Ayam Kemangi

Olahan ayam selalu menarik dan bikin lidah bergoyang. Rasanya hampir semua orang suka makan menu berbahan dasar ayam, dengan berbagai variasi masakan. Salah satu menu favorit di keluarga kami adalah ayam masak kemangi.
Selain mudah membuatnya, tingkat kepedasan bisa disesuaikan sesuai selera tanpa menghilangkan rasa khas kemanginya.

image

Bahan :
1 kg ayam, dipotong sesuai selera, balur dengan jeruk nipis dan garam
1 ikat daun kemangi segar, petik daunnya
2 batang daun bawang, iris
2 lembar daun salam
2 batang serai, memarkan
2 lembar daun pandan, iris

Bumbu :
8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
5 biji cabe merah
Cabe Rawit utuh secukupnya
Gula dan Garam secukupnya
2 sdm minyak untuk menumis
2 gelas air

image

Cara membuat :
1. Ulek kasar bumbu, kecuali rawit
2. Panaskan minyak, masukkan bumbu halus bersama serai, daun salam dan daun pandan. Tumis hingga harum
3. Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna
4. Beri air, cabe rawit utuh, garam dan gula. Masak hingga air mengental dan ayam matang. Gunakan api kecil – sedang agar air tak cepat habis dan ayam benar-benar matang empuk.
5. Terakhir masukkan daun bawang dan daun kemangi. Masak sebentar. Angkat.
6. Ayam kemangi siap dihidangkan.

**********

Penambahan cabe rawit bertujuan untuk menyesuaikan dengan selera pedas anggota keluarga. Karena Prema juga suka makan ayam kemangi, maka saya selalu memasak versi tidak pedasnya. Jika ada yang ingin pedas, silahkan ngeremet rawit yang ada, lalu aduk atau cocol bersama ayam. Ini solusi yang pas agar tak perlu repot memasak untuk anggota keluarga dengan selera berbeda. Cukup sekali masak, semua bisa menikmati.

Buat penggemar masakan Manado, ayam kemangi ini cita rasanya Manado sekali. Paling pas dimakan bersama tumis kembang pepaya atau sayur tumisan lainnya. Apalagi ditambah kerupuk, dijamin makan bakalan nambah terus deh

Happy cooking πŸ™‚

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Resep and tagged , . Bookmark the permalink.

14 Responses to Ayam Kemangi

  1. Hem mantappp, waktu yang tepat sekali saat siang2 baca postingan ini hahaha… Kalau saya tidak usah di masak udah suka bu. Maksudnya, ayamnya di goreng terus kemangi dijadikan lalapan dan sambel pedas. Sudah enak banget tuh haha

  2. nengwie says:

    Waaaah pengeeeen… Hatur nuhuun buat resepnya, nanti kalau pengajian sesekali buat aah, cuma Kemanginya nih yg hrs diganti, basilikum juga ngga apa-apa kali ya..??

  3. Coba ahh..spertinya haujek *__*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s