Ketika Prema jadi tukang Palak

Jadi ya, bu RT saya yang baik hati dan tidak sombong itu setiap hari lewat  depan rumah ketika mengantar cemilan atau makan siang buat karyawannya. Ceritanya bu RT ini punya usaha cuci motor/mobil yang dikerjakan rangkap oleh mas-mas dan akang ojek disela-sela kerjaan ngojeknya. Lumayanlah hasilnya daripada bengong nungguin penumpang, bisa disambi ngelayanin nyuci motor/mobil warga perumahan

Nah karena lewat setiap hari, jadi ya kami sering bertemu. Daaaan Prema dong ih, hari minggu kemaren pas liat bu RT lewat bawa tentengan ujug-ujug tanya

“tante bawa apa itu?”
“pisang goreng, prema mau?”
“mau, boleh minta ndak?”
“oh boleh dong.”
“Makasi tanteeee.”
Dan berpindahlah 3 potong pisang goreng dari wadah bu RT itu

Lalu pagi tadi kejadiannya berulang.
Bu RT lewat lagi. Eh, Prema nyeletuk “tante bawa pisang goreng lagi ya?”
Modus banget khan pertanyaannya.

Waaaaaaa aduh Prema, emaknya khan gak enak hati. Itu tiap lewat bu RT kena palak. Kali ini 2 potong pisang goreng pindah alamat lagi kesini. Kayaknya besok-besok bu RT bakalan muter lewat jalan berbeda deh biar gak kena palak atau minimal ngintip dulu sebelum lewat, Prema lagi diteras atau tidak hahahaha

Dan inilah pisang goreng hasil malak, kebetulan punya sambel jadi makannya dicocolin sambal. Tak ada sambel roa, sambal terasipun jadi. Hmm enak juga ya pisgor gratisan.

image

Menyoal cara makan pisang goreng dengan dicolek sambal ini buat sebagian orang mungkin agak aneh. Tapi buat yang pernah tinggal di Sulawesi ini udah biasa. Buat orang Manado biasanya dimakan dengan sambal roa, itu jenis ikan khas Manado. Sementara di Kendari, Buton dan beberapa kota lainnya biasa dimakan dengan sambal terasi atau sambal tomat. Disana apa saja disambelin, pisang goreng, ubi/singkong goreng, jagung rebus dll. Pokoknya apa aja dicolekin sambal. Rasanya… Hmmm yummy deh. Perpaduan manis dari pisang, gurih dari tepung dan pedas asem dari sambal. Enak banget.

Oh ya karena saya kebetulan lahir dan besar di Kendari, jadi ya lidah saya sangat-sangat merindukan penganan ini. Hari ini kangen saya terobati πŸ™‚

Jadi siapa yang kangen makan pisgor + sambel?

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Home, keluarga kecilku, Percikan and tagged . Bookmark the permalink.

12 Responses to Ketika Prema jadi tukang Palak

  1. Ria says:

    Hahahah Prema tuh ada-ada aja deh, emaknya udh ketar-ketir aja di dalem rumah kan…..

  2. nengwie says:

    Untung ngga bilang “tanteee jangan pisang goreng melulu doong, ada yg lain ngga..??” Hahhaha

    Belum pernah makan yg manis2 pakai Sambel πŸ™‚

  3. enkoos says:

    Qiqiqiqiqiqi… kecil kecil udah bisa malak, belajar dari siapa yaaaaaa πŸ˜›

    Asik Arni, mulai sering cerita di blog.

    Kalau di Surabaya, makan [hampir] apa aja, dicocolin sambel petis. Pisang gorenglah, bakwan gorenglah, tahu gorenglah, singkong gorenglah, ubi gorenglah, macem macem deh.

    • itsmearni says:

      Hahaha suwer deh bukan emaknya yang ngajarin #ngumpet

      Ah ya ya bener mbak evia
      Suamiku juga bilang gitu, dia kham lama disurabaya, makanya pas ketenu aku yang makan apa aja dicocolin sambel dia gak kaget lagi, cuma beda jenis sambelnya aja
      Sampe sekarang nih suamiku masih tergila-gila sama tahu petis dari surabaya lho

      • enkoos says:

        Petisnya enak ya.
        Aku nyari petis Surabaya di sini, susahhhhhh. Gak ada yang jual. Kapan hari pengumuman di sebuah grup komunitas perantau Indonesia di US, ada yang berbaik hati ngirim.

        Ada yang jual, tapi buatan Filipina, entah rasanya bagaimana. Yang aku cari merek khusus keluaran Surabaya, petis udang ny. Siok. Enak banget.
        Mau bawa dari Indonesia, kuatir dilarang. Kan nggak boleh bawa makanan ke sini [US]. Sebenernya gak apa apa, asalkan bukan barang segar [buah2an, sayur2an, biji2an yang siap ditanam], gak mengandung daging [sapi, ayam, kambing dsb]. Sea food nggak apa2, tapi aku udah parno duluan.

    • itsmearni says:

      Oh ya tentang blog, sebenarnya yang aku posting disini hampir sama dengan facebook, tapi disini versi lebih panjangnya. Klo di facebook khan biasanga posting foto trus dikasi caption pendek aja. Trus akunya juga mikir, posting diblog lebih mudah penelusurannya dibanding facebook, kudu nyekrol panjang dan gak nyaman buat mata. Klo di blog khan udah terkelompok per kategori dan tags, plus kayaknya lebih asik aja buat dibaca-baca lagi kelak
      *Haiyaaaah kemenong aje saya bati nyadar setelah mati suri blognha hampir 2 tahun hahahaha*

  4. omnduut says:

    Yakin Bu RT-nya malah seneng “dipalaki” πŸ™‚
    Nah baru tahu kalo makan pisang bisa pake sambel haha. Eh tapi aku pernah coba sih makan pisang pake cuko pempek, dan… gak enak hwhwhw

    • itsmearni says:

      Haha tadi pagi bu RT nya malah nawarin duluan oom, sebelum dipalak Prema
      Haaaa…. Pake kuah pempek kayaknya emang bakalan aneh deh, soalnya khan asem2 gitu
      Eh tapi klo ikan teri goreng tepung dimakan pake kuh pempek enak lho Oom, cobain deh, bakal ketagihan πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s