Sawut Singkong, Penganan Murah Meriah

Siapa yang tak kenal singkong?
Hampir semua orang Indonesia pernah menikmati singkong entah sebagai makanan pokok maupun cemilan pendamping teh, kopi atau susu.

Tanaman yang termasuk dalam kelompok umbi-umbian ini memang kaya manfaat. Ragam pengolahannya juga bermacam-macam.

Rebus, goreng, bakar, sebagai bahan dasar cake dan sebagainya yang menjadikan singkong naik kelas menjadi makanan istimewa.

image

Tercatat setidaknya ada 7 manfaat singkong, antara lain :
1. Sumber Serat
Singkong juga dapat menurunkan kadar trigliserida serta menjadi sumber serat yang bagus. Hal itu membuat singkong dapat menurunkan risiko penyakit stroke, jantung, kanker usus besar serta membantu mengendalikan diabetes. manfaat singkong ini didapatkan dengan cara kukus atau rebus.

2. Sumber Karbohidrat
Singkong memiliki jumlah kalori dua kali lipat lebih banyak dibandingkan kentang. Jadi tidak salah bila singkong menjadi salah satu makanan pokok sebagai sumber karbohidrat. Di dalam 100 gram singkong, terkandung 160 kalori, yang sebagian besar terdiri dari sukrosa.

3. Protein Tinggi
Singkong lebih rendah lemak bila dibandingkan sereal dan kacang-kacangan. Namun, singkong juga memiliki kandungan protein yang tinggi dibandingkan kentang dan pisang.

4. Vitamin K
Singkong mengandung vitamin K yang berfungsi dalam membangun masa tulang. Vitamin K juga dapat melindungi dan berperan penting dalam pengobatan pasien Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak.

5. Vitamin B kompleks
Tanaman yang satu ini juga merupakan sumber dari vitamin B kompleks dan kelompok vitamin seperti riboflavin, folates, thiamin, piridoksin (vitamin B-6) dan asam pantotenat. Riboflavin dapat membantu dalam pertumbuhan tubuh serta memproduksi sel darah merah untuk mengurangi anemia.

6. Mineral penting
Singkong juga merupakan sumber mineral yang penting bagi tubuh, antara lain magnesium, seng, tembaga, besi, dan juga mangan. Selain itu, Jumlah kalium pada singkong bermanfaat sebagai komponen penting pembentukan sel tubuh serta mengatur tekanan darah. Berdasarkan penelitian yang dilansir Affleap  manfaat singkong sebagai penurun kadar kolesterol jahat dalam darah.

7. Melancarkan pencernaan

Kandungan Insoluble Fiber atau Serat pada singkong tidak larut dalam Air. Serat jenis ini membantu memperlancar proses buang air besar, serta dapat menyerap dan membuang toksin dalam usus, sehingga pencernaan menjadi sehat.

Sumber  7manfaat

Udah nih panjang aja pengantarnya. Hitung-hitung belajar mengenal makanan yang masuk ketubuh kita ya. Sip lah sekarang langsung aja keresepnya.

image

Sawut singkong

Bahan :
500 gr singkong
150 gr gula merah
1/2 sdt garam
1 lembar daun pandan

Pelengkap
Kelapa parut (muda) secukupnya

Cara membuat :
1. Kupas dan cuci bersih singkong, lalu parut kasar
2. Sisir halus gula merah
3. Campurkan singkong parut, gula merah dan garam, aduk rata. Kukus bersama daun pandan kurang lebih 20 menit
4. Sementara itu beri garam secukupnya pada kelapa parut, aduk rata, kukus

image

Penyajian :
Ambil sesendok singkong yang telah dikukus, beri topping kelapa parut
Siap dinikmati sebagi sarapan atau pendamping minum teh sore

Selamat menikmati

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Home, Resep and tagged . Bookmark the permalink.

12 Responses to Sawut Singkong, Penganan Murah Meriah

  1. AmeL says:

    aku sukanya singkong thailand mba arni.. suka bikin juga kah? aku pertma aliat foto singkongnya itu kaya cucurut ya! hahahah

    • itsmearni says:

      Hahaha jujur aku juga sekilas sempet mikir sama mbak, nampak kayak curut
      Btw mbak amel nyebut singkong thailand, jadi kepengen bikin nih, masih ada sisa singkong kemaren

  2. jampang says:

    pernah nyoba tapi baru tahu namanya suwut 😀

    sekarang saya seringnya makan kripik singkong

  3. faziazen says:

    😀 makasi resepnya
    biasanya cuma bikin singkong goreng

  4. putri yahya says:

    keripik ketela enak mbak, singkong juga enak dibikin kripik,

    • itsmearni says:

      Huaduh klo kripik saya milih beli deh, nyerah ngiris dan gorengnya
      Lagian itu berbahaya klo rajin bikinnya, bikin lupa diri pas makan, susah berhenti hihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s