Ayam Betutu

Ayam Betutu

Ayam Betutu made by order

Bahan:

* 1 ekor  ayam
* Daun singkong muda secukupnya, rebus hingga lunak
* 5 sdm minyak, untuk menumis
* Daun pisang/aluminium foil, untuk pembungkus

Bumbu halus :

* 5 buah cabe merah dan 5 rawit (bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera)

* 5 buah kemiri, disangrai
* 10 buah bawang merah
* 1 sdt terasi
* 5 buah bawang putih
* 1 sdm ketumbar, disangrai
* 1½ sdm serai, diiris halus
* 2 sdt merica bulat
* 1 ruas lengkuas dicincang
* ½ sdt pala bubuk
* 2 ruas jari kunyit, dicincang
* 4 lembar daun jeruk purut
* 2 ruas jari jahe dicincang
* 2 ruas jari kencur dicincang
* garam dan gula menurut selera

Sebaiknya sih bumbu diulek manual, biar gak terlalu halus, klo diblender akan menghasilkan bumbu yang terlalu halus, rasanya akan beda.

Cara Membuat:

  1. Kukus ayam utuh setengah matang
  2. Tumis bumbu halus hingga wangi.  Angkat dan dinginkan.  Bagi menjadi dua bagian.
  3. Campur satu bagian bumbu dengan daun singkong.  Masukkan dalam rongga badan ayam.   Sisa bumbu gunakan untuk melumuri badan ayam yang telah dikukus setengah matang pada permukaan ayam dan di bawah kulit.
  4. Bungkus ayam yg telah dilumuri bumbu dengan daun pisang, semat ujungnya dengan lidi
  5. Kukus ayam kurang lebih 45 menit
  6. Angkat lalu panggang hingga matang.

Catatan : Proses pemanggangan bisa dilakukan saat betutu akan dihidangkan sehingga aromanya keluar dan menggugah selera.  Klo yang diposting diatas sih bikinnya malam sampai tahap ngukus aja, pagi2 baru dipanggang saat mau dianter ke konsumen

Klo gak mau repot bikin, order aja ke saya yaaaa

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Resep and tagged . Bookmark the permalink.

82 Responses to Ayam Betutu

  1. siasetia says:

    eh ini pepes ayam ya? hmmm disini pakai kemangi buk

    • itsmearni says:

      hmmm…mirip pepes ayam
      tapi klo ini dalamnya dikasi sayuran berbumbu gitu
      terus pakenya ayam utuh

      klo pake kemangi rasanya jadi Jawa/Sunda
      bumbu khas Bali gak kenal kemangi 🙂

      • seniorjowo says:

        Ach daun singkong adanya dikaleng, kagak enak Arni, ini sih ayam LUX..bumbunya banyak banget….orang Jejeran Sleman makan ayam goreng hanya pake garam, seekor seorang, makanya kawan²ku dimasakin Opor ayam, kalau makan matanya pada merem melk…wekkekekek, apalagi ex Bossku….

        • itsmearni says:

          waduuuu cuma dipakein garam apa enaknya
          tapi makans ehat kali ya jatohnya, mbah

          Nah klo Indonesia khan memang dari Sabang-Merauke tuh masakannya penuh rempah
          berani bumbu klo kata orang kita

  2. BuPeb says:

    kayaknya emang gw kudu beli kukusan yg gede deh

  3. tinsyam says:

    daku bikin gini ga pake kencur loh.. ga pake dikukus dulu ayamnya setengah matang.. langsung balur bumbu dan langsung kukus.. baru panggang..
    kaya bumbu di sumatera, ga kenal kencur.. kencur cuma di jawa dowang.. apalagi yang masakan sunda..
    jadi pengen rasain versi arni ini deh.. yang bikin ibu ya?

  4. tinsyam says:

    eh itu pake sambel terasikah?

  5. ayanapunya says:

    ayamnya harus satu ekor gitu ya, mba? ga bisa dipotong-potong gitu?

  6. Ely Meyer says:

    ngileeerrrrrrrrrr lihat fotonya 😛
    jadi laper nih mbak aku, tak sarapan dulu ah 😛

  7. Larasati says:

    waahhh enak neh keknya…..perlu dicobaaaaaaaaaa

  8. Reta says:

    Mbak Ar… request plecing kangkung donk .. ntar yak klo main ke rumah mbak arni 🙂

  9. nengwie says:

    Gantinya daun Singkong apa yah? disini pan susaaah kadang ngga nemu itu daun singkong.
    Lagi mikir bikin apa buat nanti hidangan lebaran haji selain Gulai Kambing..eh ada resep ini..hhhmmm kayanya bakal bikin tamu tamu bertanya2 resepnya..*
    mudah2an enak buatnya seenak yg mbak Arni buat*
    nuhun ya buat resepnya 🙂

  10. nengwie says:

    eh itu saosnya buatnya gimana mbak Arni?
    pengennya mah pesen, tapi apa dayaaaa jauuuuh..:(

    • itsmearni says:

      ndak pake saos mbak
      itu yang diplastik masih bumbunya juga
      jadi nanti ayamnya dipotong-potong, taro sayuran diatasnya trus diguyur pake bumbu itu

  11. Ry says:

    Bagusss ya siang-siang ada yg ngajak ngiler…..

    *minta pertanggung jawaban sama Mama Prema

  12. jadi mo pesen… 😀

  13. rayaadawiah says:

    sa tiaaaamaaau taaau..
    poke kalo sa kesana kita bikinkan ayam bejinian,aunthy 😀

  14. heran deh, ini WP aku follow, tapinya kok postingannya gak nongol di bagian reader-ku ya ?
    malah tahunya dari link di MP
    ayamnya menggiurkan, gak perlu ke Bali kalau mau pesen ayam betutu, cukup ke Bogor 🙂

    • itsmearni says:

      nah kenapa tuh
      tapi aku juga kek gitu lho
      aku follow WP nya Bupeb
      tapi ndak masuk dihalaman readerku
      apa yang salah ya?

      Mbak Shanti bulan depan ya ke Jakarta
      ntar kopdaran yuksssss

  15. Ina says:

    mmmhhh…. contek resepnya aja yah, klo pesen disono kan jaoooh

  16. Agamfat says:

    kalau bikin sate lilit bisa? dulu aku suka makan bali di bebek bengil atua bebek bali, sekarang mereka ada dimana ya?

  17. welly says:

    order ke malang bisa ga buat makan siang nih, laper

  18. mba, ijin nyontek yaa 🙂

  19. home page says:

    Very revealing, looking onward to returning

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s