Tentang Biaya Pendidikan

Ahh…Hari Pendidikan Nasionalsiy emang dah lewat, tapi masih bolehkan bicara pendidikan

Pagi tadi seorang temen bercerita (mengeluh siy lebih tepatnya) tentang mahalnya biaya pendidikan.Anak pertamanya baru aja menyelesaikan ujian SD dan dalam persiapan memasuki SMP. Daaaaannnn omaigat biaya masuk untuk ke SMP pavorit itu mahal sekaliiiiiii……hamper 11 juta booooooo…. Katanya siy buat baju seragam, uang pembangunan, uang buku, dan segala tetek bengeknya lah …itu baru SMP belum SMA belum Kuliah belum kursus ini itu…. Temen yang satu lagi cerita, tahun ini anaknya mo masuk TK… dan setelah ditotal2 biaya yang harus dikeluarkan 6 juta (itu untuk seragam, uang pangkal, uang pembangunan de el el) wow…..

*mikir ….ntar klo gue punya anak pas masuk sekolah biayanya berapa yaaaaaaaa*

Kebayang iklan sekolah gratis yang dibintangi Cut Mini…. Beneran ada gak siy???? Klopun iya gratis SPP, tapi bayaran sampingannya berapa ya???

Belum lagi dengan beban pendidikan si anak, yang tugasnya bejibun, yang pelajarannya tingkat tinggi (keponakan aku kelas 3 SD dah belajar golongan darah lho ——- Gol darah A gabung sama B jadi apa ——- , TK aja dah harus bisa baca n perkalian) ditambah lagi dengan beban UAN ituh…. padahal kata Dik doank di KJD (Kandank Jurank Doank) nya “Belajar itu harus membebaskan”

*ckckckck hanya bisa ngelus dada*

Nah ini neh yang gak abis pikir, soal UAN di seluruh Indonesia itu katanya seragam ya??? Tapi kan sarana pendidikan diseluruh Indonesia belum seragam. Anak-anak yang sekolah dibangunan hampir rubuh didaerah pedalaman disamakan soalnya dengananak-anak sekolah di Jakarta dengan ruangan ber-AC dan berhadapan dengan komputer plus internet *geleng-geleng*

Rasanya jaman dulu gak begini-begini amat deh… ah gimana mo menuntaskan pendidikan dasar 9 tahun itu yaaaaaaaa…

Ufffss…. minjem kalimat seorang teman”untuk menjadi orang yang berpendidikan, rasanya ‘lucu’ kalau harus melepaskan diri dulu dari kemiskinan materi. Dan lebih ‘lucu’ lagi ketika sekolah diartikan sebagai alat dan jalan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak (baca: cari uang)”gimana mo dapat pekerjaan yang layak klo lapangan pekerjaannya gak tersedia…….gimana mo dapat pekerjaan yang layak, setiap melamar dimintain pengalaman kerja… lha klo baru lulus gimana dunks 😀

Seorang sahabat pernah nulis gini :

Sekolah itu candu
Duduk – Mencatat – Mendengarkan Guru
Sekolah untuk dikagumi
Sekolah untuk meraih jabatan
Sekolah mencetak pejabat
tapi juga penjahat

******PS : Hari
ini posting yang agak serius..hehehehe…******

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Percikan and tagged . Bookmark the permalink.

87 Responses to Tentang Biaya Pendidikan

  1. adeunay says:

    pertamax !!aku di jogja Arniiiiii… dari 2 minggu yll..*tampil pertama langsung OOT*

  2. itsmearni says:

    adeunay said: pertamax !!aku di jogja Arniiiiii… dari 2 minggu yll..*tampil pertama langsung OOT*

    Kang UnayyyyyyyyyyyyyyyyhuwaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaIh jahattttttttttttt……. giliran aq ke jogja kang unay gak bisatrus sekarang ngapaiiiiiiiiiinnnnnnnnn nehhhhhhhhh sampe 2 minggu anwah puas deh tuh pepotoan, jejalanan, narsis abis deh….bawain arni oleh-oleh yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  3. mysyl says:

    itu masih tingkat smp say..belum kalau Universitas..beuhh..tiap hari dikomplain ortu siswa tsb…padahal aq ini bukan yang punya..ya nasib…ya nasib…

  4. fybrine says:

    heheee… iyaaa… 2 hari lalu kalo gak salah, ada temen kantor juga yg mengeluuh… katanya yg gratis cuma buku2 sekolah… itu dipinjemin dari sekolah..lainnya ortu tetep ngeluarin biaya…. kalo sekolah negeri beneran gratis gak yaa?…

  5. soleno says:

    seharusnya mah pendidikan membebaskan bukan memberatkan

  6. medilubis says:

    jreng jreng…. aku dataaannggggg………..

  7. itsmearni says:

    mysyl said: itu masih tingkat smp say..belum kalau Universitas..beuhh..tiap hari dikomplain ortu siswa tsb…padahal aq ini bukan yang punya..ya nasib…ya nasib…

    huhuhuhu…..iya neh….padahal jaman dulu aq kuliah SPP masih 250 ribu per semester lho…. 😀

  8. itsmearni says:

    fybrine said: heheee… iyaaa… 2 hari lalu kalo gak salah, ada temen kantor juga yg mengeluuh…katanya yg gratis cuma buku2 sekolah… itu dipinjemin dari sekolah..lainnya ortu tetep ngeluarin biaya….kalo sekolah negeri beneran gratis gak yaa?…

    Itu dia………….iklannya siy gratis…SPP doang…menurut temen-temen siy tetep aja tuh mereka dibebanin biaya ini itu…ups..gak ngerti deh soalnya aku kan belum ngalamin…*eh nulis kek gini ntar aq dituntut gak yah ma Depdiknas…ntar bernasib kek bu Prita lagi* hehehehe

  9. itsmearni says:

    soleno said: seharusnya mah pendidikan membebaskan bukan memberatkan

    Ya..ya…begitulah seharusnya….tapi yang terjadi malah membebankan bukan membebaskan 😀

  10. meandmydream says:

    BOS nya di kemanain ya?

  11. itsmearni says:

    medilubis said: jreng jreng…. aku dataaannggggg………..

    hahahaha……… aku taulahkamu malez baca postingan aku kali ini khan…kepanjangan ya Med….Iya deh aq catat…Medi dah dateng ;p;p;p

  12. itsmearni says:

    meandmydream said: BOS nya di kemanain ya?

    Dipake siy….buat buku panduan katanya…. tapi kan tetep aja ada biaya lain-lain 😀

  13. wprazh says:

    sekarang yang boleh sekolah cuma yang punya duit, yang duitnya pas-pasan dan ekonomi kurang ndak boleh sekolah atau sekolahnya yang biasa-biasa aja.ngomong-ngomong biaya, di Malang untuk TK favorit seperti TK TH biayanya juga besar 3-5jutaan, dan di tempatku kerja ada mhs ga mampu nerusin kuliah karena ga mampu bayar kuliah padahal udah semester 4, sayang banget.pendidikan sekarang ini membingungkan sekali

  14. itsmearni says:

    wprazh said: sekarang yang boleh sekolah cuma yang punya duit, yang duitnya pas-pasan dan ekonomi kurang ndak boleh sekolah atau sekolahnya yang biasa-biasa aja.ngomong-ngomong biaya, di Malang untuk TK favorit seperti TK TH biayanya juga besar 3-5jutaan, dan di tempatku kerja ada mhs ga mampu nerusin kuliah karena ga mampu bayar kuliah padahal udah semester 4, sayang banget.pendidikan sekarang ini membingungkan sekali

    Nah itu dia mas…..Klo yang boleh sekolah hanya yang mampu trus yang mampu makin terbelakang dunks…Gmn mo ningkatin taraf hidupnya klo untuk mendapatkan pendidikan yang layak aja udah gak terjangkau :DSayang banget khan klo siswa2 yang berpotensi harus putus sekolah hanya karena biaya 😦

  15. bikin sekolahan ah…..*wuih…mahal bgtssss ya….

  16. dayantolis says:

    kalo arni sih keknya bukan mslsh tuh. yg pns kek saya yg susah tuh 😦

  17. itsmearni says:

    blackredwhite said: bikin sekolahan ah…..*wuih…mahal bgtssss ya….

    Iya Neng…. sekarang aja dah kek gitu biayanya….gimana nanti klo qta punya anak ya 😀

  18. itsmearni says:

    dayantolis said: kalo arni sih keknya bukan mslsh tuh. yg pns kek saya yg susah tuh 😦

    haiyah…..kata siapa gak masalah….tetep aja mas…klo bisa lebih murah kenapa nggak…pendidikan itu kan untuk membebaskan 😀

  19. ydiani says:

    iya sekolah ya kok makin mahal ya

  20. itsmearni says:

    ydiani said: iya sekolah ya kok makin mahal ya

    pusiiiiiiiiiiiiingggggggggggggggggggg

  21. daybydai says:

    bikin sekolah aja yuk? yang murah, berkualitas dan harus FUN!

  22. medilubis says:

    itsmearni said: hahahaha……… aku taulahkamu malez baca postingan aku kali ini khan…kepanjangan ya Med….Iya deh aq catat…Medi dah dateng ;p;p;p

    ia buk…. terus nyinggung2 pendidikan pulak….dah cukup la aku SD 6 thn, SMP 3 thn, SMA 3thn, dan kuliah 4 thn…total aku sekolah 16 thn…. haaahhh………..

  23. wprazh says:

    itsmearni said: Nah itu dia mas…..Klo yang boleh sekolah hanya yang mampu trus yang mampu makin terbelakang dunks…Gmn mo ningkatin taraf hidupnya klo untuk mendapatkan pendidikan yang layak aja udah gak terjangkau:DSayang banget khan klo siswa2 yang berpotensi harus putus sekolah hanya karena biaya 😦

    katanya Om Bob Sadino ngapain sekolah yang penting kerja, buka homeschooling dan membuka sekolah bagus tapi murah (wah idealis banget, duit dari mana?)

  24. ariefkurni says:

    11 juta rupiing?astaging…Ckckck.g masuk akal.Byr mahal,kualitas bgs.outputnya jg oke.gpp.Tp kalo smpe 11 jt.hadoh..ngeri.g masuk akal

  25. iklan sekolah gratis di TV tu gimana dong, nggak usah sekolah dah, udah mahal lom tentu dapet kerjaan. daripada puyeng ngrampok aja malah banyak duitnya…hayoo…siapa mau gua ajarin hahahaha

  26. yousea1 says:

    deket2 dari kota jakarta masih banyak sarana sekolah yang tak layak untuk di gunakan ….biaya tak terjangkau….:((

  27. itsmearni says:

    daybydai said: bikin sekolah aja yuk? yang murah, berkualitas dan harus FUN!

    Iya….hayuk dah bli….kemaren diarisan ibu-ibu yang pada punya anak mo masuk sekolah semua pada berharap dapet uang arisan…katanya buat daftar sekolahan …ckckckckck…..makin lama pendidikan malah jadi beban ya 😦

  28. yo tawwa… seriuously neh,tante???tapi salut jg ama tante.. bisa mengorek sistem pendidikan kita yg yahhh… lumayan *itu* lah…

  29. itsmearni says:

    wprazh said: katanya Om Bob Sadino ngapain sekolah yang penting kerja, buka homeschooling dan membuka sekolah bagus tapi murah (wah idealis banget, duit dari mana?)

    Haiyah… klo Om Bob mah gak usah ditanyain lagi….duitnya dah tinggal metik xixixi

  30. itsmearni says:

    ariefkurni said: 11 juta rupiing?astaging…Ckckck.g masuk akal.Byr mahal,kualitas bgs.outputnya jg oke.gpp.Tp kalo smpe 11 jt.hadoh..ngeri.g masuk akal

    hehehehe…yah begitulah…mahal banget yaks….eits tapi jangan salah…biaya nonton konser artis dari luar negeri juga segitu tuh buat kelas VIP nyan tetep aja banyak yang nonton…so orang Indonesia kaya-kaya yaa????

  31. itsmearni says:

    lintangabimanyu said: klan sekolah gratis di TV tu gimana dong, nggak usah sekolah dah, udah mahal lom tentu dapet kerjaan. daripada puyeng ngrampok aja malah banyak duitnya…hayoo…siapa mau gua ajarin hahahaha

    huih dasaaaarrrrrrrrrrngajarinnya yang gak bener…pantesan aja sampe sempet dibui semalaman xixixixi

  32. itsmearni said: huih dasaaaarrrrrrrrrrngajarinnya yang gak bener…pantesan aja sampe sempet dibui semalaman xixixixi

    jangan bongkar rahasia ah…malu nih. aku kan pemalu. nggak jadi tak apelin lho…wekekekekek

  33. itsmearni says:

    yousea1 said: deket2 dari kota jakarta masih banyak sarana sekolah yang tak layak untuk di gunakan ….biaya tak terjangkau….:((

    hhhhh……iya tuh….gak usah jauh-jauh seputaran jabodetabek aja masih banyak tuh sekolah yang atapnya hampir rubuh…minta biaya perbaikan katanya belum dianggarkan….eh kemaren malah ada ide mo ngasi cincin emas sebagai cindera mata untuk anggota DPR…coba duitnya dipake buat bangun sekolah gratis ya 😀

  34. mbak arni…ada kok sekolah yang bebas biaya…namanya sekolah “ALAM RAYA”…disana kita bebas belajar untuk menghargai… dan memakai hati nurani 🙂

  35. yg curhat senasib ma akyu….depin mo sd bu, puyeng aku mikirin biaya sekolah. dia kan msk swasta paporit bu….mahal euy…biar ga semahal d jakarta, tp buat aku yg penghasilannya ga gede *menengahlah* tetep aja berad….hiks…blm lg keknya harus les inggris biar bs ngikutin pelajaran, trus nerusin kursus sempoanya yg d separo jalan….sekolah gratis ada bu, tp dg fasilitas seadanya, sdm/gurunya jg ‘ya gitu deh’.kalo ortu ada dana apa ya tega bu masukin ke sekolah gratis…apalg yg dbilang sekolah bwt bekal nyari kerja msh berlaku koq…

  36. nanabiroe says:

    ah, itulah hitam putihnya pendidikan di Indonesia, mangkanya Nana skrg lg getol2nya nabung wat pendidikan Farrel dan adiknya Farrel nanti (insya 4JJI)mudah2an Allah swt melapangkan rezeki kami, amin. . .

  37. SEkolah di Desa aja, di jamin Gratissssssssss

  38. oya bu, sklh negri yg gratis sppnya. itupun setauku cuma sd, adeku di smp negri ttp byr bu.sd negripun tetep ada biaya, buat kegiatan katanya. tambah bgs sekolahnya, tambah byk kegiatan = tambah mahal biayanya…jd kesimpulanya sekolah gratis = mutu meragukan

  39. itsmearni says:

    myelectricaldiary said: yo tawwa… seriuously neh,tante???tapi salut jg ama tante.. bisa mengorek sistem pendidikan kita yg yahhh… lumayan *itu* lah…

    hahahaha………….hari ini otak gue lagi lempeng non…makanya posting serius xixixixi

  40. halah gak usah dipikir ….bikin anak aja belom dah mumet duluan hehe

  41. itsmearni says:

    lintangabimanyu said: jangan bongkar rahasia ah…malu nih. aku kan pemalu. nggak jadi tak apelin lho…wekekekekek

    hahahahaha………….. iya deh maaaaapppp kang mas….eh …ntar malem tak tungguin di pos ronda yaaaaaaaaaa ;p;p;p

  42. aniadami says:

    makanya anakku nanti sa mo kasih sekolah di kendari saja 😉

  43. itsmearni says:

    womeninfreedom said: mbak arni…ada kok sekolah yang bebas biaya…namanya sekolah “ALAM RAYA”…disana kita bebas belajar untuk menghargai… dan memakai hati nurani 🙂

    Nah….bagus dong klo gitu…didaerah mana tuh mbak lokasinya?*berharap lebih banyak lagi yang mendirikan sekolah sejenis*

  44. itsmearni says:

    depingacygacy said: yg curhat senasib ma akyu….depin mo sd bu, puyeng aku mikirin biaya sekolah. dia kan msk swasta paporit bu….mahal euy…biar ga semahal d jakarta, tp buat aku yg penghasilannya ga gede *menengahlah* tetep aja berad….hiks…blm lg keknya harus les inggris biar bs ngikutin pelajaran, trus nerusin kursus sempoanya yg d separo jalan….sekolah gratis ada bu, tp dg fasilitas seadanya, sdm/gurunya jg ‘ya gitu deh’.kalo ortu ada dana apa ya tega bu masukin ke sekolah gratis…apalg yg dbilang sekolah bwt bekal nyari kerja msh berlaku koq…

    Iya tant….setiap orang tua kan pasti ingin yang terbaik untuk anaknya……

  45. itsmearni says:

    nanabiroe said: ah, itulah hitam putihnya pendidikan di Indonesia,mangkanya Nana skrg lg getol2nya nabung wat pendidikan Farrel dan adiknya Farrel nanti (insya 4JJI)mudah2an Allah swt melapangkan rezeki kami, amin. . .

    Yups…jeng….Itulah pentingnya tabungan… klo perlu asuransi pendidikan deh 🙂

  46. itsmearni says:

    nafrisalraihan said: SEkolah di Desa aja, di jamin Gratissssssssss

    beneran gratis neh…..gak bayar apa2 sama sekali ya bu?

  47. itsmearni says:

    depingacygacy said: oya bu, sklh negri yg gratis sppnya. itupun setauku cuma sd, adeku di smp negri ttp byr bu.sd negripun tetep ada biaya, buat kegiatan katanya. tambah bgs sekolahnya, tambah byk kegiatan = tambah mahal biayanya…jd kesimpulanya sekolah gratis = mutu meragukan

    hohohohoho………………..biaya lain-lainnya itu yang gak kuat ya tant…..

  48. denysuwarja says:

    kalau di desa2 mah gratis koq anak SD SMP kecuali SMA

  49. itsmearni says:

    cantiknyabisnis09 said: halah gak usah dipikir ….bikin anak aja belom dah mumet duluan hehe

    hahahaha……. iya sih….tapi arni tuh jadi kepikiran gara-gara temen pada ngeluh neh dikantor 😀

  50. itsmearni says:

    aniadami said: makanya anakku nanti sa mo kasih sekolah di kendari saja 😉

    hahahaaha….dikirim ke rumah neneknya tawwa….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s