Tum Ayam Khas Bali

Tum Ayam Khas Bali

Dapat dipesan sesuai selera
Pedas, Sedang, Tidak Pedas

Bahan  :

  • Ayam 1/2 kilo
  • Kelapa 1/2 butir, buat santan kurleb  ¾ gelas
  • Telur 1 butir
  • Daun pisang secukupnya

Bumbu :

  • Bawang merah 8 butir
  • Jahe 1 ruas
  • Bawang putih 3 siung
  • Sereh 1 batang
  • Cabe rawit sesuai selera tingkat kepedasan
  • Cabe merah besar 3 biji
  • Salam 5 lbr dipotong bagi 4 perlembarnya
  • Lada 5 butir
  • Terasi ½ sdt
  • Kemiri 4 butir
  • Garam ½ sdm
  • Kencur ¼ ruas

Cara Membuat :

  1. Fillet daging ayam lalu cincang
  2. Bumbu dihaluskan kecuali sereh dan daun salam
  3. Bumbu-bumbu dicampur dengan daging ayam, ditambah santan dan telur.
  4. Bungkus adonan dengan daun pisang, Setiap lembaran diberi potongan daun salam lalu diisi adonan.  Bungkus berbentuk seperti bungkus tape, sematkan dengan lidi agar tidak lepas
  5. Kukus kurang lebih 45 menit, hingga matang.  Ditandai dengan tidak beruapnya lagi daun pisang pembungkus
  6. Siap dihidangkan

Note :

Untuk sekitar 15 buah

Yang malas bikin silahkan order aja ke saya ya

Ada beberapa resep yang mencampurkan adonan ini dengan kelapa parut muda, silahkan modif sesuai selera.

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Resep and tagged . Bookmark the permalink.

31 Responses to Tum Ayam Khas Bali

  1. mamah depin says:

    mirip gadon ya buk *nelen liur

  2. Ely Meyer says:

    waduh mbak, aku belum sarapan lagi nih, jd laper lihat foto di atas 🙂
    sdh lama nggak makan yg dipepes begitu kayak bothok, jadi pengen juga 🙂

  3. ah iya, spt kata MahDep, yg pake’ santan gini biasanya namanya gadon, dan dagingnya adalah daging sapi cincang. pengen nyobain ah, tapi ntar dimasukin ke pinggan tahan panas aja yg dialasi dan ditutup daun pisang 😀
    *gak telaten bungkusin satu-satu, biasanya bikin garang asam ayam jg gak dibungkus*

  4. tinsyam says:

    kaya gadon juga kaya botok.. 😀

  5. tinsyam says:

    keren nih bisa kumpul resep masakan bali dimari..

  6. rudalboy says:

    Terimakasih Resepnya mba Arni, Jadi kepingin makan masakan bali.

  7. penuhcinta26 says:

    Makacih resepnya, Arniii…cobain ah.

    • itsmearni says:

      Budget dengan komposisi sesuai resep :

      Ayam 1/2 kilo = +/- 16.000
      santan = +/- 3000
      Telur = 1.000
      Daun Pisang = 10.000
      Bumbu-bumbu = +/- 10.000

      Total sekitar 40.000
      ditambah pengeluaran gas saat mengukus

      =================

      Dengan pengeluaran sebesar itu, perbungkus djijual 3.500
      Total pendapatan (belum dikurangi modal) Rp. 52.500
      untungnya tipis banget sih, tapi klo dijual lebih dari itu ntar gak laku 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s