Keceriaan Dari Panggung Festival Dongeng Indonesia

Kereeeeeen…..
Mantaaaap…..
Seruuuuuu……
Heboooooh…..
Ceriaaaaaa……

image

Semuanya adalah kata yang tepat buat menggambarkan acara Festival Dongeng Indonesia, 31 Oktober 2015 di Museum Nasional ini. Masih merupakan rangkaian dari Indonesia International Storytelling Festival 2015 yang pembukaannya dilaksanakan di Setu Babakan seminggu yang lalu, kali ini para pendongengnya didatangkan dari berbagai propinsi, komunitas dan negara. Ada Dakocan dari Lampung, ada kakak-kakak keren dari UI, komunitas kukuruyuk, belalang kupu-kupu, kata berkaki, Geppuk (Gerakan para pendongeng untuk kemanusiaan) dan tentu saja kakak-kakak keren dari ayo dongeng Indonesia. Masih ditambah lagi dengan kehadiran kak Ng Kok Keong dari Malaysia, kak Sheila Wee dari Singapura dan kak Jeeva Rhagunath yang sangat atraktif dari India.
Wuih pokoknya nyesel deh yang gak hadir.

image

image

image

image

image

image

Acara dikemas sangat menarik dan padat. Buat para orang tua yang pengen belajar bagaimana mendongeng yang baik dan mengenal seluk beluk dongeng agar bermanfaat ada sesi talk show, buat yang pengen bikin berbagai kreasi ada kelas kriya, buat yang pengen belanja-belanja juga ada lho bazarnya, dari aneka kerajinan tangan, majalah parenting sampai stand makanan. Selain dongeng dipanggung utama yang super ramai, ada dongeng yang lebih privat di taman cerita, tinggal pilih. Paket lengkap euy. Dijamin gak bakalan kemana-mana deh. Betah aja seharian disana.

image

image

Mengangkat tema “Dongeng Itu Baik” maka dongeng-dongeng yang dibawakan dengan sangat ekspresif sungguh sarat dengan pesan moral untuk kebaikan anak-anak Indonesia. Kisah-kisah persahabatan, kejujuran, kerjasama, pesan perdamaian, cinta dan kasih sayang dalam keluarga sampai kampanye stop kekerasan pada anak dan pesan untuk melindungi diri dari pelecehan seksual disampaikan dengan bahasa khas anak-anak sehingga mudah dicerna dan dipahami. Dongeng yang disajikan dengan fabel, kisah para binatang yang lucu, puppet show dan gambar-gambar ceria juga menjadi hiburan yang menyenangkan. Sesi hiburan seperti bernyanyi bersama, aneka tarian dan musik riang gembira adalah daya tarik lainnya.

image

Namun dibalik semua keceriaan itu, terselip sebuah kabar duka bagi dunia dongeng Indonesia. Pak Raden, beliau yang dikenal sebagai maestro dongeng dan idola anak-anak menghembuskan nafas terakhir tepat dimalam sebelum acara terselenggara, padahal beliau dijadwalkan untuk mengisi satu sesi dongeng disana. Indonesia kehilangan salah satu pahlawan dongeng. Selamat jalan pak Raden. Raga boleh pergi namun namamu khan tetap harum dihati kami. Terima kasih untuk masa kecil kami yang indah bersamamu. Terima kasih untuk semua ajaran kebaikan yang terselip disetiap pesan dongengmu. Selamat jalan. Selamat jalan.

The show must go on.
Ditengah kabar duka ini, kakak-kakak relawan tetap bekerja keras menyukseskan acara dan menjadikan sabtu kemarin menjadi hari yang ceria untuk anak Indonesia. Semoga setelah ini semua anak Indonesia makin mencintai dongeng. Makin mencintai seni bertutur dan mengambil kebaikan didalamnya.

Karena…
Dongeng itu baik
Dongeng itu menyenangkan
Dongeng itu membahagiakan
Dongeng itu ceria

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Home, Review and tagged , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Keceriaan Dari Panggung Festival Dongeng Indonesia

  1. Alris says:

    Bersyukur masih ada komunitas yang peduli untuk melestarikan dongeng. Keren.

  2. anazkia says:

    Hiks
    Semoga Pak Raden damai di sisi-Nya…

  3. Sepakat mbak, dongeng itu baik dan nenek moyang kita dahulu suka mendongeng. Hem saya juga mau belajar dongeng

  4. Pingback: Prema dan Panggung Festival Dongeng Indonesia | Tersenyumlah dan Semua Bahagia ………

  5. Pingback: Piknik Asyik Dongeng Seru | Tersenyumlah dan Semua Bahagia ………

  6. Pingback: Yuk, Main di Bogor! | Tersenyumlah dan Semua Bahagia ………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s