Icip-icip Kerak Telor dan Membuat Ondel-Ondel Mini di Kampung Betawi

Ketika menyebut Betawi, apa yang pertama terlintas dibenak kita? Monas. Ondel-ondel. Abang none. Untuk makanannya, ada gado-gado, dodol betawi, asinan betawi, kerak telor dan tak ketinggalan bir pletok.
Nah, dalam rangkaian tour Setu Babakan di Kampung Betawi tempo hari, anak-anak diajak untuk melihat dan praktek cara membuat kerak telor dan ondel-ondel mini. Asyik khan?

image

Tak hanya anak-anak yang antusias. Orang tuanya juga ikut semangat dan penasaran lho. Maklum kurang piknik #eh
Jajanan betawi yang satu ini memang khas. Cara pembuatannyapun sangat unik. Hasil perpaduan beras dan telur yang diberi aneka bumbu, taburan serundeng dan ebi memberi cita rasa yang tak mudah dilupakan dan bikin nagih. Dipanggang dengan menggunakan tunggu tradisional, lalu ada sesi membalikkan wajan saat kerak telor sudah setengah matang sehingga keraknya langsung dipanggang diatas bara. Ini memberi aroma khas pada kerak telor itu

image

image

Tapi memang untung-untungan sih kali ya makan kerak telor ini. Kalau pas dapat yang enak rasanya susah berhenti ngunyah. Seperti yang di kampung betawi ini, rasanya enak dan gurih. Keraknya juga tebal tapi tetap empuk didalam garing diluar. Duluuuuu sekali, beberapa tahun lalu, saya pernah membeli kerak telor di arena PRJ, entah kenapa saya tak menikmatinya. Rasanya hambar, kering dan agak amis.
Khusus yang kemaren, saya kasi jempol deh kerak telor Bang Udin Ini. Enak. Prema aja sampai minta nambah.

image

Setelah melihat demo pembuatan kerak telor, anak-anak ditawarkan untuk membuat sendiri. Prema salah satu yang paling semangat tunjuk tangan untuk mencoba.

Saya mau buat sendiri!”

Jadilah dia bersama satu anak lagi, Kama, bekerjasama mencampur aneka bahan kerak telor. Asyik juga melihat anak-anak ini praktek. Sebenarnya saya juga pengen sih, sayang gak ada sesi buat emak-emak hehehe. Begitu kerak telornya jadi lalu diiris-iris membentuk segitiga, “kayak pizza aja ya!” kata Prema. Haha iya Nak, ini pizza betawi.

image

Puas membuat dan icip-icip kerak telor, selanjutnya adalah pengenalan aneka budaya betawi termasuk rumah adatnya. Nantilah ya diceritakan sendiri sesi ini, panjang soalnya. Langsung saja ke bagian seru berikutnya yang diadakan di zona embrio kampung betawi. Membuat Ondel-ondel mini.

image

Seperti pembuatan kerak telor, anak-anak juga bersemangat membuat ondel-ondel mini ini. Menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat seperti shuttlecock yang biasa digunakan dalam permainan bulu tangkis, kain perca aneka warna dan manik-manik.

image

Anak-anak serius banget mengikuti instruksi dari kakak-kakak pembimbing. Dari memakaikan kain untuk baju, lalu menempel lengan, hiasan dada, memberi mata, mahkota dan melukis alis, kumis dan bibir. Tahap demi tahap diikuti sampai akhirnya tarraaaaaa….. Ondel-ondelnya jadi deh.

image

Senang rasanya melihat keceriaan anak-anak ini. Bahagia itu tak harus dengan mainan mahal. Mainan tradisional seperti ondel-ondel ini selain mengenalkan budaya tradisional betawi juga melatih konsentrasi, ketekunan dan motorik halus pada anak. Tapi yang paling penting, memberi kebahagiaan dan keceriaan, karena masa kanak-kanak sejatinya adalah masa bermain. Bahwa ada pembelajaran karena memang setiap proses adalah belajar. Tinggal bagaimana mengemasnya menjadi menarik agar tak membosankan buat anak-anak.

Jadi, tak susah sebenarnya mengenalkan aneka budaya tradisional pada anak. Banyak cara yang bisa kita lakukan. Mengajak menonton pertunjukan musik, tari, lagu, mengenalkan pada alat musik tradisional, pakaian adat dan lain-lain. Intinya kenalkan Indonesia pada anak-anak kita. Ragam budayanya yang memesona adalah kekayaan tak terhingga. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikannya?

Mari cintai Indonesia dari hati.
Agar menjadi orang Indonesia yang berbudaya.

Salam Indonesia Raya

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Home, keluarga kecilku, Review and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Icip-icip Kerak Telor dan Membuat Ondel-Ondel Mini di Kampung Betawi

  1. Pingback: Memetik Pelajaran Dari Dongeng | Tersenyumlah dan Semua Bahagia ………

  2. Alris says:

    Saya berpikiran kalau tiap satu propinsi punya saku makanan yang mumpuni pasti lebih terkenal lagi makanan nusantara ini.

  3. musimbunga says:

    Premaaaa pinter hihi
    . Jadi kangen

  4. Pingback: Prema dan Panggung Festival Dongeng Indonesia | Tersenyumlah dan Semua Bahagia ………

  5. Pingback: Mendadak Betawi di Kampung Betawi Setu Babakan | Tersenyumlah dan Semua Bahagia ………

  6. Pingback: Mengenal Indonesia dari Dongeng Cinta Budaya | Tersenyumlah dan Semua Bahagia ………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s