[ ASI ] Sayang Ibu Sayang Bayi


Menyusui Prema

Halo MP-ers…… bunda, ibu, ambu, mama, mami, orang tua dan calon orang tua kali ini mo posting “agak” serius neh (uhuy…. jarang-jarang boooooo xixixi)

Baca sampe abis lho, WAJIB!!!

Tulisan ini diposting disebabkan satu kata geregetan…….jadinya geregetan *oops malah nyanyi*Yaks.GEREGETAN!!!

Beberapa kali bertemu dengan ibu yang menggendong bayi pada rentang usia dimana seharusnya si baby mendapatkan ASI (eksklusif) tapi malah berbekal botol susu yang isinya susu formula (SUFOR), hiks nyesek…. Sedih….

Waktu ditanya, alasannya :

Soalnya saya bekerja, jadi gak bisa nyusuin.”(So what….emang klo bekerja berarti menghilangkan hak anak untuk mendapatkan yang terbaik dalam hidupnya? Udah ditinggal kerja, kurang perhatian, kurang pula asupan gizinya…hiks)

——> akan diulas pada postingan berikutnya, ibu bekerja…ASI jalan terus

“ASI saya keluarnya cuma dikit, jadi dicampur deh” (dalam banyak kasus, ini hanya masalah mindset dan komitmen. Sejak awal kehamilan, calon ibu seharusnya memprogram diri dan pikirannya bahwa dia akan memberikan ASI eksklusif keanaknya kelak dan mulailah pola hidup sehat, makan yang bergizi, sayuran hijau dan gak menyerah memberi ASI, makin sering disusui makin terangsang makin banyak pula ASI yang keluar)

Putting payudara saya kecil dan agak masuk, jadi ASI nya gak lancar, bayi cepat nangis dan kelaparan” (Teman saya ada yang seperti ini, dia mengakalinya dengan memerah susu, ditampung kebotol trus diberikan kebayi.Teman yang lain melakukan “sedot putting” biasanya perawat ato bidan tau deh cara ini, putting yang agak masuk disedot supaya bisa agak keluar dan siap dihisap oleh bayi)

Dan banyak alasan-alasan lainnya…………..

Bunda, mendapatkan ASI itu hak anak lho, beberapa peraturan tentang pemberian ASI dapat dilihatDISINI.Tak pernah ada anak yang minta dilahirkan kedunia, ayah dan ibunyalah yang meminta, lalu mengapa saat dia lahir kita tidak memberi kehidupan yang terbaik sejak awal kemunculannya didunia?

Memberikan ASI banyak manfaatnya lho, antara lain:

1.Aspek Gizi.

Manfaat Kolostrum

·Kolostrum mengandung zat kekebalan terutama IgA untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi terutama diare.

·Jumlah kolostrum yang diproduksi bervariasi tergantung dari hisapan bayi pada hari-hari pertama kelahiran. Walaupun sedikit namun cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Oleh karena itu kolostrum harus diberikan pada bayi.

·Kolostrum mengandung protein,vitamin A yang tinggi dan mengandung karbohidrat dan lemak rendah, sehingga sesuai dengan kebutuhan gizi bayi pada hari-hari pertama kelahiran.

·Membantu mengeluarkan mekonium yaitu kotoran bayi yang pertama berwarna hitam kehijauan.

Komposisi ASI

·ASI mudah dicerna, karena selain mengandung zat gizi yang sesuai, juga mengandung enzim-enzim untuk mencernakan zat-zat gizi yang terdapat dalam ASI tersebut.

·ASI mengandung zat-zat gizi berkualitas tinggi yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan bayi/anak.

·Selain mengandung protein yang tinggi, ASI memiliki perbandingan antara Whei dan Casein yang sesuai untuk bayi. Rasio Whei dengan Casein merupakan salah satu keunggulan ASI dibandingkan dengan susu sapi. ASI mengandung whey lebih banyak yaitu 65:35. Komposisi ini menyebabkan protein ASI lebih mudah diserap. Sedangkan pada susu sapi mempunyai perbandingan Whey :Casein adalah 20 : 80, sehingga tidak mudah diserap.

Komposisi Taurin, DHA dan AA pada ASI

·Taurin adalah sejenis asam amino kedua yang terbanyak dalam ASI yang berfungsi sebagai neuro-transmitter dan berperan penting untuk proses maturasi sel otak. Percobaan pada binatang menunjukkan bahwa defisiensi taurin akan berakibat terjadinya gangguan pada retina mata.

·Decosahexanoic Acid (DHA) dan Arachidonic Acid (AA) adalah asam lemak tak jenuh rantai panjang (polyunsaturated fatty acids) yang diperlukan untuk pembentukan sel-sel otak yang optimal. Jumlah DHA dan AAdalam ASI sangat mencukupi untuk menjamin pertumbuhan dan kecerdasan anak. Disamping itu DHA dan AA dalam tubuh dapat dibentuk/disintesa dari substansi pembentuknya (precursor) yaitu masing-masing dari Omega 3 (asam linolenat) dan Omega 6 (asam linoleat).

2. Aspek Imunologik

·ASI mengandung zat anti infeksi, bersih dan bebas kontaminasi.

·Immunoglobulin A (Ig.A) dalam kolostrum atau ASI kadarnya cukup tinggi. Sekretori Ig.A tidak diserap tetapi dapat melumpuhkan bakteri patogen E. coli dan berbagai virus pada saluran pencernaan.

·Laktoferin yaitu sejenis protein yang merupakan komponen zat kekebalan yang mengikatzat besi di saluran pencernaan.

·Lysosim, enzym yang melindungi bayi terhadap bakteri (E. coli dan salmonella) dan virus. Jumlah lysosim dalam ASI 300 kali lebih banyak daripada susu sapi.

·Sel darah putih pada ASI pada 2 minggu pertama lebih dari 4000 sel per mil. Terdiri dari 3 macam yaitu: Brochus-Asociated Lympocyte Tissue (BALT) antibodi pernafasan, Gut Asociated Lympocyte Tissue (GALT) antibodisaluran pernafasan, dan Mammary Asociated Lympocyte Tissue (MALT) antibodi jaringan payudara ibu.

·Faktor bifidus, sejenis karbohidrat yang mengandung nitrogen, menunjang pertumbuhan bakteri lactobacillus bifidus. Bakteri ini menjaga keasaman flora usus bayi dan berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang merugikan.

3. Aspek Psikologik

·Rasa percaya diri ibu untuk menyusui : bahwa ibu mampu menyusui dengan produksi ASI yang mencukupi untuk bayi. Menyusui dipengaruhi oleh emosi ibu dan kasih sayang terhadap bayi akan meningkatkan produksi hormon terutama oksitosin yang pada akhirnya akan meningkatkan produksi ASI.

·Interaksi Ibu dan Bayi: Pertumbuhan dan perkembangan psikologik bayi tergantung pada kesatuan ibu-bayi tersebut.

·Pengaruh kontak langsung ibu-bayi : ikatan kasih sayang ibu-bayi terjadi karena berbagai rangsangan seperti sentuhan kulit (skin to skin contact). Bayi akan merasa aman dan puas karena bayi merasakan kehangatan tubuh ibu dan mendengar denyut jantung ibu yang sudah dikenal sejak bayi masih dalam rahim.

4. Aspek Kecerdasan

·Interaksi ibu-bayi dan kandungan nilai gizi ASI sangat dibutuhkan untuk perkembangan system syaraf otak yang dapat meningkatkan kecerdasan bayi.

·Penelitian menunjukkan bahwa IQ pada bayi yang diberi ASI memiliki IQ point 4.3 point lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 point lebih tinggi pada usia 3 tahun, dan 8.3 point lebih tinggi pada usia 8.5 tahun, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

5. Aspek Neurologis

·Dengan menghisap payudara, koordinasi syaraf menelan, menghisap dan bernafas yang terjadi pada bayi baru lahir dapat lebih sempurna.

6. Aspek Ekonomis

·Dengan menyusui secara eksklusif, ibu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk susu bayi. Dengan demikian akan menghemat pengeluaran rumah tangga untuk membeli susu formula dan peralatannya.

7. Aspek Penundaan Kehamilan

·Dengan menyusui secara eksklusif dapat menunda haid dan kehamilan, sehingga dapat digunakan sebagai alat kontrasepsi alamiah yang secara umum dikenal sebagai Metode Amenorea Laktasi (MAL).

Sumber: Buku Panduan Manajemen Laktasi: Dit.Gizi Masyarakat-Depkes RI,2001

So…tunggu apalagi bunda

Mari berikan ASI buat buah hati kita

Tuhan telah memberikan anugrahNya

Bagi ibu untuk memberi kehidupan pada bayinya

Berbagi rasa, berbagi “sumber kehidupan”

Karena ASI adalah yang terbaik

Tersenyumlah saat memberi ASI, elus bayi kita, lantunkan doa untuknya

Dan TETAP SEMANGAT…………………

“Kecuali karena alasan lain yang sangat tidak memungkinkan untuk memberi ASI, misalnya kesehatan dsb…….. tentunya tidak mengurangi arti cinta ibu pada buah hatinya”

 

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Berbagi, keluarga kecilku and tagged , , . Bookmark the permalink.

76 Responses to [ ASI ] Sayang Ibu Sayang Bayi

  1. apriadina says:

    go Asi goooooooooooo

  2. Sippp…Depin asi sampe 2th lbh lho.Eksklusif sampe 6 bln. Padahal seminggu pertama asi ga mau keluar *terpaksa 1 minggu pertama pake susu kaleng 😥

  3. jadul1972 says:

    setelah jadi ibu, bicarnya gizi terus hahahahaaa

  4. orangjava says:

    PAnjang umurmu ASI sehat selalu dengan SUSU IBUmu…

  5. ydiani says:

    hiduppp asi 😀

  6. dayantolis says:

    asal jgn rebutan ajah ^_^

  7. saturindu says:

    Premaaaaa…cepetan besar….biar nggak rebutan^___^

  8. itsmearni says:

    haduh..haduh…….sebenarnya jurnal ini lum siap tayang, tadi kepencet hiks………tapi udah terlanjur pada liat, ya sudahlahhayuk………ASI selalu yaaaaaaaaaaa

  9. itsmearni says:

    apriadina said: go Asi goooooooooooo

    yessssssssss……………..yang terbaik buat buah hati kita ya bunda 🙂

  10. itsmearni says:

    depingacygacy said: Sippp…Depin asi sampe 2th lbh lho.Eksklusif sampe 6 bln.

    hebaaaaaattttttttttt4 jempol buat mama depin*yang dua jempol kaki yaks………ngacung*

  11. itsmearni says:

    depingacygacy said: terpaksa 1 minggu pertama pake susu kaleng 😥

    duh……. 😦

  12. itsmearni says:

    jadul1972 said: setelah jadi ibu, bicarnya gizi terus hahahahaaa

    iya dooooongggggggggkhan berbagi pengalaman hehehe

  13. itsmearni says:

    orangjava said: PAnjang umurmu ASI sehat selalu dengan SUSU IBUmu…

    itu lagu apa puisi eyang?

  14. itsmearni says:

    ydiani said: hiduppp asi 😀

    hiduuuuuuupppppppppp

  15. itsmearni says:

    dayantolis said: asal jgn rebutan ajah ^_^

    rebutan ma siapa om?* gak mudeng* xixixi

  16. itsmearni says:

    saturindu said: Premaaaaa…cepetan besar….biar nggak rebutan^___^

    emang siapa yang mo ngerebut ASI prema om 😀

  17. aishachan says:

    Kemaren salah seorang temen cerita,,temen2nya di kantor ada dua orang yang baru punya bayi, dan mereka selalu nyempetin buat nyimpen asi mereka di botol2,,buat persediaan pas mereka di kantor :DBedanya asi ama asi eksklusif apa sih kak?

  18. saturindu says:

    itsmearni said: emang siapa yang mo ngerebut ASI prema om 😀

    adek besarnya:))duhh, pengin cubit2 prema

  19. rudal2008 says:

    Aku suka ASI, Go ASI Go….Sukses artikelnya bagus banget.

  20. fivefebruary says:

    ASI = Air Susu Ibu 😀

  21. debapirez says:

    Insya Allah klo saya punya anak, bukan cuma anak aja yg dpt ASI eksklusif, tp juga bapaknya hahaha…

  22. henidebudi says:

    Dedy secara hukum islam bpaknya ga boleh lo minum susu istrinya. Maaf klo kurang benar. Untuk mba arni, bahagianya prema 🙂

  23. dayantolis says:

    henidebudi said: Dedy secara hukum islam bpaknya ga boleh lo minum susu istrinya. Maaf klo kurang benar. Untuk mba arni, bahagianya prema 🙂

    betul Hen. Ah Dedy kebangetan neh, saingan ma anak 🙂

  24. dayantolis says:

    itsmearni said: rebutan ma siapa om?* gak mudeng* xixixi

    hahaha… tuh dah ada yg jawab 🙂

  25. nanabiroe says:

    mbak Arni,Farrel cm ASI eksklusif tiga bulan karena beberapa hal..*tolong jangan judge kami begitu saja..Seandainya bisa, kami pun para ibu pastinya akan memberikan segalanya untuk anak tercinta*

  26. Bukan congkak bukan sombong, tapi alhamdulillah, saya nyusuin Kayla-Keiva secara eksklusif, mb. Dan bahkan boleh dibilang ‘over eksklusif’. Soalnya Kayla itu berhenti di umur sekitar 2.8 bulan (sigh), sementara Keiva (si bungsu yang bulan Juni 2010 lalu baru 2 tahun) sampai hari ini masih hobby banget ngerogoh-rogoh baju emaknye tiap kali mo bobok nagih jatah (sigh lagi) …

  27. Ou, tapi mungkin sekedar sharing, kakak dan adik iparku kebetulan kurang beruntung sehingga enggak bisa memberi ASI kepada anak-anaknya secara eksklusif. Tapi yang saya tahu, mereka sangat sayang dan cinta terhadap anak-anaknya, kok … *_*

  28. debapirez says:

    @jeung Heni & om Dayan: iya, waktu itu mamah Dedeh juga bilang gt.malah jd saudara sesusuan hehe..Tapi saya masih penasaran, rasa ASI gmn sich.secara pas msh kecil, msh buta rasa ASI gmn hehe..

  29. elok46 says:

    Wah lengkapnya . tfs ya mb arni

  30. zaafaran says:

    Go ASI. Smangat terus wat ngasih ASI ke Prema y mba.. Go..Go.. *ikut semangat

  31. itsmearni says:

    aishachan said: Kemaren salah seorang temen cerita,,temen2nya di kantor ada dua orang yang baru punya bayi, dan mereka selalu nyempetin buat nyimpen asi mereka di botol2,,buat persediaan pas mereka di kantor :DBedanya asi ama asi eksklusif apa sih kak?

    yups……… itu juga yang aku lakukan setiap hari sejak mulai masuk kerja 3 bulan yang lalutiap hari nyempetin memerah ASI buat si kecilASI eksklusif itu adalah pemberian HANYA ASI SAJA selama 6 bulaningat hanya ASI saja, tanpa tambahan lain-lain entah itu bubur, pisang, biskuit bahkan air putih sekalipunntar deh kapan2 aku bikin tulisan tentang ASI eksklusif 🙂

  32. itsmearni says:

    saturindu said: adek besarnya:))duhh, pengin cubit2 prema

    xixixixi………….yang besar bukan adek omtapi kakak (bli) ;p;p

  33. itsmearni says:

    rudal2008 said: Aku suka ASI, Go ASI Go….Sukses artikelnya bagus banget.

    jiaaaaaaaaaaaaaom Rudal masih mimik ASI????

  34. itsmearni says:

    fivefebruary said: ASI = Air Susu Ibu 😀

    betol…….karena anaknya anak ibubukan anak sapi 😀

  35. itsmearni says:

    debapirez said: Insya Allah klo saya punya anak, bukan cuma anak aja yg dpt ASI eksklusif, tp juga bapaknya hahaha…

    wkwkwkwk……………eh yang gede ngalah dooonggggg

  36. itsmearni says:

    henidebudi said: Dedy secara hukum islam bpaknya ga boleh lo minum susu istrinya. Maaf klo kurang benar. Untuk mba arni, bahagianya prema 🙂

    xixixixi….ya iyalahmasak bapaknya minum susu dari istrinyantar jadi anaknya dunksASI itu khan darah….ntar suami istri jadi sedarah dunks :-)tante Heni..iya Prema bahagia dunks khan jadi anak ibu 😀

  37. itsmearni says:

    nanabiroe said: mbak Arni,Farrel cm ASI eksklusif tiga bulan karena beberapa hal..*tolong jangan judge kami begitu saja..Seandainya bisa, kami pun para ibu pastinya akan memberikan segalanya untuk anak tercinta*

    duh.ada yang sensi nih………….klo karena ada sebab2 tertentu yang gak bisa dihindari mah lain cerita buyang aku maksud diartikel diatas adalah buat para ibu yang sebenarnya bisa memberi ASI tapi malas (ingat MALAS) dengan berbagai alasanmalah ada seorang teman yang gak mau ngasi ASI hanya karena takut (maaf) “payudaranya turun” ato karena takut jadi gemuk, karena ibu menyusui khan harus banyak makan :-)*cup cup..peyok nana………..*

  38. itsmearni says:

    revinaoctavianitadr said: Bukan congkak bukan sombong, tapi alhamdulillah, saya nyusuin Kayla-Keiva secara eksklusif, mb. Dan bahkan boleh dibilang ‘over eksklusif’. Soalnya Kayla itu berhenti di umur sekitar 2.8 bulan (sigh), sementara Keiva (si bungsu yang bulan Juni 2010 lalu baru 2 tahun) sampai hari ini masih hobby banget ngerogoh-rogoh baju emaknye tiap kali mo bobok nagih jatah (sigh lagi) …

    wow…………… bahagia banget jadi Kayla n Keivamantap banget tuh sampe 2 taon lebihseorang teman bahkan ada yang nyusuin anaknya sampe mo masuk play group *jempolllllll*

  39. itsmearni says:

    revinaoctavianitadr said: Ou, tapi mungkin sekedar sharing, kakak dan adik iparku kebetulan kurang beruntung sehingga enggak bisa memberi ASI kepada anak-anaknya secara eksklusif. Tapi yang saya tahu, mereka sangat sayang dan cinta terhadap anak-anaknya, kok … *_*

    yups……….maksud artikel diatas bukan untuk enyatakan bahwa gak memberi ASI berarti gak sayang anak koq, cuma sekedar sharing ajah bahwa pada beberapa kasus memang ada ibu yang “ogah” nyusuin padahal dia bisa 🙂

  40. itsmearni says:

    debapirez said: @jeung Heni & om Dayan: iya, waktu itu mamah Dedeh juga bilang gt.malah jd saudara sesusuan hehe..Tapi saya masih penasaran, rasa ASI gmn sich.secara pas msh kecil, msh buta rasa ASI gmn hehe..

    jiaaaaaaaaaaaaaaaaaamakanya jadi bayi ajah lagi ;p;p

  41. itsmearni says:

    dayantolis said: betul Hen. Ah Dedy kebangetan neh, saingan ma anak 🙂

    xxixixi…dia mah emang gitugak mo ngalah ……….ih padahal ma anak sendiri*eh dia khan lum punya anak* 😀

  42. itsmearni says:

    elok46 said: Wah lengkapnya . tfs ya mb arni

    mo sharing aja Lok….thanks dah baca yaingat ntar ngasi ASI eksklusif lho 🙂

  43. fybrine says:

    waaahh hebat mba Arni, selama kerja masih sempet ngasi ASI buat Prema… 🙂

  44. itsmearni says:

    fybrine said: waaahh hebat mba Arni, selama kerja masih sempet ngasi ASI buat Prema… 🙂

    selama ASI nya masih keluar dan cukup untuk kebutuhan Premaharus disempet2in dong 🙂

  45. debapirez says:

    Haha…jangan ah.masa’ jd bayi lg.trus solusinya gmn dunk?pls jangan nyaranin saya ke orang lain.saya adalah laki2 setia 😉

  46. itsmearni says:

    debapirez said: Haha…jangan ah.masa’ jd bayi lg.trus solusinya gmn dunk?pls jangan nyaranin saya ke orang lain.saya adalah laki2 setia 😉

    yawdah………nyokapnya mas dedi suruh hamil aja lagikhan ntar keluar tuh ASI nyatrus minta deh……………*idegila*

  47. elok46 says:

    Cita2 ku emang kasi asi hehehe

  48. itsmearni says:

    elok46 said: Cita2 ku emang kasi asi hehehe

    yes……..tanamkan dari sekarangmaka pikiran akan bekerjahati akan berdoadan tuhan akan mengabulkan 🙂

  49. riairwanty says:

    Aq dulu dapet ASInya dari kembaran ibuku, karna ASI ibuku keluarnya dikiiit….

  50. itsmearni says:

    riairwanty said: Aq dulu dapet ASInya dari kembaran ibuku, karna ASI ibuku keluarnya dikiiit….

    wah seruw…….. jadi punya dua ibu dunksibu kandung n ibu sususekarang banyak koq yang kek gitujadi beberapa ibu yang ASI nya banyak, biasanya diperah (ASIP)jadi kelebihannya itu disalurkan buat bayi2 lain yang kekurangan ASIdan ini dikoordinir oleh AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia)Gak ada salahnya kok minum ASI dari ibu susuanyang penting bayinya dapat yang terbaikbiasanya ada syarat2 tertentu seperti jenis kelamin, golongan darah dsb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s