Bolu kukus fancy

“Yeaaaaay…..!” Prema teriak girang saat melihat salah satu dari 80 biji bolu kukus yang saya buat ada yang pecah alias mekar seperti bolu kukus pada umumnya.
Kenapa girang? Karena itu artinya Prema boleh icip-icip *emak pelit*

Iya. Bolu kukus kali ini memang sengaja dibuat mingkem, karena permukaannya mau dilukis berbagai karakter.
Jadi selain batik roll cake, fancy roll cake atau charpao, ini salah satu kue lagi yang bisa dibuat beragam karakter untuk menarik perhatian anak-anak.

image

Nah sejak pertama matang, Prema udah merajuk mau icip tapi saya larang dan bilang “nanti ya, klo ada yang pecah baru Prema boleh maem, soalnya ini dihitung, Nak.” Oh poor Prema, tapiย  dianya nurut lho. Makanya pas ada yang mekar satu, Prema senaaaaang banget.
Padahal mah ini memang sengaja saya lebihin sih bikinnya buat antisipasi kejadian tak terduga seperti pecah atau kena pajak Prema kayak tadi. Tapi ya memang harus sampe akhir dulu to baru ketahuan, takutnya ternyata yang pecah banyak dan Premaย  kadung makan yang utuh ya repot urusannya ๐Ÿ™‚

image

Jadi ceritanya ini salah satu isi goodybag ulang tahun Prema, bersama macaroni panggang, puding coklat strawberry jagung dan sekotak susu UHT, dan sekotak lagi bebentoan nasi kuning dan teman-temannya.
Khusus bolu kukus ini ternyata dapat respon yang lumayan wow dari teman-teman Prema dan para emaknya. Iya saya agak norak-norak bergembira gitu deh jadinya ketika kemarin sore dan pagi ini beberapa emak temennya Prema pada WA ke saya nanyain soal si bolkus ini dan nanya-nanya harganya berapa yang berujung orderan #horeeee

Lha ini kepanjangan preambulenya deh. Niatnya mau sharing resep padahal. Siip… Ini dia resepnya

image

*********

Bahan
3 butir telur
250 gr gula pasir
300 gr terigu
200 ml susu cair
1/2 sdt BP
1/2 sdt Emulsifier

Cara membuat
1. Kocok gula + telur + sp + BP sampe mengembang, kurang dari 10 menit
2. Masukkan terigu dan susu bergantian sambik aduk rata
3. Bagi adonan jadi beberapa warna, masukkan piping bag. Masukkan dalam cetakan, gambar sesuai selera
4. Kukus 10 menit dengan api sedang

Tips :
1. Pakenya telur dingin dan susu dingin ya biar gak mekar
2. Jangan kelamaan ngocok juga biar gak over mix yang bikin kue jadi kempes saat dingin
3. Tata adonan dalam kukusan agak rapat agar tak ada ruang untuk mekar. Contohnya kayak digambar dibawah ini

image

*********

Ou… Resep ini saya dapatkan dari tabloid sedap entah tahun berapa yang saya padukan dengan beberapa resep hasil nanya eyang google. Nah dibeberapa resep jumlah cairannya hanya 150 ml saja. Pas saya coba, menurut saya adonannya kekentalan, jadi saya modif resepnya dengan menambahkan 50 ml lagi sehingga menjadi 200 ml. Buat saya adonannya pas segini, kuenya lebih terasa ringan dan empuk. Plus jadinya lebih banyak yang pastinya bikin saya lebih senang hahahaha

Ok deh… Itu dia resepnya
Jangan salahkan saya klo pada ketagihan ya ๐Ÿ™‚
Selamat mencoba

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Home, Resep and tagged . Bookmark the permalink.

31 Responses to Bolu kukus fancy

  1. Ria says:

    Takjub juga deh ihh liatnya ….
    Jangankan Prema, aku aja mau nungguin yg ga mekar lho mbak ๐Ÿ˜€

    #ktawasenang

  2. nengwie says:

    Waaah lucuuuu… pengen nyobain juga aaah.. Oh ya itu digambarnya waktu kapan mbak..??

  3. ayanapunya says:

    lucu-lucu kuenyaa. jadi sekarang bolu kukus nggak papa ya kalau nggak mekar. hihi

    • itsmearni says:

      Hehe iya. Ini bolkus anti mainstream deh. Eh tapi ya, kadang aku gagal lho bikin ini, kebolak balik, pas pengen mekar jadi mingkem tapi pas pengen mingkem jadi mekar hihi

  4. Aaakh lucu itu bolu kukusnya :3 Doraemon doraemon ๐Ÿ˜€

  5. omnduut says:

    Aku gak tega makan makanan selucu itu *dibikin jelek dulu mbak, baru mau hahaha

  6. Yunorina says:

    Ini satu resep jadi berapa ya? Makasih mbak….pengen nyoba. Gemes.

  7. yulianti says:

    Mba aku mau buat kue bolu mingkem 50 porsi. Takaran bahan bahan nya segimana ya, trs telur nya brpa?

Leave a Reply

