[ ASI ] Bantuan SUFOR di daerah bencana : TULUS, FULUS atau BULUS ???

Disclaimer :

Tulisan ini dibuat, tidak untuk mendiskreditkan pihak tertentu, tidak untuk menambah masalah didaerah bencana, tidak untuk memancing di air keruh.

Hanya sekedar berbagi pemikiran untuk masa depan anak Indonesia. Karena masa depan bangsa ini akan kita titipkan dipundak mereka

Bencana datang. Sedih, iya. Panik, pasti. Kehilangan, shock, stres, semua ada. Lalu kemudian bantuan datang. Lega? Sedikit. Senang rasanya melihat begitu banyak orang yang rela berbagi untuk meringankan beban para korban. Entah itu uang, barang, tenaga ataupun sekedar doa. Ya, setiap kita hidup bersama dengan yang lain maka wajar dan WAJIB lah untuk saling membantu.

Tapi, apa itu? Diantara tumpukan barang, diantara berkardus-kardus bantuan kok keliatan ada tumpukan Susu Formula (SUFOR) buat bayi ya? Dalam jumlah yang tentu saja TIDAK SEDIKIT.Katanya sih, dari salah satuatau salah dua produsen SUFOR terkenal.Mereka mengirimkan bantuan berupa SUFOR, bukan hanya untuk Balita (itungan 1 ato 2 taon keatas) tapi justru banyak buat bayi. Ya, Bayi yang seharusnya masih dalam tahap ASI (eksklusif) khususnya usia 0 – 6 bulan. WOW….

Dua hari lalu seorang teman menelpon dari salah satu daerah bencana (ouw ouw…menyebut salah satu berarti banyak ya bencananya….hiks) minta tolong untuk dikirimkan ”Panduan Relaktasi” Apa itu?Relaktasi adalah kegiatan untuk kembali menyusui, setelah sempat terhenti karena berbagai faktor.Kenapa dia butuh panduan? Karena pada saat tiba didaerah pengungsian bersama bayinya yang berusia 4 bulan, dia langsung disodorkan SUFOR.Dalam kondisi panik, bingung, stres dengan senang hati SUFOR diterima dan langsung diminumkan ke bayi.Selanjutnya, bisa ditebak, si ibu meriang, payudaranya bengkak karena produksi ASI yang seharusnya dihisap oleh bayi, menumpuk. Sementara sibayi sudah tidak mau kembali kepayudara ibu. Bayi mengalami BINGUNG PUTING. Terlanjur mencecap SUFOR dalam botol. Syukurlah, tadi pagi dapat berita klo bayinya sudah kembali mau menyusu langsung dari ibunya, melanjutkan ASI eksklusif. Hhhh….setelah perjuangan si ibu yang terus berusaha. Lega !!!

Kasus lain, penyakit yang umum timbul didaerah bencana adalah DIARE. Terutama pada bayi, balita dan anak-anak. Ya, biasanya karena pasokan air bersih yang terbatas. Lalu ketika ada bayi yang sudah terlanjur mencecap SUFOR dalam botol, tentu saja selanjutnya yang dibutuhkan adalah air untuk mencampur susu, air untuk mencuci botol, air untuk merebus dan mensterilkan botol (hampir tak ada sterilizer didaerah bencana) dan semuanya harus bersih khan? Lalu, ketika ternyata airnya ndak bersih, ya wajar tho klo anak diare. Ingat diare berkepanjangan bisa menyebabkan dehidrasi dan bila tidak ditangani dengan benar akan berakibat fatal. Bandingkan jika ibu memberikan ASI, langsung dari sumbernya, tak perlu air tambahan, tak perlu botol steril, produksi ASI stabil bahkan bisa jadi meningkatkarena produksi ASI itu kan by demand, kalau sering kita susui pasti payudara akan terus memproduksi ASI.

Efek lanjutannya, ketika bayi sudah terbiasa dengan SUFOR ditempat pengungsian bayangkan apa yang terjadi saat para korban kembali kerumah. Bayi menjadi ketergantungan, para korban berusaha untuk membeli SUFOR yang harganya super mahal itu. Penjualan SUFOR meningkat. Produsen menengguk untung berlipat.

Ah…jadi mereka membantu itu tulus, untuk fulus ato hanya akal bulus? Hiks…gak boleh negatif thinking katanya, haha.

Sahabat, kegiatan menyusui adalah masa yang sangat indah buat seorang ibu. Saat berbagi kehidupan, saat cairan ajaib bernama ASI mengalir lancar, saat terjadi kontak mata dan batin ibu dan anak, saat terjadi sentuhan kelembutan skin to skin.Saya tahu, berada didaerah bencana pasti tidak tenang, panik dan stres. Tapi sahabat, menyusui itu relaksasi lho. Ibu yang marah, ibu yang stres bisa berangsur menjadi tenang saat menyusui, apalagi saat mendekap dan melihat mata bayi mungil kita. Indah, sangat indah.

Begitu juga menyusui memberi efek positif bagi bayi. Selain kebutuhannya nutrisinya tercukupi, secara psikologis bayi akan lebih tenang dalam dekapan ibu, lebih terasa nyaman dan dalam banyak kasus bayi yang tadinya gelisah karena kepanikan bencana malah bisa tidur lelap saat disusui.

Manfaat ASI dibandingkan SUFOR sudah tidak diragukan lagi.Seperti yang pernah saya tulis DISINI d
an DISINI, ASI tidak ada duanya.SUFOR sebaik apapun itu tidak bisa dibandingkan dengan ASI. Yakinlah bahwa ASI yang diberikan itu pasti cukup. ASI akan diproduksi selama ada permintaan. Karena sebenarnya yang bekerja adalah KEYAKINAN kita, kalau kita YAKIN bahwa ASI kita banyak, pasti banyak. Jadi ASI hanyalah permainan pikiran, ciptakan pikiran positif dan keyakinan, itu saja sudah cukup untuk meningkatkan produksi ASI.

Buat sahabat yang menjadi relawan, saya hanya mau bilang mari bersama kita membantu menyehatkan dan mencerdaskan anak bangsa. Bila menemui ibu beserta bayi yang masih dalam tahap ASI (eksklusif) dan ASI ibunya masih berproduksi dengan baik, tolong anjurkan untuk diberi ASI SAJA tanpa tambahan SUFOR. Lalu bagaimana cara menyusui dibarak pengungsian yang terisi ratusan bahkan ribuan orang dalam satu ruangan? Ah, kalau itu masalahnya, ibu bisa duduk/baring menghadap tembok atau kalau terpaksa, bisa ditutupi dengan kain/apron (seperti layaknya menyusui ditempat umum). Toh menyusui tidak tergolong Pornoaksi khan ??? Atau kalau mau lebih mudah, pake baju menyusui *lirik mbak maya* hehe

So…tunggu apalagi

Mari berikan ASI buat buah hati kita

Tuhan telah memberikan anugrahNya

Bagi ibu untuk memberi kehidupan pada bayinya

Berbagi rasa, berbagi “sumber kehidupan”

Karena ASI adalah yang terbaik

Tersenyumlah saat memberi ASI, elus bayi kita, lantunkan doa untuknya

Dan TETAP SEMANGAT…………………

“Kecuali karena alasan lain yang sangat tidak memungkinkan untuk memberi ASI, misalnya kesehatan dsb…….. tentunya tidak mengurangi arti cinta ibu pada buah hatinya”

 

Bedewei enewei buswei klo sempet pada mampir DISINI deh.

Dalam poto diatas prema lagi mimik ASIP (ASI Perah) selama ditinggal kekantor, pulang kantor plus sabtu minggu dan hari libur kembali mimik langsung dari pabriknya

 

Aduh….niatnya mo nulis sedikit ajah…kok jadi kepanjangan gini. Maap yaaaaaaa

Udahan ahhhh…………. kerja kerja kerja *lirik pak bos*

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Berbagi and tagged , , . Bookmark the permalink.

54 Responses to [ ASI ] Bantuan SUFOR di daerah bencana : TULUS, FULUS atau BULUS ???

  1. miris ya buk………Prakteknya memang gt buk……. Jebrol dikasi sufor, gitu pulang bayi ga mau nyusu asi, emaknya pun ragu buat ‘maksa’ bayinya minum asi……hiks….

  2. eh, kmrn kan ada acc fb yg di blokir gara2 posting foto ibu menyusui….

  3. itsmearni says:

    depingacygacy said: miris ya buk………Prakteknya memang gt buk……. Jebrol dikasi sufor, gitu pulang bayi ga mau nyusu asi, emaknya pun ragu buat ‘maksa’ bayinya minum asi……hiks….

    Iya tant…..temen aku ngalami langsungdia nangis2 ditelpon karena anaknya bingung putingkacian..untung sekarang dah balik lagi

  4. itsmearni says:

    depingacygacy said: eh, kmrn kan ada acc fb yg di blokir gara2 posting foto ibu menyusui….

    ahahahaha………….*siap-siap kena blokir, backup data, backup poto

  5. dulu depin ya gt buk…. Sampe sebulanan malah. Gt dah mau asi akhirnya susah lepas…….

  6. spidolitem says:

    ASI emang no 1. tapi sufor kan buat bayi yg ibunya gak keluar ASI atau ASInya sedikit sehingga perlu dibantu dg sufor….

  7. spidolitem says:

    depingacygacy said: eh, kmrn kan ada acc fb yg di blokir gara2 posting foto ibu menyusui….

    mungkin gambar dalm foto yg menyusu bukan bayi bune tapi bapaknya… 😀

  8. anotherorion says:

    manggut2 aja mbak, awam soalnya

  9. pakdhesetauku teori suply and demand berlaku buat asi pak. Makin sering nyusu, makin banyak produksinya. Kecuali krn pengaruh obat ya…..Mungkin kurang krn si ibu bekerja, n asi ga dipompa buat diberikan ke bayinya. Biasanya itu bikin produksi asi lama2 berkurang…..

  10. spidolitem says:

    depingacygacy said: pakdhesetauku teori suply and demand berlaku buat asi pak. Makin sering nyusu, makin banyak produksinya. Kecuali krn pengaruh obat ya…..Mungkin kurang krn si ibu bekerja, n asi ga dipompa buat diberikan ke bayinya. Biasanya itu bikin produksi asi lama2 berkurang…..

    soalnya ada bbrp temenku yg kek gitu bune, ASi gak keluar sama keluar tapi sedikit makanya mau gak mau dikasih sufor.bukan mau ngebela sufor, tapi bukannya sufor di produksi untuk hal2 semacam itu. kalolah semua ibu bisa dg normal menyusui anaknya niscaya gak bakal ada yg meproduksi sufor.

  11. caturhp says:

    Katanya mau ngasih ASI kok malah ngantor he2

  12. pakdhe, dulu aku jg gitu pak…. Seminggu pertama ga keluar blas…. Berikutnya keluar dikit bgt. Tapi terus ta’paksa, dipompa n diminumin…. Lama2 produksi asi jd banyak. Bisa sampe 200ml tiap mompa.*aku ttp mompa buat depin kl ta tinggal kerja*

  13. bukannya benci sufor, dulu aku ttp sediain koq. Buat jaga2 kl stok asi ga cukup. Tapi krn gencarnya iklan sufor, seringnya sekarang ibu2 yg hrsnya msh bisa nyusui jd lbh milih ngasi sufor

  14. nanabiroe says:

    nana juga gak nyusuin…gak bs ngasih asi — air tajin jg gak pa-pa..*lg-lg ini yang dibahas…

  15. spidolitem says:

    depingacygacy said: bukannya benci sufor, dulu aku ttp sediain koq. Buat jaga2 kl stok asi ga cukup. Tapi krn gencarnya iklan sufor, seringnya sekarang ibu2 yg hrsnya msh bisa nyusui jd lbh milih ngasi sufor

    yg gak mau nyusuin biasanya yg gak mau payudaranya jd berubah bentuk*egois yak…..

  16. itsmearni says:

    depingacygacy said: dulu depin ya gt buk…. Sampe sebulanan malah. Gt dah mau asi akhirnya susah lepas…….

    wah…relaktasi yang sukses tantselamat yaaaaaaa

  17. itsmearni says:

    spidolitem said: mungkin gambar dalm foto yg menyusu bukan bayi bune tapi bapaknya… 😀

    *ngikik*

  18. itsmearni says:

    anotherorion said: manggut2 aja mbak, awam soalnya

    ntar klo dah punya anak, usahakan dikasi ASI ya …..support istri untuk ngasi ASI

  19. rengganiez says:

    hidup pahlawan ASI 🙂

  20. itsmearni says:

    depingacygacy said: pakdhesetauku teori suply and demand berlaku buat asi pak. Makin sering nyusu, makin banyak produksinya. Kecuali krn pengaruh obat ya…..Mungkin kurang krn si ibu bekerja, n asi ga dipompa buat diberikan ke bayinya. Biasanya itu bikin produksi asi lama2 berkurang…..

    betol tant………. produksi ASI khan on demandmakin sering disusui makin banyak produksiuntuk ibu bekerja, khan bisa ngasi ASIP

  21. padahal berubah bentuk ki karna usia hehehe……

  22. itsmearni says:

    spidolitem said: soalnya ada bbrp temenku yg kek gitu bune, ASi gak keluar sama keluar tapi sedikit makanya mau gak mau dikasih sufor.bukan mau ngebela sufor, tapi bukannya sufor di produksi untuk hal2 semacam itu. kalolah semua ibu bisa dg normal menyusui anaknya niscaya gak bakal ada yg meproduksi sufor.

    oke om…. yang aku maksud dalam postingan diatas khan ibu yang masih menyusuimasih memproduksi ASI tapi dengan alasan riweh didaerah pengungsian malah dikasi SUFORklo masih bisa ngasi ASI, kenapa harus distop??

  23. itsmearni says:

    caturhp said: Katanya mau ngasih ASI kok malah ngantor he2

    mas, aku memang kerjatapi Prema tetap minum ASI dalam jumlah yang cukup bahkan klo boleh dibilang lebih….setiap harinya aku siapin ASIP (ASI Perah) kurleb 25 botol ukuran 120 ml buat Premadulu waktu masih ASI eksklusif (0 – 6 bulan) dia ngabisin sekitar 5 – botolskrg udah dengan MPASI paling abisnya 3 – 4 botolmo minum. tinggal angetin…. jadi dia tetap dapat ASI tho…..Della Sabrina, istrinya Irfan Hakim bahkan nyetok susu sampe 2 kulkas lho, buat anak kembarnya yang akan ditinggal naik haji, demi ASI eksklusif hebat khan http://mommiesdaily.com/2010/07/19/della-sabrina-target-600-botol-asip/

  24. itsmearni says:

    depingacygacy said: pakdhe, dulu aku jg gitu pak…. Seminggu pertama ga keluar blas…. Berikutnya keluar dikit bgt. Tapi terus ta’paksa, dipompa n diminumin…. Lama2 produksi asi jd banyak. Bisa sampe 200ml tiap mompa.*aku ttp mompa buat depin kl ta tinggal kerja*

    horeeeeeeeeeeeeeeetoss sama tante 🙂

  25. itsmearni says:

    nanabiroe said: nana juga gak nyusuin…gak bs ngasih asi — air tajin jg gak pa-pa..*lg-lg ini yang dibahas..

    Iya Na, aku memang lagi2 ngebahas iniabisnya gemes denger temenku nangis2 ditelponkarena anaknya bingung puting gara-gara dikasi SuforUntuk kasus tertentu dimana ibunya memang amat snagat tidak memungkinkan untuk memberi ASI (mungkin Nana ada dalam posisi ini) pemberian Sufor dapat dimengerti, tapi klo hanya karena bekerja, hanya karena malas, hanya karena mau memelihara penampilan, hanya karena capek, dll sementara ASI masih bisa diproduksi dengan baik, kenapa harus diganti dengan Sufor??hmm…air tajin yah, Prema juga dah dicobain kok, sejak dia mulai mengkonsumsi MPASI sekali2 dicobain air tajin koq 🙂 dan dia suka lhooo hehe*maap klo postingan ini buat Nana agak keberatan

  26. itsmearni says:

    spidolitem said: yg gak mau nyusuin biasanya yg gak mau payudaranya jd berubah bentuk*egois yak…..

    nah ntu dia………….niat gak sih punya anak?bikinnya mau, ngasi ASI gak mau *sebel*

  27. itsmearni says:

    fivefebruary said: 😀

    nanaaaaaaaaaaa apa kabar??lama tak jumpa euy

  28. itsmearni says:

    rengganiez said: hidup pahlawan ASI 🙂

    hohoho..mereka yang diluar sana banyak yang berjuang untuk kampanye ASI mbakmereka adalah pahlawan sesungguhnyademi masa depan anak bangsa

  29. itsmearni says:

    depingacygacy said: padahal berubah bentuk ki karna usia hehehe……

    yups………. umur khan gak bisa boongtinggal bagaimana kita menikmatinya aja tant 😀

  30. bunda2f says:

    spidolitem said: yg gak mau nyusuin biasanya yg gak mau payudaranya jd berubah bentuk*egois yak…..

    kasihan anaknya donkmendapatkan ASI kan hak seorang anak

  31. bunda2f says:

    miris kadang baca2 cerita2 beginibanyak diantara mereka adalah org2 yg kurang pengetahuan, kurang ilmumereka pikir ASI itu hal yg alami begitu ajapdhal ternyata kalo kurang ilmu juga bisa menyebabkan masalah2 gak tahu bagaimana mengatasi masalah2 seputar ASIdikira ASI ga bisa keluar, pdhal karena kurang tahu gimana cara merangsang keluarnya ASItuh nyatanya mamah depin bisa kan keluar & deras ASInya, pdhal awalnya ASI ga keluar

  32. itsmearni says:

    bunda2f said: kasihan anaknya donkmendapatkan ASI kan hak seorang anak

    ini realita mbak……..ya belakangan ini kesadaran untuk memberikan ASI siy udah semakin meningkat seiring dengan makin gencarnya berita dan perjuangan para pembela ASIseorang temen kantor pernah nanya emang anak kamu umur berapa bulan, kok masih merah aja sih, waktu aku jawab 8 bulan tau gak dia komentar apa…… “Gila,payudara loe udah kek apa tuh bentuknya diperes tiap hari, trus anak loe jadi ketergantungan bnaget dong, klo gak ada loe anak loe gak idup”ups…aku ndak abis pikir dia ngomong kek gitu apalagi ditambah pula komentarnya “gak, gue gak maulah anak gue tergantung ma gue, ntar gak bisa kemana2 trus laki gue dapat apaan klo payudara udah gak berbentuk kek gitu, pake baju juga udah gak pedelah”gue ———> mingkem, bukan gak bisa jawab, males aja sama orang kek gini ntar malah jadi ribut

  33. itsmearni says:

    bunda2f said: dikira ASI ga bisa keluar, pdhal karena kurang tahu gimana cara merangsang keluarnya ASItuh nyatanya mamah depin bisa kan keluar & deras ASInya, pdhal awalnya ASI ga keluar

    yups yups…. makanya informasi harus dibuka seluas-luasnya mbaksaya masih tahap belajar dan berusahasemoga bisa memberikan ASI tanpa Sufor selama mungkin buat Prema 🙂

  34. ydiani says:

    asi ekslusif paling oke ya mba

  35. apriadina says:

    bunda prema mang duta Asi, thumbs up plok plok plok

  36. itsmearni says:

    ydiani said: asi ekslusif paling oke ya mba

    yups…….. dan jadi ibu harus yakinASI pasti keluar, pasti cukup*kecuali karena sebab yang sangat sangat sangat tidak memungkinkan yaaaaaaaa

  37. itsmearni says:

    apriadina said: bunda prema mang duta Asi, thumbs up plok plok plok

    hufs…. belum layaklah dibilang duta ASI mbakhanya sebagian dari ibu2 yang gemes melihat maraknya peredaran dan iklan sufor hiks

  38. javaneess says:

    wooowww good good good siklus alam itu memang sdh sangat sepurna….so why worry

  39. debapirez says:

    Kayaknya jeung Arni cocok neh jd Duta ASI. Ntar ajarin istri saya gmn menyusui yg baik ya…*saya cm menonton dr kejauhan hehe…

  40. debapirez said: Kayaknya jeung Arni cocok neh jd Duta ASI

    kok aku mendukung ini ya mbak ^^byeyeyeah

  41. itsmearni says:

    javaneess said: wooowww good good good siklus alam itu memang sdh sangat sepurna….so why worry

    hai…..*salaman* salam kenal yaaaaaaaaamakasi udah mampir disiniyups…Tuhan sudah menciptakan manusia lengkap dnegan segala kebutuhannyaalami, higienis langsung dari sumbernyakenapa harus diganti dnega buatan manusia 🙂

  42. itsmearni says:

    debapirez said: Kayaknya jeung Arni cocok neh jd Duta ASI. Ntar ajarin istri saya gmn menyusui yg baik ya…*saya cm menonton dr kejauhan hehe…

    uhuyyyy yang bentar lagi jadi bapak………tenang aja Ded, menyusui itu naluri alamiah seorang ibu koqyang penting niatnya, keyakinan dan positif thinking selalubtw…udah berapa bulan nih?

  43. itsmearni says:

    destipurnamasari said: kok aku mendukung ini ya mbak ^^byeyeyeah

    jiaaaaaaaaaaa………………..masih jauhlah Dest, aku belum banyak ngerti soal ASIhanya mencoba shraing dari pengalaman aja 🙂

  44. debapirez says:

    Alhamdulillah dah 8 minggu,jeung.ntar datang ya ke Hermina, tp yg di Bekasi haha.. Mumpung belum direbut anak saya, saya mau menyusu dulu dah haha…

  45. omangoming says:

    halo……. saya baru pertama kali ngeblog di Multiplypas abis bikin account dan onlen, diinbox yang muncul postingan inisaya suka tulisannyamenginspirasi untuk tetap menyusuiapapun kondisinyaibarat iklan teh botolapapun kondisinya………….ASI is the best*salam kenal mbak

  46. itsmearni says:

    debapirez said: Alhamdulillah dah 8 minggu,jeung.ntar datang ya ke Hermina, tp yg di Bekasi haha..Mumpung belum direbut anak saya, saya mau menyusu dulu dah haha…

    wah selamat ya calon bapak……….otre, tunggu aku dihermina..kabar2i yoooooweits…dia rebutan susukamu khan cuma kebagian kalengnya doang Dedwkwkwk

  47. itsmearni says:

    omangoming said: halo……. saya baru pertama kali ngeblog di Multiplypas abis bikin account dan onlen, diinbox yang muncul postingan inisaya suka tulisannyamenginspirasi untuk tetap menyusuiapapun kondisinyaibarat iklan teh botolapapun kondisinya………….ASI is the best*salam kenal mbak

    wah terima kasih udah mampir kesinisalam kenal juga……….sepertinya pemerhati iklan nih heheotreee deh ASI forever yaaaaa

  48. nitafebri says:

    ngomongin ASi emang gak ada habisnya..ponakan saya ASIya cuma bentar.klo sekarang 2 th lebih banyak minum susu UHTitupun udah ogah SUFOR

  49. itsmearni says:

    nitafebri said: ngomongin ASi emang gak ada habisnya..ponakan saya ASIya cuma bentar.klo sekarang 2 th lebih banyak minum susu UHTitupun udah ogah SUFOR

    iya mbak….selalu saja ada yang menarik soal ASIuntuk keponakan mbak, ASI nya cuma sebentar khan tentu ada sebab yang masuk akalyang pasti bukan kesengajaan dari ortunya tapi karena benera2 ada situasi, kondisi dan faktor2 yang sangat tidak memungkinkan untuk memberi ASI, iya khan??Susu UHT ya, iya sih katanya jasuh lebih baik dari Sufor bubuk yah*nyari inpo ah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s