Trotoar Untuk Siapa ?

 

Trotoar Jakarta

Jakarta dengan segala isinya
Gedung-gedung pencakar langit, kemacetan dimana-mana, rumah elit bersanding manis dengan perumahan kumuh dipinggirannya, mall dan pasar becek dan tentu saja trotoar yang dipenuhi pejalan kaki, pedagang kaki lima dan……………………………… motor

Yups, tak salah baca kok, MOTOR !!!
Di Jakarta yang biangnya macet ini, bukan pemandangan aneh lagi melihat motor-motor melintas di trotoar. Banyak pengendara motor yang mengambil jalan pintas melewati kemacetan dengan naik ke trotoar, berebut tempat dengan para pejalan kaki yang seharusnya jadi pengguna utama disana.

Untuk urusan ini suatu hari saya pernah ribut sama pengendara motor lho *berantem kok pamer*
Jadi ceritanya saya khan setiap hari jalan kaki dari kantor menuju ke stasiun Sudirman, tempat saya naik kereta arah Bogor, rumah saya. Nah saat saya jalan di trotoar, menikmati Jakarta sore, bersama para pejalan kaki lainnya tiba-tiba dibelakang saya terdengar teeett…toottt….teett…toott… berkali-kali diiringi teriakan

“WOIIII……MINGGIR DIKIT DONG……….
Wah darah saya langsung ke ubun-ubun deh haha, spontan saya noleh trus gak kalah galak
“INI TROTOAR, PAK ! BUAT PEJALAN KAKI BUKAN BUAT MOTOR !
“HALAH, SOK DISIPLIN BANGET SIH, KLO SAYA MAU LEWAT SINI TERSERAH SAYA DONG
“EH, JELAS-JELAS BAPAK YANG SALAH KOK GALAKAN SITU SIH ? YA, KLO BAPAK BILANG TERSERAH BAPAK, BERARTI TERSERAH SAYA JUGA DONG MAU JALAN SANTAI, KHAN TROTOAR INI MEMANG HAK SAYA. KALAU MASIH MAU RIBUT, HAYUK KE DEPAN AJA, KEBETULAN ADA POLISI TUH, MAU NGELES KAYAK APA JUGA TETEP SITU YANG SALAH KOK,” Saya tantangin aja sekalian
Si Bapak langsung mingkem, mukanya merah nahan kesel, trus kabur cepat-cepat sambil ngomel

Trotoar Jakarta


Nah, begitu deh. Bukan sekali dua kali keributan seperti ini terjadi di trotoar Jakarta. Selain yang saya terlibat langsung, saya juga sering melihat keributan macam ini terjadi. Entah apa yang di benak pengendara motor ini. Seenaknya mengambil hak orang lain, nyerobot jalur pejalan kaki. Padahal kalau di jalan raya, jalur motor diambil oleh pengendara mobil, maka pengendara motor juga ngamuk-ngamuk. ckckck….giliran punya sendiri diserobot marah, tapi dengan sadar juga sering nyerobot hak orang lain hehe

Baiklah temans… sekian misuh-misuh hari ini
Saya cuma mau bilang, kalau saja semua berada dijalurnya, semua disiplin, semua sadar akan hak dan kewajibannya, betapa indahnya hidup

note : poto diambil tadi pagi, ditengah kemacetan Casablanca
Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Percikan and tagged . Bookmark the permalink.

129 Responses to Trotoar Untuk Siapa ?

  1. rirhikyu says:

    mberrrrrridem koq keselnyablum lagi kl sesama pengguna jalan malahan nutupin jalan*nungguin bus tapu menuh2in trotoar, kadang gw tabrakin aja :p kl di permisiin kaga mo minggir

  2. ipie says:

    iya… bikin kesel tuh…. kadang suka pada nentang arah juga…

  3. setujuu… mending diprotes daripada didiemin terus… sekilas klo liat pengendara motor di jalan yg lancar, jadi kayak nyamuk… ramee.. terus jalannya belak belok gak karuan, sesuka mereka..hhmm..

  4. itsmearni says:

    rirhikyu said: mberrrrrridem koq keselnyablum lagi kl sesama pengguna jalan malahan nutupin jalan*nungguin bus tapu menuh2in trotoar, kadang gw tabrakin aja :p kl di permisiin kaga mo minggir

    ho ohternyata ada yang sehati sama sayatoss ah keselnya sama bumil 😀

  5. andiahzahroh says:

    itu bapaknya ngaburnya lewat trotoar juga apa turun ke jalan mbak?kereen deh! salutmeskipun…..misua termasuk pelaku juga nihkadang nyerobot lewat trotoarpadahal udah diingetin berulang kali buat mematuhi tata tertib lalu lintas: jangan lewat trotoar! jangan jalan sebelum lampu hijau nyala! jangan ngebut2!tetep aja -_-

  6. itsmearni says:

    ipie said: iya… bikin kesel tuh…. kadang suka pada nentang arah juga…

    yups…. emang ngeselin banget dahapalagi nentang arahsalahnya dobel-dobel tuh ckckck

  7. itsmearni says:

    iahsunshine28 said: setujuu… mending diprotes daripada didiemin terus…sekilas klo liat pengendara motor di jalan yg lancar, jadi kayak nyamuk… ramee.. terus jalannya belak belok gak karuan, sesuka mereka..hhmm..

    Iya, klo didiemin keenakan dehsekali-sekali ketemu pejalan kaki yang galak (kayak saya)minimal khan jadi kenang-kenagan buat merekayang semoga jadi mikir-mikir klo mau ngulang hal yang sama

  8. itsmearni says:

    andiahzahroh said: itu bapaknya ngaburnya lewat trotoar juga apa turun ke jalan mbak?kereen deh! salutmeskipun…..misua termasuk pelaku juga nihkadang nyerobot lewat trotoarpadahal udah diingetin berulang kali buat mematuhi tata tertib lalu lintas: jangan lewat trotoar! jangan jalan sebelum lampu hijau nyala! jangan ngebut2!tetep aja -_-

    kaburnya masih ditrotoar juga, tapi pas ketemu turunan depannya langsung turunbiasanya khan ada yang ketemu turunan, kejalan, trus naik trotoar laginah yang kasus saya itu ternyata cukup bikin dia keder untuk naik lagi hahahaSaya juga tiap hari naik motor sama suami, mbaktapi ya saya berkalai-kali bilang ke dia, jangan naik trotoartrus saya juga bilang ‘coba, sekali-sekali posisikan diri sebagai pejalan kaki, pasti pengen jalan dengan nyaman khan?nah, sejauh ini sih suami masih nurut ndak sampe naik trotoar semacet apapun jalanannyakhan memang resiko pengendara kendaraan ketemu jalan macetmau lancar, jalan kaki aja dan siap-siaplah pegel hahaha

  9. orangjava says:

    Arni, seandainya disini jepret dan fotonya kirim kekantor Polisi, kena denda gede atau malah SIM bisa dicabut….

  10. fendikristin says:

    orang-orang jakarta mungkin tingkat stress-nya uda tinggi kali ya Mbak..jadi dikit2 marah dikit2 marah..kangen suasana di bali yang bener2 tertib di jalan..sampe klakson aja nga pernah kepake :p

  11. mywolly says:

    Hahaha… Enaknya sekalian di keplak palanya mbak…. Di bandung juga kalau macet motor udah mulai naik trotoar, untungnya belum pernah kejadian kayar mbak Arni, kalau sampe kejadian, beneran aku toyor pake batu bata palanya.

  12. andiahzahroh says:

    itsmearni said: kaburnya masih ditrotoar juga, tapi pas ketemu turunan depannya langsung turunbiasanya khan ada yang ketemu turunan, kejalan, trus naik trotoar laginah yang kasus saya itu ternyata cukup bikin dia keder untuk naik lagi hahahaSaya juga tiap hari naik motor sama suami, mbaktapi ya saya berkalai-kali bilang ke dia, jangan naik trotoartrus saya juga bilang ‘coba, sekali-sekali posisikan diri sebagai pejalan kaki, pasti pengen jalan dengan nyaman khan?nah, sejauh ini sih suami masih nurut ndak sampe naik trotoar semacet apapun jalanannyakhan memang resiko pengendara kendaraan ketemu jalan macetmau lancar, jalan kaki aja dan siap-siaplah pegel hahaha

    saya terutama suka ngingetin: kalo ada yang mau nyebrang, kasih jalan dulu —> soalnya sendirinya suka nggak bisa nyebrang di jalan gede :pkalo sama saya berani naik trotoar, udah saya cubitin tuh sambil omelintapi kalo dia lagi sendiri, entahlah.. *angkat bahu, tarik napas

  13. rudal2008 says:

    Menarik sekali ceritanya mba, Kejadian serupa tidak hanya di jakarta, tapi ada dimana-mana di indonesia.Masalahnya ada banyak org indo sudah terdidik berbuat sesuka hati, jadi trotoarpun dipergunakan utk kendaraan umum. Kita ngotot, kita yg dimusuinnya…Intinya tidak ada kesadaran dari multifungsi peraturan dari pengguna jalan.

  14. rengganiez says:

    wuuu sering banget tuh dulu berantem ama tukang ojek yang nglanggar satu arah, sepanjang jalan kebon sirih itu, jalan Sabang…hampir tiap hari berantem, karena selalu dikagetkan dengan bel motor. Gw kalo dikagetin., langsung naik tanduk hehehe

  15. siantiek says:

    pernah juga tu negur pengendara motor yg begitu.Ngambil hak orang eh galakan dia :S

  16. martoart says:

    Tulisan ini mengingatkanku pada tulisan lamaku,kKalo mo baca sila klik di sini: http://martoart.multiply.com/journal/item/17/Go_To_Hell_Pedestrian

  17. aghnellia says:

    wuih mantap deh mba arni ngomelnyaa! suami ku juga kadang suka naek trotoar! dah sering diomelin tp tetep aja bandel..huhuhuhu..

  18. jampang says:

    hiks….pernah naik trotoar juga… *kalau kepepet

  19. Disini trotoar lagi dilebarin Niru kayak di Solo

  20. saturindu says:

    moga2 udah lega, habis misuh2 :))jakarta dengan segala kemacetannya, seringkali memicu stress yah. seperti yang tampak pada pengendara motor, yang nekad memintas jalan milik pejalan kaki. mungkin itu merupakan salah satu manifestasi stress mereka.saya sendiri tak bs membayangkan kl hidup di belantara jakarta. 🙂

  21. tintin1868 says:

    kudu sabar deh para mengguna trotoar dimari.. ku biasanya ga mo minggir tuh.. kan itu jalan punya kita? balas sambit kali disambit mereka..

  22. itsmearni says:

    orangjava said: Arni, seandainya disini jepret dan fotonya kirim kekantor Polisi, kena denda gede atau malah SIM bisa dicabut….

    klo dinegara denan tingkat kesadaran berlalu lintas yang bagus kejadian kayak gini mungkin gak ada ya. mbah 🙂

  23. itsmearni says:

    fendikristin said: orang-orang jakarta mungkin tingkat stress-nya uda tinggi kali ya Mbak..jadi dikit2 marah dikit2 marah..kangen suasana di bali yang bener2 tertib di jalan..sampe klakson aja nga pernah kepake :p

    hahaha iyaaaaaaayang saya bingung itu justru yang salah marahnya lebih galak dari yang bener

  24. itsmearni says:

    mywolly said: Hahaha… Enaknya sekalian di keplak palanya mbak…. Di bandung juga kalau macet motor udah mulai naik trotoar, untungnya belum pernah kejadian kayar mbak Arni, kalau sampe kejadian, beneran aku toyor pake batu bata palanya.

    wakakakantar jatohnya saya kena pasal kekerasan pula

  25. itsmearni says:

    andiahzahroh said: saya terutama suka ngingetin: kalo ada yang mau nyebrang, kasih jalan dulu —> soalnya sendirinya suka nggak bisa nyebrang di jalan gede :pkalo sama saya berani naik trotoar, udah saya cubitin tuh sambil omelintapi kalo dia lagi sendiri, entahlah.. *angkat bahu, tarik napas

    qiqiqiqidemi tertib lalu lintas dan kenyamanan bersamajadi istri galak dikit gpp kok mbak *dijitak suami*

  26. itsmearni says:

    rudal2008 said: Menarik sekali ceritanya mba, Kejadian serupa tidak hanya di jakarta, tapi ada dimana-mana di indonesia.Masalahnya ada banyak org indo sudah terdidik berbuat sesuka hati, jadi trotoarpun dipergunakan utk kendaraan umum. Kita ngotot, kita yg dimusuinnya…Intinya tidak ada kesadaran dari multifungsi peraturan dari pengguna jalan.

    Nah itu diayang bener malah dimusuhindisalah-salahintau deh logikanya gimana hehehe

  27. itsmearni says:

    rengganiez said: wuuu sering banget tuh dulu berantem ama tukang ojek yang nglanggar satu arah, sepanjang jalan kebon sirih itu, jalan Sabang…hampir tiap hari berantem, karena selalu dikagetkan dengan bel motor. Gw kalo dikagetin., langsung naik tanduk hehehe

    percayaaaaaaaaaaaaaaaasaya percaya klo mbak niez sering berantem wakakakanah, saya itu marah khan juga karena dikagetin itu mbak ;p;p

  28. itsmearni says:

    siantiek said: pernah juga tu negur pengendara motor yg begitu.Ngambil hak orang eh galakan dia :S

    hayukkkkk semangkaaaaajangan biarkan mereka seenaknya menindas hak kita, pejalan kaki 😀

  29. orangjava says:

    itsmearni said: klo dinegara denan tingkat kesadaran berlalu lintas yang bagus kejadian kayak gini mungkin gak ada ya. mbah 🙂

    Gak ada, hanya naik Trotoir kalau mau Parkir….itu saja tak boleh mengganggu PEJALAN KAKI…

  30. siasetia says:

    itsmearni said: Saya cuma mau bilang, kalau saja semua berada dijalurnya, semua disiplin, semua sadar akan hak dan kewajibannya, betapa indahnya hidup

    semua masuk surga bukkk…..

  31. Jakarta emang gak ramah buat pejalan kaki…

  32. *Bersyukur masih di Semarang yg relatif sedikit lebih ramah buat pejalan kaki*

  33. orangjava says:

    pingkanrizkiarto said: Jakarta emang gak ramah buat pejalan kaki…

    Polisi lalulintas kemana??

  34. enkoos says:

    Gak cuma di Jakarta, karena di Surabayapun juga begitu. Nyebelin sangat.

  35. Aku sampe dah bosen ngomel ama bikers model gini, ga pake ngomong skrg, aku acungin jari tengah aja, kalo ga ya kukasi jalan tapi kepalanya kusampluk koran atau buku sambil ngomel pendek ‘motor tu tempatnyaw di jalan raya bukan trotoar begok!’

  36. enkoos says:

    srisariningdiyah said: Aku sampe dah bosen ngomel ama bikers model gini, ga pake ngomong skrg, aku acungin jari tengah aja, kalo ga ya kukasi jalan tapi kepalanya kusampluk koran atau buku sambil ngomel pendek ‘motor tu tempatnyaw di jalan raya bukan trotoar begok!’

    huahahahahahaha ….mbak Arie top markotopp!!!!Kalau ada payung, sampluk pake payung, biar nyaho.

  37. itsmearni says:

    martoart said: Tulisan ini mengingatkanku pada tulisan lamaku,kKalo mo baca sila klik di sini: http://martoart.multiply.com/journal/item/17/Go_To_Hell_Pedestrian

    wah lucu bener anak-anak itu xixixibentar mbah, saya meluncur ke link nya yaaaaaaaaa

  38. itsmearni says:

    aghnellia said: wuih mantap deh mba arni ngomelnyaa!suami ku juga kadang suka naek trotoar! dah sering diomelin tp tetep aja bandel..huhuhuhu..

    wakakakakajangan-janagn yang say omelin itu papanya Aghnat yaks hihi

  39. anotherorion says:

    heeh klo macet bawaannya jadi senewen emang mbak

  40. itsmearni says:

    rirhikyu said: ikutan pasang link kayak mbah marto ahhhhhttp://rirhikyu.multiply.com/journal/item/678/TROTOAR_

    eh ternyata pernah ngejurnalin yang kayak gini tahbaiklah buk, saya meluncur ya

  41. myshant says:

    ehm….dulu waktu nyepedah ke kantor, kalau macet berat, daripada disenggol motor suka naik ke trotoar siy, tapi dituntun dong 🙂

  42. itsmearni says:

    jampang said: hiks….pernah naik trotoar juga… *kalau kepepet

    jiahahahahakamu ketahuaaaaannnnnnnn

  43. itsmearni says:

    bambangpriantono said: Disini trotoar lagi dilebarinNiru kayak di Solo

    mantep tuhmakin nyaman buat pejalan kaki 🙂

  44. *menyimak misuh2 dgn serius*bagoss. Pemngendara motor perlu dikasi pelajaran. hehee. Klo trotoar dipake buat jualan gmana donk? hiks.

  45. moestoain says:

    itsmearni said: Saya cuma mau bilang, kalau saja semua berada dijalurnya, semua disiplin, semua sadar akan hak dan kewajibannya, betapa indahnya hidup

    Setuju

  46. rembulanku says:

    ndek semarang banyak mbak kek gitu, apalagi kalo pas banjir wah pasti trotoar jadi serbuan motortapi paling nyebelin saat liat trotoar disulap jadi kios yg didirikan oleh produsen rokokurrrghhh…….

  47. orangjava says:

    rembulanku said: ndek semarang banyak mbak kek gitu, apalagi kalo pas banjir wah pasti trotoar jadi serbuan motortapi paling nyebelin saat liat trotoar disulap jadi kios yg didirikan oleh produsen rokokurrrghhh…….

    Nduk ning kenen ora iso, ora ono IZiN…disita…

  48. itsmearni says:

    saturindu said: moga2 udah lega, habis misuh2 :))jakarta dengan segala kemacetannya, seringkali memicu stress yah. seperti yang tampak pada pengendara motor, yang nekad memintas jalan milik pejalan kaki. mungkin itu merupakan salah satu manifestasi stress mereka.saya sendiri tak bs membayangkan kl hidup di belantara jakarta. 🙂

    sekarang udah lebih lega mas :-)ya kadang kesel memenag harus dikeluarin sih yamaaf jadinya teman2 kebagian baca misuh-misuhnya saya heheIya nih, pengen terdampar ke Batam ajayang lebih tenang dan damai hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s