Kartini, dalam Perayaan anak TK

Ibu kita kartini
Putri sejati
Putri Indonesia
Harum namanya

Wahai Ibu Kita Kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia

————

image

“Ibu, pahlawan itu apa? “tanya Prema, 5 tahun 1 bulan, kemarin sepulang sekolah.
“Pahlawan itu orang yang baik, yang berjasa buat negara Indonesia,” jawab saya
“berjasa itu apa?”
“hmm…. Berjasa itu berbuat yang baik untuk orang banyak. Kenapa memangnya, darimana Prema dengar kata pahlawan?”
“ituuu…kata ibu guru ibu Kartini itu pahlawan, jadi nanti tanggal 21 April hari kartini,”
“Trus disuruh ngapain?”
“Disuruh pake pakaian adat. Gak boleh terlambat sekolah. Acaranya jam 8. Gak usah bawa bekal, bawa minum aja,” panjang lebar Prema menjawab

Dan tibalah hari ini. Cah bagus saya bangun pagi penuh semangat. Mau pakai pakaian adat katanya. Sarapan dengan cepat, mandi kebut, lalu sibuk mengingatkan saya untuk menyelesaikan pekerjaan rumah lebih cepat agar tak terlambat ke sekolah.

image

Oke sip. Prema siap sekolah. Setibanya di sekolah, Prema senang sekali melihat teman-temannya dengan pakaian adat dari beragam daerah di Indonesia. Lengkap dari ujung barat ke timur. Semua pulau terwakili. Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Maluku, semua ada. Mata Prema berbinar melihat kehebohan disekolahnya. Ada panggung buat “fashion show” ada spot buat foto-foto cantik lengkap dengan Oom fotografernya. Pokoknya seruuuu.

image

Diawali dengan sesi foto masing-masing perorangan. Lalu foto beramai-ramai lengkap dengan para guru, dilanjutkan dengan foto grup per kelas bersama wali kelas masing-masing dan ibu kepala sekolah. Dan akhirnya sampai ke acara puncak, fashion show.
Bagian ini seru. Menyaksikan ekspresi polos anak-anak. Senyum malu-malu. Wajah manyun, ngambek, penuh semangat, dan sebagainya yang semya tampak murni, tanpa rekayasa dan kepura-puraan. Anak-anak yang akan membawa keragaman bangsa ini dimasa depan, dalam persatuan dan kesatuan yang saling menguatkan satu sama lain. Ditimpali oleh komentar ibu MC yang menjelaskan satu persatu tentang pakaian adat yang dikenakan para murid. Wah ini mah ibu-ibu yang hadir juga ikutan belajar tentang budaya daerah di Indonesia, jadi tahu beragam pakaian adat di negara kita yang kaya budaya ini.

image

image

image

Demikianlah. Sementara orang dewasa diluar sana sedang sibuk memperdebatkan “kenapa Kartini?”
“kenapa bukan dewi sartika, cut nyak dien, HR rasuna said dll yang diabadikan tanggal lahirnya?
“sebenarnya jasa utama kartini itu apa to? Hanya karena surat-suratnya yang dipublikasikan oleh sahabatnya yang justru berasal dari negara penjajah, kenapa malah dia jadi pahlawan?
“lihatlah cut nyak dien dan para pahlawan wanita lainnya, karya nyata mereka jelas, perjuangan melawan penjajahnya juga begitu membekas dalam ingatan, lalu kenapa tak ada peringatan tertentu?”
Dan sejuta perdebatan lainnya yang tak kunjung habis dan terus berulang setiap tahun.

image

Lihatlah di sekolah-sekolah. Salah satunya di sekolah Prema ini. Anak-anak tersenyum ceria memupuk persatuan dalam perbedaan. Mengenal pakaian adat berbagai daerah. Berbeda-beda tetapi tetap satu. Bhineka tunggal Ika. Mereka tak peduli akan perdebatan orang dewasa. Yang pasti mereka bahagia, ceria dan mendapatkan pengetahuan tambahan yang semoga saja bisa menumbuhkan nasionalisme sebagai orang Indonesia. Semoga pengalaman ini menjadikan anak-anak itu pribadi yang menghargai perbedaan, yang menjadikan keragaman sebagai pengkayaan hati, tak mengkotak-kotakkan satu sama lain.

Mereka tak tahu apa itu emansipasi. Mereka tak tahu apa itu habis gelap terbitlah terang, kecuali saat lampu menyala setelah pemadaman *lirik PLN*
Yang mereka tahu hari kartini berarti saatnya ceria bersama, memupuk semangat dan tampil manis.

Dan Prema pulang dengan bahagia, membawa piala. Diatas motor dia berkata, “Prema suka hari kartini, semuanya jadi baik, teman-temannya ganteng-ganteng, cantik-cantik pakai pakaian adat. Trus dapat kue sama hadiah. Besok hari kartini lagi ya, ibu.”

Iya. Sesederhana itu. Hari Kartini dalam benak anak TK.

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Home, keluarga kecilku and tagged , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Kartini, dalam Perayaan anak TK

  1. alrisblog says:

    Keren ya anak2 dengan pakaian berbagai daerah.
    Saya teringat kenangan anak saya dulu. TKnya juga di Bogor.

  2. 0mali says:

    Keren nih, banyak varian baju daerahnya (y)

  3. faziazen says:

    malah ada beberapa ibu yang mengeluh
    hari kartini, harus sewa baju, pakein make up untuk anak cewek
    duit lagi..duit lagi..

    • itsmearni says:

      Semua hal pasti ada dua sisi kok
      Yang gak ngeluh bukan berarti pasti setuju terutama klo urusan duitnya (coba gratis pasti gak pada nolak deh hihi) tapi lebih kepada menikmati dan mengambil hikmah, jalani saja dan jadikan sebagai ajang melatih mental anak-anak, melatih keberanian tampil didepan umum dan mengenalkan berbagai budaya Indonesia
      Jadi ya balik lagi, gak semua hal bisa menyenangkan semua pihak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s