Batik Roll Cake, karena batik tak sekedar kain

Batik konon katanya adalah Ba-risan Ti-tik yang disusun sedemikian rupa menjadi karya seni indah dan menjadi budaya masyarakat Indonesia. Kata batik mempunyai beberapa pengertian. Menurut Hamzuri dalam bukunya yang berjudul Batik Klasik, pengertian batik merupakan suatu cara untuk memberi hiasan pada kain dengan cara menutupi bagian-bagian tertentu dengan menggunakan perintang. Zat perintang yang sering digunakan ialah lilin atau malam.kain yang sudah digambar dengan menggunakan malam kemudian diberi warna dengan cara pencelupan.setelah itu malam dihilangkan dengan cara merebus kain. Akhirnya dihasilkan sehelai kain yang disebut batik berupa beragam motif yang mempunyai sifat-sifat khusus

(diolah dari berbagai sumber)

Jaman dahulu batik benar-benar dikerjakan secara manual dengan tangan, yang kemudian dikenak sebagai batik tulis. Betapa butuh kesabaran, cita rasa seni yang tinggi serta imajinasi yang luar biasa untuk mengerjakan selembar kain batik. Tak heran bila harganya melambung tinggi, sepadanlah sama prosesnya. Dalam perkembangannya teknologi membantu membuat batik dalam jumlah banyak sekaligus sehingga harganya menjadi lebih murah yang kemudian dikenal sebagai batik cap. Tentunya kualitas dan cita rasa seninya berbeda

Baru-baru ini, saya mendapat kiriman gambar dari seorang kawan, lewat postingan facebooknya kawan saya mengirim gambar ini

image

Duh maknyess rasanya. Melihat motif khas Indonesia seenaknya saja diakui oleh pihak lain hiks
Semoga tidak terulang lagi

Intronya udah kepanjangan nih, padahal tadi niatnya mau cerita soal batik roll cake. Jadi ya, dengan semangat melestarikan batik Indonesia selaligus memperkenalkan ke mata dunia, para penggiat kuliner yang super kreatif itu mulai mengaplikasikan motif batik ke atas cake buatannya. Tentu saja ini manual ya, sebandinglah sama batik tulis #maksadeh

Lalu saya ikut-ikutan deh mencobanya, ternyata asyik lho melukis batik diatas cake itu. Ada tantangan dan kebahagiaan tersendiri saat melukis dan melihat hasilnya. Yah…. Karena saya baru belajar jadi BRC buatan saya memang belum sebagus buatan para tukang kue profesional, ya lumayanlah buat ukuran pemula macam saya 🙂

image

image

Dan ini beberapa BRC buatan saya ; mega mendung, parang, dll. Masih harus latihan nih ngeluwesin jari

image

image

image

Ada yang mau bantuin saya ngeluwesin jari? Pesen BRC yuk ke saya, makin banyak yang mesen makin sering jari saya ngebatik jadi makin luwes deh

Ou, maafkan, ujung-ujungnya malah promo 🙂

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Berbagi, Home, Resep and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

