Segarkan Jiwa Bebaskan Ekspresi dengan Piknik

Eh, piknik yuk,”
“Kemana?”
“Kemana aja. Gunung, pantai, kebun raya, taman nasional, kebun binatang, terserah yang penting bisa refreshing biar gak stress.”
“Hayuklah. Siapa takut!”

********

image

Dan begitulah. Piknik memang bisa dilakukan dimana saja. Kalau dulu piknik itu identik dengan menggelar tikar di alam terbuka lalu diatasnya tertata rapi aneka penganan seperti roti dan buah dalam keranjang cantik, makanan dalam rantang susun, beragam minuman manis, rasanya sekarang tak banyak kita temui yang benar-benar berpiknik seperti itu. Saat ini piknik lebih berkembang menjadi liburan, jalan-jalan, wisata kuliner, bermain dan sejenisnya. Pokoknya apapun yang bisa menjadi obat bagi jiwa raga yang lelah dan penat oleh beban pekerjaan dalam keseharian.

Kami sekeluarga suka liburan. Ya iyalah rasanya semua orang memang suka ya. Dari yang sekedar refreshing ke taman dalam kota seperti di Sentul City, santai di kebun raya, bermain air di waterboom, iseng-iseng rafting di sungai kecil sampai yang agak jauhan dikit dan butuh tenaga ekstra seperti mendaki menuju kawah gunung bromo.

image

image

Liburan kami juga tak melulu nginep di hotel dengan sarapan prasmanan yang bebas milih apa saja, ada sesi liburan yang tak kalah seru karena dilakukan di alam terbuka, yaitu camping. Tidur didalam tenda, beralas matras, dibawah pohon-pohon rindang yang menambah sejuk suasana, menghangatkan diri dengan api unggun, memasak ramai-ramai bersama sahabat dan tentu saja bangun pagi bersama kicauan burung dan disambut oleh mentari yang merasuk di sela pepohonan.

image

Liburan adalah saat membebaskan raga dari kepenatan. Saatnya menampilkan diri dalam kebebasan berekspresi. Setelah hari-harimu penuh dengan segala tetek bengek pekerjaan, maka liburan adalah obat lelahnya. Banyak orang yang dalam keseharian tampak serius dan jarang tersenyum tapi saat liburan ternyata bisa rame, ngocol bahkan memiliki kadar narsis diluar dugaan. Beberapa bos besar jaman saya masih ngantor dulu kayak gini nih, pas dikantor galaknya minta ampun, eh saat liburan jaimnya nguap entah kemana, seru abis deh. Dan begitu masuk kantor hari berikutnya, suasana jadi lebih cair dan tak jaim lagi tapi tetap profesional. Jadi tak salah memang ungkapan “kurang piknik” ditujukan buat mereka yang bawaannya jutek, nyinyir dan ngeluh melulu. Haha.

Trus trus kalau ditawarin liburannya nginep dihotel mau gak? Ya maulaaaaaah….
Siapa yang bakalan nolak nginep di hotel. Apalagi kalau hotelnya adalah Padjajaran suite hotel, yang merupakan salah satu hotel terbaik dikawasan Bogor. Biar kata sehari-hari kami tinggal di Bogor ya, gak bakal nolak deh diajakin nginep dihotel. Khan beda ya boook rasanya tidur dirumah sama dihotel. Apalagi dengan fasilitas lengkapnya yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Lha ini orang Bogor, mau ngapain liburan di Bogor?
Weits jangan salah, Bogor punya sejuta pesona. Banyak spot cantik yang siap dieksplore dan belum sempat kami datangi. Bogor selalu mengundang para pelancong dengan ragam-ragam wisatanya dari wisata budaya, wisata alam, wisata sejarah sampai wisata kuliner.

Ada Kampung Budaya Sindangbarang yang siap menyajikan aneka pertunjukan budaya khas Bogor dan Jawa Barat. Aneka permainan dan tari tradisional disajikan disini. Salah satu destinasi wisata yang belum kesampaian nih buat kami, entah kenapa selalu saja ada kendalanya setiap berencana kemari. Ada kebun raya yang sangat luas untuk penyegaran paru-paru. Dan tak kalah menarik aneka jajanan khas Bogor. Melipirlah sepanjang jalan surya kencana didepan kebun raya. Pasar tradisionalnya menyajikan aneka buah segar dan olahan khas yang memanjakan lidah. Soto kuning khas Bogor, laksa, toge goreng sampai macam-macam kue tradisional. Untuk kelas restoran, jangan ditanya lagi deh, Bogor ini pusatnya wisata kuliner. Dari makanan khas Sunda sampe ala-ala bule yang makannya pasta-pastaan dan cake nan lezat. Ini semua bisa kita temukan dalam satu paket perjalanan dikawasan taman kencana.

image

Mau wisata museum juga ada. Sepanjang sisi kebun raya, berjajar museum dengan cirinya masing-masing. Untuk menambah pengetahuan tentang alam sekitar ada museum zoologi, herbarium dan museum tanah.
Atau mau museum sejarah, berkunjunglah ke museum perjuangan dan museum PETA. Didalamnya tersaji berbagai diorama yang menceritakan sejarah perjuangan bangsa ini.

Wisata alam juga bertebaran di Bogor. Kawasan Puncak salah satu yang paling terkenal. Selain itu, karena dikelilingi oleh pegunungan, maka aliran air dari gunung banyak yang jatuh dengan cantik dalam bentuk curug. Tak bakal cukup waktu sesaat untuk menikmati wisata alam Bogor. Jadi, meskipun kami tinggal di Bogor, masih banyak banget tempat yang belum kami kunjungi dan tentu saja wajib masuk dalam daftar liburan sesi selanjutnya. Liburan bersama keluarga dan orang-orang tercinta yang selalu menyenangkan. Karena, keluargaku adalah tim liburan seruku.

Jadi, sudahkah anda liburan?

*********

Tulisan ini disertakan dalam lomba blog piknik itu penting

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Home, Lomba and tagged , , . Bookmark the permalink.

17 Responses to Segarkan Jiwa Bebaskan Ekspresi dengan Piknik

  1. ayanapunya says:

    Wah jadi pengen ikut lombanya

  2. arip says:

    Piknik emang bukan soal ‘dimana’ dan ‘kemana’, tapi lebih dengan ‘siapa’-nya.
    *Lalu baper karena belum punya pasangan* 😦

  3. Alris says:

    Nginap di alam terbuka dengan tenda itu memberikan sensasi yang beda.

    • itsmearni says:

      Betuuul. Memang beda rasanya
      Anak aku, Prema, excited banget dan terus-terus nanya kapan kemping lagi
      Emak bapaknya serasa mengulang kisah jaman masih sekolah dan kuliah dulu hehe

  4. omnduut says:

    Kalo mumet, cara efektif itu ialah dengan piknik hahaha.

    Suka foto2nya mbaak 🙂

  5. Bener banget mbak, liburan tuh gak harus melulu nginep di hotel. Sesekali boleh laa senengin paru-paru kemping di alam :DDD

  6. murtiyarini says:

    Terimakasih partisipasinya. Pengumuman diundur tgl 20 okt. goodluck.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s