek dr dlm rmh tp ga mo nyoba, ya akhirnya naek ndiri. ga da 5 mnt bcrna sembuh hehehe….

    coba liat kelingking cowoknya. “ngetril” ga tuh, jeung? hehe….

  24. itsmearni says:

    depingacygacy said: tuh dah dijwb om….tp bnran pernah loh, rmh bcr krn genteng mlorot ak yg bnrin…. lah yg cow mkrnya lama ktanya hrs naek dr luar, susah n ujan2an, nunggu manggil tukang. pdh bcrnya gede, kiatan pula dr lbg sinar di enternit. dah dibilangi bisa naek dr dlm rmh tp ga mo nyoba, ya akhirnya naek ndiri. ga da 5 mnt bcrna sembuh hehehe….

    wuih..tante emang serba bisa…wonder woman booooo

  25. itsmearni says:

    kompwirapratama3 said: menurut anda apa???

    bisanya ngasi bukti apa?

  26. ugroseno says:

    panjaaaaaaaaaaaaaaaaaaanggnyaaaaaaaaaaaahhh

  27. itsmearni said: bisanya ngasi bukti apa?

    Hmmm…maw yng positp apa negatip????

  28. @ om dedga koq, kmrn dah di rebonding @bu arnibukan bu, cuma nyoba mandiri aja koq…. ttp msh perlu suami, terutama….. hehehe

  29. itsmearni says:

    ugroseno said: panjaaaaaaaaaaaaaaaaaaanggnyaaaaaaaaaaaahhh

    panjang mana samaaaaaaaa ituuuuuuuuuuuuuu tuh….

  30. itsmearni says:

    kompwirapratama3 said: Hmmm…maw yng positp apa negatip????

    dua-duanya ajah 😀

  31. gak mw…ntr dengar orang banyak…heheheeee

  32. itsmearni says:

    kompwirapratama3 said: gak mw…ntr dengar orang banyak…heheheeee

    qta bisik-bisik aja berdua yuk :Dnyari tempat yang aman…

  33. itsmearni said: qta bisik-bisik aja berdua yuk :Dnyari tempat yang aman…

    ayukkkkkkkkkk…mw di kolong mana…..

  34. itsmearni says:

    kompwirapratama3 said: ayukkkkkkkkkk…mw di kolong mana…..

    gak mw dikolong…gimana klo ntar sambil BBS *bisik-bisik siang* 😀

  35. itsmearni said: gak mw dikolong…gimana klo ntar sambil BBS *bisik-bisik siang* 😀

    Klo BBS mending di masjid ajah….depan Khatib khotbah….hahahahahaaaaaaaaaa

  36. 6ina says:

    ar… ada yg lebih panjang lagi gak dari ini….. :pBtw, TFS ya…

  37. nursamsi says:

    gak suka baca yg panjang2

  38. itsmearni says:

    kompwirapratama3 said: Klo BBS mending di masjid ajah….depan Khatib khotbah….hahahahahaaaaaaaaaa

    jiah….iya deh…titip salam ya buat khatibnya 😀

  39. itsmearni says:

    6ina said: ar… ada yg lebih panjang lagi gak dari ini….. :pBtw, TFS ya…

    hehehhe…ini penting lho apalgi buat yang baru meried…biar saling pengertian 😀

  40. itsmearni says:

    nursamsi said: gak suka baca yg panjang2

    klo aq suka mas…terutama yang ituuuuuuuuuu

  41. itsmearni said: klo aq suka mas…terutama yang ituuuuuuuuuu

    yag manaaaaaaaaaaaaaa buuuuuuuuuuuuuuuu

  42. zakia3ana says:

    Yah kesidir nah nana1. Bertelepon sambil masak ato kerja2. G bs cpt bedakan kiri ato kananLiyat kaki dolo klo mo blg kiri ato kanan

  43. itsmearni says:

    kompwirapratama3 said: yag manaaaaaaaaaaaaaa buuuuuuuuuuuuuuuu

    ah pura-pura gak ngerti deh…*sambil kedip2 gak jelas*

  44. itsmearni says:

    zakia3ana said: Yah kesidir nah nana1. Bertelepon sambil masak ato kerja2. G bs cpt bedakan kiri ato kananLiyat kaki dolo klo mo blg kiri ato kanan

    hahahaha…masak sih segitunya Na….lain kali ditempelin tulisan aja kiri n kanan 😀

  45. riefi5e says:

    aku baca yg versi singkatnya mbaa… kan ada tuh bukunya yg tipis, aku beli yg itu… hehehe…tp aku jg kadang2 ga bisa loh konsentrasi ma 2 pekerjaan, harus atu2…

  46. itsmearni says:

    riefi5e said: aku baca yg versi singkatnya mbaa… kan ada tuh bukunya yg tipis, aku beli yg itu… hehehe…tp aku jg kadang2 ga bisa loh konsentrasi ma 2 pekerjaan, harus atu2…

    aq juga gitu kok…kadang-kadang memang ada pekerjaan yang butuh konsentrasi penuh …n gak bisa disambil 😀

  47. spidolitem says:

    panjaaaaaaaangggg dan laamaaaaaaaa…tp udah aku baca semua kok 😀

  48. riefi5e says:

    itsmearni said: aq juga gitu kok…kadang-kadang memang ada pekerjaan yang butuh konsentrasi penuh …n gak bisa disambil 😀

    owh, tnyt emang bkn aku ajah…tdnya aku pikir otak aku n abangku ketuker… abisnya, abang yg pertama itu tingkahnya kek cewek bngt daah… hahaha

  49. itsmearni says:

    spidolitem said: panjaaaaaaaangggg dan laamaaaaaaaa…tp udah aku baca semua kok 😀

    trus kesimpulannnya….ternyata otak mas puji emang gak balance hahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s