Menjadi Ibu

 

2 ibu saya

Saya punya 2 ibu. Satu ibu kandung yang melahirkan, membesarkan dan mendidik saya.Satu lagi ibu mertua yang melengkapi kebahagiaan saya saat beliau memberi restu pada anaknya untuk menjadikan saya pendamping hidup.Dan mereka berdua memberi saya banyak pelajaran untuk menjadi ibu.

<—- klo dipoto ini yang sebelah kiri ibu mertua saya trus yang kanan ibu saya

Sejak lama saya percaya bahwa jadi orang tua itu tidak ada sekolahnya. Bukan berarti juga kita tidak bisa belajar. Bukan berarti juga kita selalu benar dan anak pasti salah atau tidak tahu apa-apa. Bukan berarti juga kita lantas bisa melepasnya dengan bebas tanpa membekalinya dengan budi pekerti yang baik dan hati yang lurus

Saya baru 9 bulan 18 hari jadi ibu. Enak??? Wuih….. Rasanya seperti Pergike ujung dunia.. Dehidrasi di gurun sahara .. Hilang di segitiga bermuda .. Pergikeluar angkasa .. Hipotermia di kutub utara..Hilang di samudra antartika, hoho jadi ibu… harus melewati banyak tikungan, banyak pendakian, banyak penurunan, jalan becek, jalan ancur. Jantung berdetak tak karuan, nangis gak jelas, kaki dikepala kepala dikaki(halah ini dari tadi nyontek lagu mulu).

Tapiiiiiiiiii………. klo pulang kantor lagi pusing, lagi capek, begitu liat wajah lugunya, liat dia bisa bobo nyenyak mendadak hati yang panas jadi nyesssss, dunia serasa damai.Apalagi mendengar renyah tawanya wuih berwarnanya duniaku.

Ibu (1) dan Ibu (2) saya, bergantian membantu (malah hampir full time karena saya di rumah seharian pada sabtu dan minggu saja, selebihnya pagi dan malam) untuk menjaga Prema, cucunya.Saya yang ngotot memberi ASI eksklusif selama 6 bulan (tanpa campuran apapun —- bubur, pisang, bahkan air putih sekalipun) beberapa kali berbenturan dengan mereka. Ya, dulu 3 bulan juga udah dikasi pisang/bubur dan sehat saja ”malah jadi orang katanya” hehehe.Belum lagi tentang pemberian Sufor, tapi karena saya kekeuh dan nunjukin cara praktis akhirnya mereka malah bilang ini jauuh lebih mudah, tak perlu menakar sufor, tak perlu ngukur nyampur air, anakpun sehat sentosa.Dan saya dapat pelajaran penting, wlopun dalam beberapa hal saya tidak sepaham tapi mereka khan tetap ingin memberi yang terbaik(versi mereka) juga khan “Daripada kita menyalahkan orang tua kita karena memperlakukan kita begini-begitu dulunya, lebih baik kita memetik sisi baik didikan orang tua kita”.

Iya sih, memangnya saya siapa? Apa saya selalu benar? Apa saya sudah lebih baik dari mereka? Saya bahkan tak tahu bagaimana sulitnya mereka saat mengasuh saya dulu. Saya juga baru belajar jadi ibu.

Dulu, ibu saya sering bilang ”Jadi perempuan itu ndak gampang,nak. Harus bangun lebih pagi dari laki-laki, bangun pagi pun harus buru-buru beberes, masak, ngurus anak, mandi, sembahyang dan yang pasti gak boleh nunda kerjaan. Ingat, kerjaan rumah tangga gak ada habisnya (apalagi klo disambi ngempi hehehe).Malam sebelum tidur, pastikan semua rapi, semua beres dan siapkan untuk keperluan besok, biar ndak buru-buru.” Hufffsss….dulu saya sering ngebatin setiap ibu bilang begini, tapi sekarang saya tau rasanya. Ya, ibu benar.Saya membuktikannya saat udah berada jauh dari ibu, saat menjadi istri dan sekarang ikutan menjadi ibu.

Lalu, sekarang apa yang saya harapkan. Ndak muluk-muluklah.Dalam doa saya yang utama adalah berterimakasih pada-Nya karena diberi kesempatan menjadi ibu, dengan anak yang sehat (ganteng, pinter, lucu itu bonus lainnya hehehe). Juga diberi kesempatan untuk terus belajar pada kedua ibu saya, agar kelak saya bisa menjadi ibu yang baik lalu anak-anak menjadi orang yang jauh lebih baik dari orang tuanya.

Ahhh……… Peluk cium buatmu Ibu

SELAMAT HARIIBU

22 Desember 2010

Untuk perjuangan semua ibu

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in keluarga kecilku, Percikan and tagged , . Bookmark the permalink.

59 Responses to Menjadi Ibu

  1. anazkia says:

    Selamat hari Ibu …Hiks…Gak berani nulis tentang Ibu, nanti mrebes mili sendiri :((

  2. ohtrie says:

    itsmearni said: Ahhh……… Peluk cium buatmu Ibu

    itutttttttttt,,,……..

  3. damuhbening says:

    begitulah hidup, guru murid menjadi satu bagian, belajar mengajar menjadi satu ruang secara bersamaan:Selamat Hari Ibu, buat dua ibu dan 1 ibu ..kamu… :)sujud buat kalian semua

  4. fybrine says:

    Salam manis buat kedua Ibunya… juga buat mba Arni yg udah jadi Ibu…. :))waaah… hari ini, ibu-ibu bebas tugas yaaaaa…

  5. dhaimasrani says:

    Selamat hari Ibu 😀

  6. intan0812 says:

    selamat hari ibu …

  7. siasetia says:

    selamat hari ibu….semoga semua ibu bahagia dan diberikan selalu kekuatan yang baik dan mendapatkan berkah dariNYA

  8. miftamifta says:

    Salam hormat kepada 2 ibunya ya mbk Arni:-)Selamat Hari Ibu juga buat mbk Arni dan Ibu Ibu MP’ers

  9. debapirez says:

    Amien… Selamat hari ibu ya jeung Arni…

  10. rirhikyu says:

    met hari ibu yaaadirimu, ibumu dan ibu mertuamu ^_^v

  11. itsmearni says:

    anazkia said: Nyepam lagi 🙂

    iya deh…..kali ini dapat :-))

  12. itsmearni says:

    anazkia said: Selamat hari Ibu …Hiks…Gak berani nulis tentang Ibu, nanti mrebes mili sendiri :((

    selamat hari ibu juga buat para calon ibu……….lha nulis aja mbak, ndak apa2 koqntar aku bantuin ngelap air matanya 😀

  13. rengganiez says:

    selamat hari ibu untuk seluruh perempuan di Nusantara 🙂

  14. itsmearni says:

    ohtrie said: itutttttttttt,,,……..

    cium simbok sana………..

  15. medilubis says:

    ”Jadi perempuan itu ndak gampang,nak. Harus bangun lebih pagi dari laki-laki, bangun pagi pun harus buru-buru beberes, masak, ngurus anak, mandi, sembahyang dan yang pasti gak boleh nunda kerjaan. Ingat, kerjaan rumah tangga gak ada habisnya (apalagi klo disambi ngempi hehehe). Malam sebelum tidur, pastikan semua rapi, semua beres dan siapkan untuk keperluan besok, biar ndak buru-buru.” —> sampe sekarang masih sering ngebatin kalo dibilangin gini… 🙂

  16. itsmearni says:

    damuhbening said: begitulah hidup, guru murid menjadi satu bagian, bekajar belajar menjadi satu ruang secara bersamaan:Selamat Hari Ibu, buat dua ibu dan 1 ibu ..kamu… :)sujud buat kalian semua

    yups…karena hidup adalah sebuah proses pembelajaranjadi setiap waktu adalah belajar ya bli……….:-)

  17. itsmearni says:

    fybrine said: Salam manis buat kedua Ibunya… juga buat mba Arni yg udah jadi Ibu…. :))waaah… hari ini, ibu-ibu bebas tugas yaaaaa…

    salam manis juga mbak*kasi permen lolipop*bebas tugas? ah, ndak juga tetep aja mah ibu2 bangun pagi ngurus keluarga hehehe

  18. itsmearni says:

    dhaimasrani said: Selamat hari Ibu 😀

    yups…….. buat semua ibu

  19. itsmearni says:

    intan0812 said: selamat hari ibu …

    buat Uni Intan juga……………. 🙂

  20. itsmearni says:

    siasetia said: selamat hari ibu….semoga semua ibu bahagia dan diberikan selalu kekuatan yang baik dan mendapatkan berkah dariNYA

    amiiiiiiiiinnnnn

  21. itsmearni says:

    miftamifta said: Salam hormat kepada 2 ibunya ya mbk Arni:-)Selamat Hari Ibu juga buat mbk Arni dan Ibu Ibu MP’er

    hormaaaaaaaaaaatttttttttt GRAK terimakasih Mifta 🙂

  22. itsmearni says:

    debapirez said: Amien… Selamat hari ibu ya jeung Arni…

    Buat calon ibu yang mendampingi dirimu juga, Ded

  23. itsmearni says:

    rirhikyu said: met hari ibu yaaadirimu, ibumu dan ibu mertuamu ^_^v

    dan buat Bu Peb juga 🙂

  24. itsmearni says:

    rengganiez said: selamat hari ibu untuk seluruh perempuan di Nusantara 🙂

    otreeeeeeeeeeeeeeeeemerdekaaaaaaaaa !!!!

  25. itsmearni says:

    medilubis said: Jadi perempuan itu ndak gampang,nak. Harus bangun lebih pagi dari laki-laki, bangun pagi pun harus buru-buru beberes, masak, ngurus anak, mandi, sembahyang dan yang pasti gak boleh nunda kerjaan. Ingat, kerjaan rumah tangga gak ada habisnya (apalagi klo disambi ngempi hehehe). Malam sebelum tidur, pastikan semua rapi, semua beres dan siapkan untuk keperluan besok, biar ndak buru-buru.” —> sampe sekarang masih sering ngebatin kalo dibilangin gini… 🙂

    hahahaha………. ntar juga ngerasain Meddan ternyata memang ndak gampang 😀

  26. medilubis says:

    itsmearni said: hahahaha………. ntar juga ngerasain Meddan ternyata memang ndak gampang 😀

    Kalo disuru masak aku selalu ngelak kalo pinter masak itu anugrah yang akan turun setelah menikah… huahahaha…. ntah dapet teori dari mana….

  27. nitafebri says:

    selamat hari ibu…iya jadi perempuan gak segampang pria yaa..soalnya kudu pegang kendali urusan domestik juga

  28. itsmearni says:

    medilubis said: Kalo disuru masak aku selalu ngelak kalo pinter masak itu anugrah yang akan turun setelah menikah… huahahaha…. ntah dapet teori dari mana….

    wkwkwkwk…..parah Medmemangnya ntar klo dah nikah tiba-tiba terjadi keajaiban dirimu langsung jafo masak*ah bangun med bangun**guncang2 Medi*

  29. itsmearni says:

    myelectricaldiary said: selamat hari mamaaaa ^^

    ayo buruan telpo mama di kendari

  30. medilubis says:

    itsmearni said: wkwkwkwk…..parah Medmemangnya ntar klo dah nikah tiba-tiba terjadi keajaiban dirimu langsung jafo masak*ah bangun med bangun**guncang2 Medi*

    yah… setidaknya aku bisa kalo disuru ngiris bawang atau moto-motongin sayur…pinter masak, nanti aja lah…. *tetap bandel*

  31. itsmearni says:

    nitafebri said: selamat hari ibu…iya jadi perempuan gak segampang pria yaa..soalnya kudu pegang kendali urusan domestik juga

    hehehe begitulahjadi perempuan itu jadi manager merangkap stafbendahara, koki, baby sitter, sekretaris, cleaning service juga pendamping 😀

  32. itsmearni said: ayo buruan telpo mama di kendari

    maluuuuuka,hehehehe..karena saya terkenal jaim-kuuuu

  33. itsmearni says:

    myelectricaldiary said: maluuuuuka,hehehehe..karena saya terkenal jaim-kuuuu

    puuuuuuuuuuuuumasa sama mamamu ko pake jaim2 jugacepat telpon, sekali2 jadi anak berbakti

  34. itsmearni says:

    medilubis said: yah… setidaknya aku bisa kalo disuru ngiris bawang atau moto-motongin sayur…pinter masak, nanti aja lah…. *tetap bandel*

    halah………. klo cuma motong sayuranak SD juga ica………*sana belajar masak**dorong Medi masuk dapur*

  35. itsmearni said: puuuuuuuuuuuuumasa sama mamamu ko pake jaim2 jugacepat telpon, sekali2 jadi anak berbakti

    berbaktijaaa,tanteeee…. buktinya saya nunut ilmu setinggi mungkin,xixixixi *ngeleees*

  36. caturhp says:

    Biasanya kita bisa sadar dan menghargai sesuatu setelah mengalaminya…Contohnya saat kita kecil, kita belum secara sadar menghargai orang tua kita…BTW selamat hari Ibu ya mbak…

  37. itsmearni says:

    Iya mas………berasa banget setelah jadi ibudan saya pun jadi bisa lebih menghormati merekalebih berterimakasih untuk semua yang telah ibu berikanwaktunya, hidupnya, ajarannya luar biasaapalagi saat hamil dan melahirkan…..wuih bener2 deh bikin inget ma ibudan merasa bersalah belum cukup membahagiakannya:-)

  38. itsmearni says:

    myelectricaldiary said: berbaktijaaa,tanteeee…. buktinya saya nunut ilmu setinggi mungkin,xixixixi *ngeleees*

    halah.tapi ko belum pi telpon hari inipadahal coba bayangkan betapa bahagianya dia klo denger suara anaknya yang centil ini mengucapkan “selamat hari ibu”ato sms mi saja pale

  39. nanabiroe says:

    met hari ibu ya teh arni yg cantikkk..Btw, ngeliat fotonya ibunya teh arni, jadi tahu darimana bakat narsis teh arni berasal. . .

  40. itsmearni says:

    nanabiroe said: met hari ibu ya teh arni yg cantikkk..Btw, ngeliat fotonya ibunya teh arni, jadi tahu darimana bakat narsis teh arni berasal. . .

    met hari ibu buat nana juga :-)hahaha bakat narsisi itu turun temurunkhan buah jatuh tak jauh dari pohonnya *kedip kedip*

  41. ohtrie says:

    itsmearni said: cium simbok sana………..

    jkauh mBakkk…cium mBak ARni aja dehhh…. wakakak *ngaburrrr

  42. itsmearni says:

    ohtrie said: jkauh mBakkk…cium mBak ARni aja dehhh…. wakakak *ngaburrrr

    wooooooooooooosorry sorry sorry jekdiriku dah ada yang ngapling hahaha*nyodorin pantat panci*

  43. ohtrie says:

    itsmearni said: diriku dah ada yang ngapling hahaha*nyodorin pantat panci*

    hiks hiks huwang huwangggg……*betapa malang nasibuuuuu……. ~banting banting ember

  44. itsmearni says:

    ohtrie said: hiks hiks huwang huwangggg……*betapa malang nasibuuuuu……. ~banting banting ember

    woiiiiiiiiiiiiiada yang mewek kepentok tutup pancicup cup cup*sodorin pok Nori**gantiin pantat panci*

  45. itsmearni says:

    makasi………..buat calon ibu juga 🙂

  46. kangdul says:

    Hehehe.. mirip dengan pengalaman mbokne thole dulu…Tiap hari ribut wae sama ibunya (nenek thole) karena perbedaan persepsi dalam mengasuh bayi antara ibu zaman dulu dg zaman sekarang. Yang ASI harus eksklusif 6 bulan; yang ngga usah dibedong, dll..

Leave a Reply

