Serba Serbi 17-an

Huff…. Postingan telat nih. Satu minggu berlalu pasca 17 Agustus, tulisannya baru tayang. Selain memang baru sempat, kemarin-kemarin antrian postingan juga padat. Yang ini gak termasuk skala prioritas karena tulisan lain dikejar deadline buat lomba. Tapi gak apa-apa deh, masih bulan Agustus khan ini.

Acara 17-an selalu rame dengan lomba yang unik-unik. Sebut saja lomba makan kerupuk, balap karung, joget, getak jalan, pawai budaya dan lain-lain yang selalu menyenangkan. Tak jelas sejak kapan lomba-lomba seperti ini dilakukan dan entah apa korelasinya memperingati kemerdekaan dengan lomba makan kerupuk misalnya, tapi satu yang pasti lomba seperti ini menciptakan kebersamaan, menghadirkan kekompakan, memupuk kekeluargaan dan melatih persaingan secara sehat.

image

TK tempat Prema sekolah juga tak mau ketinggalan mengadakan lomba dalam rangka memeriahkan kemerdekaan. Lomba dilakukan pada hari kamis dan jumat, 13 dan 14 Agustus 2015. Lucu melihat anak-anak usia TK berlomba. Beragam polah mereka, dari yang semangat bersaing sampai yang ngambek juga ada. Aneka lomba yang dilakukan antara lain : memindahkan balok, mengisi air kedalam botol, merangkai kertas dan makan donat. Selain melatih motorik kasar anak-anak, mengasah kejujuran, penyelenggaraan lomba juga menumbuhkan sportifitas, siap menang dan siap kalah.

image

image

image

Ibu-ibu juga tak mau kalah. Ada juga lho lombanya. Kami diminta meronce karet gelang. Bayangkan puluhan ibu duduk berjejer dilantai meronce karet, yang paling panjang dia pemenangnya. Diiringi sorak sorai anak-anak dan para guru, semuanya semangat. Ternyata tak mudah lho meronce karet itu. Apalagi dengan waktu yang terbatas. Salut saya sama salah satu ibu yang jadi pemenang, berhasil meronce 73 karet dalam waktu 1 menit. Dahsyat. Saya, hanya dapat 53 hehehe.
Selanjutnya ada lomba memasukkan paku ke dalam botol. Dari belakang tentunya ya. Seru aja ngeliat ibu-ibu megal megol ngepasin paku dengan mulut botol. Kocak deh pokoknya. Hadiahnya mungkin gak seberapa ya, tapi kebersamaannya itu yang tak ternilai.

image

image

Dilingkungan perumahan lain lagi. Sejak pagi 17 Agustus, setelah anak-anak pulang dari upacara bendera di sekolah masing-masing, semua warga tumpah ruah ke lapangan. Aneka lomba telah disiapkan antara lain menusuk balon dengan mata tertutup, makan kerupuk, lari bendera, makan pisang, balap karung (anak-anak dan ibu-ibu) serta futsal untuk anak-anak dan bapak-bapak. Senang rasanya melihat kekompakan warga RT kami. Semua ceria dan menikmati acara demi acara.

image

Malam harinya acara masih berlanjut. Ramah tamah hari kemerdekaan yang diisi dengan makan malam bersama seluruh warga dan tentu saja pembagian hadiah. Seluruh rangkaian acara dilaksanakan dalam kebersamaan oleh warga. Dari kita, oleh kita dan untuk kita semua. Anak-anak senang, orang tua juga senang.

image

Dari serba Serbi 17-an ini saya menangkap banyak makna. Orang tua yang biasanya sibuk dengan pekerjaan, hari itu bergerak bersama memeriahkan acara. Berbaur dalam keseruan. Mungkin disinilah makna kemerdekaan sesungguhnya. Bukan sekedar mengibarkan sang saka merah putih atau menyanyikan lagu Indonesia Raya. Tapi lebih kepada memaknainya dengan menciptakan perdamaian. Memupuk sportifitas melalui lomba. Mengajarkan anak-anak agar terus bersemangat. Menang kalah bukan soal, bahwa semua butuh proses dan didalamnya ada pendewasaan untuk semua. Menekan ego pribadi, karena kebersamaan ada diatas segalanya.

Semoga setiap tetes darah pejuang yang tumpah dibumi pertiwi ini tak sia-sia. Tugas kita adalah menjaga negara yang telah diperjuangkan ini. Merawat keindahannya, melindungi dari tangan-tangan jahil dan sampah yang berserakan, melawan mereka yang mengadu domba dan memecah belah persatuan.

Semoga damai damai dan damai selalu
Dirgahayu Indonesia ke 70
17 Agustus 2015

image

Kepada Sang Saka Merah Putih
Hormaaaaat Grak!

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Home. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s