Cek Kembali Struk belanja Anda !!!

 

Hai hai haiiiiiiiiiii

Gak terasa akhir Juni sudah didepan mata, artinya menuju ke bulan baru.

Buat emak-emak yang (sok) sibuk kayak saya, akhir bulan menuju ke awal bulan adalah jadwal belanja bulanan (kadang dilengkapi dengan datang bulan )

Ya, buat saya lebih efektif dan efisien belanja keperluan rumah tangga sekaligus buat sebulan, baik itu buat dapur (diluar sayuran dan aneka bahan makan segar lainnya) sampe keperluan bersih-bersih diri dan bersih-bersih rumah.

Ah intronya kepanjangan.

So, mari kita ke intinya

Jadi, kemaren sore saya belanja ke salah satu “supemarket besar” di Bogor.

Ambil ini, ambil itu lalu ngantri di kasir.

Selama proses dikasir, rasanya gak ada yang aneh dan semua berjalan lancar sampai selesai. Belum jauh beranjak, eh tiba-tiba ingat ada barang yang terlupa untuk dibeli. Lalu si Ayah kembali untuk membeli barang itu.

Saya menunggu gak jauh dari meja kasir

Gak biasanya, kali ini saya iseng ngecek barang-barang belanjaan dari struk (note : saya bukan tipe orang yang suka ngecekin struk, biasanya bablas ajah gitu)

Nah, tiba-tiba mata saya tertumbuk pada p*mp*rs dan s*p*rpel (dalam gambar liat yang saya lingkari)

Saya itu beli p*mp*rs 3 pak, kemasan isi 20 buah (mau beli yang gede lagi gak ada)

Trus beli s*p*rpel 1 ajah

Nah, ternyata sama kasir diitung p*mp*rs 4 buah, s*p*rpel 2 buah

Huwaaaaa…….. mata saya langsung melek

Pikir-pikir rasanya kudu complain neh, untung-untung dibalikin duit

Klopun saya salah, ya minimal saya gak jadi negatif thinking terus sama kasirnya hehe

Dan ternyata……….

Emang kasirnya yang salah, uang sayapun dikembalikan tunai Rp 35.325

Pan lumayaaaaaaaannnnnnnnnnnnn

*dasar emak-emak perhitungan* hihihi

Pengalaman ini lumayan bikin saya mikir lho, besok-besok harus lebih teliti lagi klo belanja.Bisa aja khan dilain waktu ternyata bukannya salah data barang jadi dobel gitu tapi sebaliknya, barang yang saya bawa pulang ternyata belum terdata dan belum terbayar. Klo kasusnya gini khan jadinya saya ”seolah-olah” nyolong dong.

Intinya kehati-hatian kudu dipertahanin dalam setiap transaksi ya

*halagh.
..prinsip perbankan banget
*

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Percikan and tagged . Bookmark the permalink.

131 Responses to Cek Kembali Struk belanja Anda !!!

  1. Kan bisa ajuin keluhan dong

  2. hihi..saya jarang banget ngecheck…

  3. rirhikyu says:

    hmmm sengaja tuh 😀

  4. nawhi says:

    pernah juga ngalamin n langsung komplen, uang langsung balik :)ya namanya juga manusia, lagi kecapekan mungkin jadi salah2 ketik or matanya siwer.

  5. rengganiez says:

    Ak juga jarang ngecek hiks…

  6. wib711 says:

    sayah biasa belanja di pasar tradisional.. ga ada struk mbak… 😀

  7. enkoos says:

    sistemnya diketik kan ya? maksudnya ketik code barangnya, jadi risiko salah lebih besar dibanding yang sistem scanning.Kalau di US, para superkampret pake sistem scanning. Untuk barang2 yang harus dihitung timbangannya (misalnya beli kacang sekilo dua ons) nimbangnya dikasir. Jadi all in one.

  8. enkoos says:

    wib711 said: sayah biasa belanja di pasar tradisional.. ga ada struk mbak… 😀

    bisa nyang nyang yo mas 🙂 kadang dikasih bonus. beli cabe satu ons bonus telor ayam setengah kilo. abis itu digaplok. hahahahaha..

  9. itsmearni says:

    bambangpriantono said: DObel ya?

    Iyah……..diitung dobel hiks

  10. itsmearni says:

    bambangpriantono said: Kan bisa ajuin keluhan dong

    Pan udaaaahhhhhhhhakhirnya aku balik ke kasa temmpat transaksi itucek n ricek dan ternyata mereka salahsupervisornya langsung turun tangan dan minta maafhihihi

  11. itsmearni says:

    ayudiahrespatih said: hihi..saya jarang banget ngecheck…

    sama.aku juga gitu kokentah kenapa kemaren itu pengen aja ngecekternyata emang ada yang salahah, klo emang masih rejeki gak bakal kemana 😀

  12. itsmearni says:

    rirhikyu said: hmmm sengaja tuh 😀

    mmmm..gak tau juga sihgak mau negatif thinking ahkali aja emang dia gak sengaja 😀

  13. itsmearni says:

    nawhi said: pernah juga ngalamin n langsung komplen, uang langsung balik :)ya namanya juga manusia, lagi kecapekan mungkin jadi salah2 ketik or matanya siwer.

    Yups……..apalagi klo akhir bulan sampe awal bulankhan supermarket lagi rame2nya tuhmungkin mereka kecapekan ya*semoga gak terulang sama konsumen lain*

  14. itsmearni says:

    rengganiez said: Ak juga jarang ngecek hiks…

    mulai sekarang harus rajin !!!

  15. itsmearni says:

    wib711 said: sayah biasa belanja di pasar tradisional.. ga ada struk mbak… 😀

    untuk sayuran, ikan, ayam dsb saya juga gak belanja disupermarket kokini buat kebutuhan bulanan kek sabun mandi, minyak goreng , shampoo dan sebagainya

  16. itsmearni says:

    enkoos said: bisa nyang nyang yo mas 🙂 kadang dikasih bonus. beli cabe satu ons bonus telor ayam setengah kilo. abis itu digaplok. hahahahaha..

    digaplok pake telor busuk gitu

  17. wah iyakudu lebih teliti :p

  18. maniapasta says:

    Aku kenal tuh struknya dari hipermarket mana, hehehe. Aku pernah bbrp kali kejadian gitu. Dan jumlahnya lumayan, sekitar 50rb-an. Pastinya langsung komplen dan uangnya dibalikin kok. Mungkin human eror aja krn kasirnya cape, kan yg antri banyak tuh apalagi kalo pas tanggal gajian pas orang2 barengan belanja bulanan. Mau ketik 2 jadi 3 atau 4. Atau kadang scanningnya terlalu sensi kayak cewe PMS. Kalo barangnya ngga langsung diangkat setelah discan pertama, jadinya ke-scan 2x.Dulu jg aku ngga pernah periksa struk. Tp krn udh kejadian bbrp kali, skrg kebiasaan. Dan kalopun selisih, uangnya selalu diganti kok 🙂

  19. aku selalu cek sih, belom ke kasir aja di otak udah ngitung ini segini itu segitu, ntar kudu bayar seberapa kira2… jadi kalo ada selisih langsung tembak kasirnya ajah wueeee… makanya beda 800 perak aku langsung tahu pas beli regal, hihihi kalo cuma sebiji beli gak terasa, lah aku suka tandon regal 5 biji jeh buat ngemil…*emak2 super pelit*

  20. itsmearni says:

    enkoos said: sistemnya diketik kan ya? maksudnya ketik code barangnya, jadi risiko salah lebih besar dibanding yang sistem scanning.Kalau di US, para superkampret pake sistem scanning. Untuk barang2 yang harus dihitung timbangannya (misalnya beli kacang sekilo dua ons) nimbangnya dikasir. Jadi all in one.

    Nggak kok, mbIni sistemnya discanningNah, kemungkinan tuh dia scanningnya dobeldan akunya juga gak ngeh, pan struknya panjangmales banget ngecek atu-atunah klo disini, yang nimbang2 itu didalam udah ditimbang langsungjadi nyampe kasir udah tinggal discan aja

  21. itsmearni says:

    sukmakutersenyum said: wah iyakudu lebih teliti :p

    ho ohsetelah pengalaman ini, jadi janji sama diri sendiribesok-besok harus teliti 🙂

  22. buk itu “pampers” popok tho?….. risti kira mo ngitung pengeluaran popok tiap bulan… xixixixi

  23. itsmearni says:

    maniapasta said: Aku kenal tuh struknya dari hipermarket mana, hehehe. Aku pernah bbrp kali kejadian gitu. Dan jumlahnya lumayan, sekitar 50rb-an. Pastinya langsung komplen dan uangnya dibalikin kok. Mungkin human eror aja krn kasirnya cape, kan yg antri banyak tuh apalagi kalo pas tanggal gajian pas orang2 barengan belanja bulanan. Mau ketik 2 jadi 3 atau 4.Atau kadang scanningnya terlalu sensi kayak cewe PMS. Kalo barangnya ngga langsung diangkat setelah discan pertama, jadinya ke-scan 2x.Dulu jg aku ngga pernah periksa struk. Tp krn udh kejadian bbrp kali, skrg kebiasaan. Dan kalopun selisih, uangnya selalu diganti kok 🙂

    huwaaaaaaaaapadahal nama hipermarketnya sengaja gak disebutin, masih ada aja yang ngenalin :-Dmmm, iya sih mbmakanya aku ndak mau negatiif thinkingwaktu komplain juga, aku nanya baik-baikuntungnya si kasir dan supervisornya juga kooperatifjadi gak pake ribut-ribut, minta maaftrus balikin duitnya

  24. dekmaniezt says:

    tambah 1 lagi.besok jangan pake mesin kasir yang itu.karna bisa jadi bukan kasirnya yang salah, tapi mesin pembaca code barangnya yang error…who knows..

  25. itsmearni says:

    srisariningdiyah said: aku selalu cek sih, belom ke kasir aja di otak udah ngitung ini segini itu segitu, ntar kudu bayar seberapa kira2… jadi kalo ada selisih langsung tembak kasirnya ajah wueeee… makanya beda 800 perak aku langsung tahu pas beli regal, hihihi kalo cuma sebiji beli gak terasa, lah aku suka tandon regal 5 biji jeh buat ngemil…*emak2 super pelit*

    wkwkwkternyata ada yang lebih pelit dari aku*lirik-lirik mb Arie*btw, mumpung nongol dimariaku mo bilang neh, aku bingung sama smsm mb Arie kemarenkok tau sih arni mo belanja ke “supermarket” ituh ?

  26. itsmearni says:

    leekhaflanella said: buk itu “pampers” popok tho?….. risti kira mo ngitung pengeluaran popok tiap bulan… xixixixi

    iyaaaaaaa popokItu buat kebutuhan sebulan lebih kok, khan Prema pake pampersnya gak setiap saatkarena kebetulan lagi diskon jadi belinya lebihan dikit*emak-emak pemburu diskon*

  27. aku kan clairvoyant… *ngacirrr*

  28. wah emang yang eror ternyata bukan mesinnya neh tapi yang beli wkwkwkwkkkaku sampe bingung dibilang “kog tahu”…hemmmmm… jadi gini buk arni…aku kan sms gini kira2: “arni jadi dateng gak, aku dah di gian niy”inget gak waktu arni reply di jurnal citra mau ikutan ke GIAN PIZZA, bukan GIANT supermarket! wakwkwkwkwkkk…*guling2*

  29. thebimz says:

    yang kayak gini penting mba.. ibu saya mah paling perhatian sama yang gini2, setiap abis belanja di cek dulu.. hehe

  30. itsmearni says:

    dekmaniezt said: tambah 1 lagi.besok jangan pake mesin kasir yang itu.karna bisa jadi bukan kasirnya yang salah, tapi mesin pembaca code barangnya yang error…who knows..

    wah klo yang ini mahtergantung sikonbiasanya klo belanja, pas mo bayaran nyari kasir yang antriannya paling pendek hehe

  31. wib711 says:

    dekmaniezt said: besok jangan pake mesin kasir yang itu.

    iyaa.. pakai sempoa aja yaaa

  32. itsmearni says:

    wib711 said: iyaa.. pakai sempoa aja yaaa

    sekalian aja pake lidi yang dipotong kecil2trus diiket karet

  33. maniapasta says:

    Mba Ari, samaaa! Aku semenjak punya anak 2, dan lagi getol2nya hemat (hemat ya bukan pelit), aku selalu liat harga barangnya. Dulu mah asal comot. Skrg harus teliti dong. Aku malah hafal loh di spm ini harga barang A sekian, di spm B sekian, hahaha.Aku sih bbrp kali kejadian selalu di hipermarket ‘itu’. Di tempat lain ngga pernah. Aku kenal struknya soale tiap bulan belanja pampers Faiz selalu kesana hahhaha. Tapi ngga pernah ribet kok prosesnya. Cuma dicek struknya, ttd surat komplen, balik deh uangnya. Kalo sayur atau ikan atau bumbu dapur mah murah di tukang sayur deket rumah drpd di spm ya, Mbak Arni? Hihihi.

  34. enkoos says:

    itsmearni said: Ini sistemnya discanning

    upsss…Evi katrok.taunya belanja di mbok mbok pasar dan superkampret cilik2. Jadi gak tau kalau udah banyak yg pake sistem scanning.

  35. itsmearni says:

    srisariningdiyah said: wah emang yang eror ternyata bukan mesinnya neh tapi yang beli wkwkwkwkkkaku sampe bingung dibilang “kog tahu”…hemmmmm… jadi gini buk arni…aku kan sms gini kira2: “arni jadi dateng gak, aku dah di gian niy”inget gak waktu arni reply di jurnal citra mau ikutan ke GIAN PIZZA, bukan GIANT supermarket! wakwkwkwkwkkk…*guling2*

    wuahahahahaya ampyunnnnnnnnnnnnnnn*tepok jidat*sumpe, arni lupa klo mo ketemuan di GIAN ituhmakanya pas terima sms rada bingung*hadeh gak brenti deh ketawa neh*beneran error——-guling-guling

  36. aku biasa cek struk buk. Gara2nya sering di rak tempelan harganya ‘sekian’, masuk kasir jadi ‘segitu’ (lbh mahal). Biasanya, asal kita ga siwer liat tempelan harga, harga di rak yg diitung.Malah pernah sekali pas di g**nt, beli 10bks blu* b*nd (krn murah jd kalap), aku komplen krn sampe di kasir harganya lbh mahal. Pas di cek ke rak ternyata label harga promonya blm dilepas. Krn ga ditulis tanggal promonya, aku ttp dapet harga promo dah hehe

  37. itsmearni says:

    thebimz said: yang kayak gini penting mba.. ibu saya mah paling perhatian sama yang gini2, setiap abis belanja di cek dulu.. hehe

    Iya sih emang pentingcuma klo struknya puanjang, males banget deh ngecekin atu0atu angka yang bererot ituhya, kejadian ini sekalian jadi pembelajaran sih buat akubiar lebih teliti :-)btw, ibuknya mas Bimz mantap jaya tuhrajin bener periksa-periksa struk

  38. siantiek says:

    kalo ga dicek2 bisa tekorrrr

  39. depingacygacy said: aku biasa cek struk buk. Gara2nya sering di rak tempelan harganya ‘sekian’, masuk kasir jadi ‘segitu’ (lbh mahal). Biasanya, asal kita ga siwer liat tempelan harga, harga di rak yg diitung.Malah pernah sekali pas di g**nt, beli 10bks blu* b*nd (krn murah jd kalap), aku komplen krn sampe di kasir harganya lbh mahal. Pas di cek ke rak ternyata label harga promonya blm dilepas. Krn ga ditulis tanggal promonya, aku ttp dapet harga promo dah hehe

    nah ini yang sering terjadi sama aku kalo beli regal itu beda 800 perak xixixixsebenernya gak sengaja juga beli terus2an regal wong emang ngemilnya regal mulu, tapi entah kenapa regal melulu yang beda harga di salah satu supermarket dan bahkan di salah satu minimarket! wkwkwkwkkk*saking ngapalin harga melulu jadi hapal beda harga tiap barang di tiap supermarket jeh*

  40. itsmearni says:

    maniapasta said: Mba Ari, samaaa! Aku semenjak punya anak 2, dan lagi getol2nya hemat (hemat ya bukan pelit), aku selalu liat harga barangnya. Dulu mah asal comot. Skrg harus teliti dong. Aku malah hafal loh di spm ini harga barang A sekian, di spm B sekian, hahaha.Aku sih bbrp kali kejadian selalu di hipermarket ‘itu’. Di tempat lain ngga pernah. Aku kenal struknya soale tiap bulan belanja pampers Faiz selalu kesana hahhaha. Tapi ngga pernah ribet kok prosesnya. Cuma dicek struknya, ttd surat komplen, balik deh uangnya.Kalo sayur atau ikan atau bumbu dapur mah murah di tukang sayur deket rumah drpd di spm ya, Mbak Arni? Hihihi.

    hoho…hemat emang beda tipis ma pelit yaks ;p;pNah lo, klo kejadiannya seringberarti emang mesinnya kli yaks yang errorharusnya si pemilim hipermarket itu belajar dari kesalahan dongmasa ndak malu sioh sering terima komplen untuk hal yang samakhan berhubungan juga dengan nama baik hipermarketnyaNah, klo urusan sayur, ikan dan bumbu dapuremang iya mending beli diabang-abang ajaklo pengen agak banyakan, yo mesen aja sehari sebelumnyajujur, arni jarang ke pasar soalnya hehe

  41. itsmearni said: wuahahahahaya ampyunnnnnnnnnnnnnnn*tepok jidat*sumpe, arni lupa klo mo ketemuan di GIAN ituhmakanya pas terima sms rada bingung*hadeh gak brenti deh ketawa neh*beneran error——-guling-guling

    ah sama aja neh ama mb amel…semangat doang mau ketemuan tapi pelupa huuuuukemarin kan ada yang traktir gaji pertama tuuuuu lah kita mah kalo gak ditraktir gak bakal kesitu tanggung bulan belom gajian geneeeee wkwkwkwkkk jadinya cuma bertiga kemaren dehhhhh eh sama si kecil jadi berempat denk!

  42. kalo beda harga antar spm mah biasa mba arie. Yg nyebelin kan beda harga di rak sama di kasir….Regal, lbh murah di toko langganan mba. Bisa selisih 1500-2000an.Sekarang aku jg gt, brg2 yg sering beli jd apal, yg ini di sini lbh murah, yg itu di sono aja belinya hehehe…

  43. dekmaniezt says:

    itsmearni said: wah klo yang ini mahtergantung sikonbiasanya klo belanja, pas mo bayaran nyari kasir yang antriannya paling pendek hehe

    *ngikik*kalo gitu, rajin2 ngitung ya…*cipok prema, lupain emaknya*

  44. dekmaniezt says:

    wib711 said: iyaa.. pakai sempoa aja yaaa

    *cipok sempoa*ehh,,,*cipok kakanda*

  45. maniapasta said: Mba Ari, samaaa! Aku semenjak punya anak 2, dan lagi getol2nya hemat (hemat ya bukan pelit), aku selalu liat harga barangnya. Dulu mah asal comot. Skrg harus teliti dong. Aku malah hafal loh di spm ini harga barang A sekian, di spm B sekian, hahaha.Aku sih bbrp kali kejadian selalu di hipermarket ‘itu’. Di tempat lain ngga pernah. Aku kenal struknya soale tiap bulan belanja pampers Faiz selalu kesana hahhaha. Tapi ngga pernah ribet kok prosesnya. Cuma dicek struknya, ttd surat komplen, balik deh uangnya. Kalo sayur atau ikan atau bumbu dapur mah murah di tukang sayur deket rumah drpd di spm ya, Mbak Arni? Hihihi.

    kalo aku belom punya anak mb uwieeee makanya ngaku pelit, setiap belanja kudu cek struk bahkan sebelom keluar itu struk aku pelototin angka yang keluar, sama apa engga dengan angka yang ada di label rak, wong aku selalu inget2, kalo belanja bulanan daftar panjangnya selalu aku tulis haha makanya dorong troli sambil pegang pulpen ama kertas#eh kerajinan apa pelit?

  46. dekmaniezt says:

    itsmearni said: sekalian aja pake lidi yang dipotong kecil2trus diiket karet

    wakakakakakaaa….kalo yang ini, pampers diitung 5 juga kagak bakal ketawan :))))

  47. dekmaniezt says:

    depingacygacy said: Krn ga ditulis tanggal promonya, aku ttp dapet harga promo dah hehe

    *mengikuti saran mahdep dengan seksama*

  48. @dekboleh ngikut, tp byr sendiri2 yo

  49. depingacygacy said: kalo beda harga antar spm mah biasa mba arie. Yg nyebelin kan beda harga di rak sama di kasir….Regal, lbh murah di toko langganan mba. Bisa selisih 1500-2000an.Sekarang aku jg gt, brg2 yg sering beli jd apal, yg ini di sini lbh murah, yg itu di sono aja belinya hehehe…

    iya mah maksute beda harga di kasir ama di rak itu yang 800 perakcuma lucunyah, satu produk ituh, selisih harga di kasir dan rak terjadi melulu tiap aku beli di salah satu supermarket, dan salah satu minimarket, pernah aku tulis tu di postingan… beli beberapa hari lalu kog belum berubah juga terjadi beda harga, berarti kan stockroom-nya yang eror gak ngedit harga yang bener di kompi tah

Leave a Reply

