Etiket Sehari-hari dalam Tulisan dan Gambar

image

Judul buku : 20 Kebiasaan Baik ; Cerita Etiket Sehari-hari
Cerita oleh : Watiek Ideo
Ilustrasi oleh : Lenny Wen, Christian Setiadi, Daud Budi Surya N, Innerchild, Sisca Anggraeny
Penerbit : PT Bhuana Ilmu Populer

————————

Hari ini, Mama mengajak Flo berbelanja ke supermarket.
“Mama mau beli buah dulu ya,” ujar Mama
Sambil menunggu, Flo tertarik saat melihat sebuah keranjang dorong. “Aha!”
Dan tak lama kemudian, terdengar teriakan
“wuhuuuu!”
Syuuuuuut!
Hingga akhirnya…
Brak!
Krompyang!

Etiket :
Bermain-main dengan keranjang dorong itu berbahaya dan bisa membuat celaka

image

****

Petikan cerita diatas adalah salah satu dari 20 kebiasaan baik yang ada dalam buku ini. Ditampilkan dalam kisah sederhana khas anak-anak, pemilihan kata dan bahasa yang mudah dipahami dan tentu saja ilustrasi menarik penuh warna menjadikan buku ini langsung menarik perhatian bagi anak-anak untuk membacanya. Dan yang paling utama adalah sarat makna dan pesan moral dari setiap ceritanya

image

Kisah-kisah yang diangkat juga sangat kekinian. Sebut saja tentang bermain dengan kereta dorong di supermarket seperti cerita pembuka tadi, adalah hal yang sering dilakukan anak-anak jaman sekarang. Dimana tak banyak anak yang mengenal pasar tapi hafal lika liku berbelanja di supermarket dan tentu saja senang bermain kereta dorong yang kadang bukan hanya berbahaya buat si anak tapi juga buat orang lain disekitarnya.

Dibagian lain juga membahas etiket berada dalam lift. Jaman dulu mungkin etiket ini tak diperlukan, tapi sekarang ini sangat penting. Mall, perkantoran, hotel, restoran, terutama di kota-kota besar hampir semua menggunakan lift sebagai salah satu fasilitas penunjang. Maka sangat pas etiket ini ditampilkan dalam bahasa sederhana dengan gambar menarik yang mudah dipahami oleh anak, bahwa tombol lift bukan mainan.

Begitupun etiket tentang bagaimana menghargai orang yang lebih tua, bagaimana menyikapi kawan yang bercerita dan beragam etiket lainnya termasuk tentang membuang sampah dalam perjalanan. Jangan sampai mengganggu pengguna jalan yang lainnya. Ada pula etiket membezuk orang sakit, etiket saat menonton bioskop, etiket bertamu dan lain-lain yang semuanya sangat sesuai dengan kondisi terkini.

Secara umum buku ini sangat bagus. Pas buat menanamkan kebiasaan baik bagi anak-anak. Prema, 5 tahun, sejak awal buku ini datang tak sabar minta dibacakan cerita. Enaknya karena dilengkapi gambar dan bahasanya asyik, saya tak perlu ribet menjelaskan. Bahkan Prema yang baru belajar membaca juga excited sekali untuk membaca sendiri. Kemudian dia akan menceritakan isinya pada saya. Gambar yang sangat lugas juga sangat bercerita, sehingga bahkan buat anak yang belum bisa membaca sekalipun, gambarnya sudah cukup membuat anak berimajinasi membayangkan kisahnya. Ini juga terbukti pada Prema. Beberapa kisah tak dibaca olehnya, tapi dia bisa menceritakannya hanya dengan melihat gambar. Dan hasilnya hampir semua cocok. Buat cerita pengantar tidur buku ini sangat direkomendasikan.

Ada yang lucu, dihalaman 38, tentang etiket dalam berpakaian, digambarkan Windi dihadang penjahat ditengah jalan karena memakai perhiasan berlebihan, tapi penjahatnya ternyata mengenakan kostum Batman. Prema protes keras. Dalam bayangannya Batman itu baik, pembela kebenaran, kok yo disini jadi penjahat. Apalagi saat acara perpisahan di TK tahun lalu dia tampil menari dalam kostum Batman, wah makin gak terima dia Batmannya jadi jahat.
Jadi buat Oom ilustratornya, ayo dong ganti kostum penjahatnya *lirik Oom Christian Setiadi* hehehe

image

Menarik!
Dibandingkan memberi game dari gadget, jauh lebih menyenangkan mengisi waktu bersama dengan anak lewat buku. Membaca bersama sambil sesekali menyelipkan pesan moral adalah langkah awal menjadikan mereka pribadi yang baik dimasa depan. Buku ini bisa jadi salah satu pilihannya.

Mari Membaca 🙂

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in keluarga kecilku, Review and tagged , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Etiket Sehari-hari dalam Tulisan dan Gambar

  1. ayanapunya says:

    Wah bukunya keren! Mirip kayak

  2. ayanapunya says:

    Mirip kayak bukunya vb djenggoten itu konsepnya (komen sambungan)

    • itsmearni says:

      Hihi aku tadi pas baca komen pertama udah mikir kayaknya ini kepencet sebelum kelar deh

      Buku-buku seperti ini sangat diperlukan buat anak-anak jaman sekarang, pelajaran etika dalam kehidupan sehari-hari

  3. alrisblog says:

    Bukunya bagus. Buat pelajaran si kecil boleh nih.

  4. makasih info ttg buku ini mba, nanti kalau mudik coba cari boleh nih buat anak2. salam kenal mba.

    • itsmearni says:

      Halo salam kenal kembali mbak
      Terima kasih sudah mampir

      Iya, bukunya bagus banget
      Bahasanya mudah dicerna
      Topiknya sederhana dan langsung menyentuh kehidupan anak-anak kita

  5. Pingback: Menitip Pesan Kebaikan Lewat Cerita Pengantar Tidur | Tersenyumlah dan Semua Bahagia ………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s