Prema dan Panggung Festival Dongeng Indonesia

Ehm… Seperti biasa nih, adaaaa saja kelakuan Prema yang bikin emaknya senyum, kaget, ngikik, terharu dan campur aduk deh pokoknya. Ceriwisnya itu lho. Selalu pengen tampil, senang bercerita, mencari perhatian dan super aktif.

Malam sebelumnya

Prema bobo yuk, besok khan pagi-pagi kita mau ke Museum Nasional.”
“Mau ngapain?”
Mau dengerin dongeng yang banyak.”
“yeaaaay asik, Prema suka dongeng.”

Sabtu pagi

Bergegas Prema bangun dan semangat sekali untuk mandi. Katanya mau buru-buru agar tak terlambat mendengar dongeng.

Museum Nasional

Kalau di Setu Babakan, Prema yang paling kenceng nyahut pas ditawarin membuat kerak telor, lantas semangat 45 bercerita (dan sok tahu) tentang cara membuat ondel-ondel, kali ini lagi-lagi Prema selalu paling rajin mengangkat tangan mengajukan diri setiap ada tawaran naik panggung atau tampil ke depan.

Nih ya, awalnya sih anteng aja dia. Terbahak saat dongengnya lucu. Menyimak serius saat dongengnya seru. Kehebohan dimulai ketika dongeng kak Ng Kok Keong dari Malaysia berakhir, lalu kak Dika dan kak Osi, duo MC yang kece, bertanya, “tadi dongengnya tentang apa ya, ada yang tau?”

Prema menjawab paling kenceng, “bawang bombay!”

image

Trus kedepan deh dia didapuk untuk bercerita.

Lanjuuuut….
Aksi berikutnya ketika kakak-kakak dari komunitas belalang kupu-kupu UI usai mendongeng. Lalu ada tawaran, “siapa yang mau nyanyi?”

Langsung deh disambut kenceng sama Prema, “Sayaaaaaa!”
Lha ini emaknya aja sampe kaget, ujug-ujug Prema berdiri dan siap bernyanyi

image

Namanya siapa?”
“Prema.”
“Rema?”
“Prema!”
“Erma?”
“P – R – E – M – A Prema, begituuu!” hihi dia sampe ngeja hurufnya
oh oke, Prema mau nyanyi apa?”
“Twinkle-twinkle little star.”

Haaaa?! Bengong lagi saya. Emang dia hafal lagunya? Dirumah khan dia jarang nyanyiin ini. Eh, ternyata bisa lho. Rame-rame tapinya sama para pengunjung haha.

Satu lagu kelar. Kirain mau duduk, eh pake acara minta nambah 1 lagu lagi. Ish…kayak makan aja pake nambah hehe. Kali ini lagunya “Pelangi”
Nyanyi bareng lagi deh.

Balik ketempat duduk, Prema senyum maniiiiis sekali ke saya sambil nanya, “ibu udah fotoin Prema tadi?” Ealah jiwa narsisnya kumat
“Udah.”
“Direkam juga ndak?”
“ada sih tapi cuma dikit, soalnya khan sambil foto juga, gak apa-apa khan?”
“Ok gak apa-apa.

Itu ya, ibu-ibu yang duduk disebelah langsung ngikik-ngikik dengar percakapan kami. Ibu ini juga kemudian ngingetin saya untuk merekam saat disesi berikutnya Prema lagi-lagi naik panggung dan nyanyi. “Rekam bu, inget rekam.”
“he eh….,” nyengir aja deh saya sambil mencet tombol kamera menjadi video.

Sudah?
Oh ternyata belum. Selagi menikmati dongeng, ada kakak cantik nyamperin saya.
bu, adik tadi namanya siapa?”
“Prema.”
“nanti bisa on cam sama saya ya bu.”

image

Hohoho ternyata kakak cakep ini dari CNN Indonesia yang lagi ngeliput. Jadilah sepanjang sesi berikutnya Prema berada dipangkuan kak Uti, menjawab pertanyaan dan berbagi cerita. Emakny kalah saing deh, mau aja tuh Prema dipangku dan dipeluk-peluk sama kak Uti. Langsung nemplok aja gitu. Tau aja ni bocah, mana yang wangi dan kinclong #emakpatahhati

Sudah?
Beluuuuuuuum.
Prema berbisik, “ibu Prema lapar, tapi maunya makan disini aja sambil dengar dongeng.”
Oke sip. Ayah membeli sekotak spaghetti dan asiklah dia mengunyah. Tak lama kak Dika dan kak Ozi memanggil pendongeng berikutnya yaitu kak Sheila Wee dari Singapura. Dimulai dengan pertanyaan, “ada yang tau bentuk patung singa di Singapura?”
“saya tahu saya tahu!” lagi-lagi ada yang teriak kenceng. Ehk, itu Prema lagi. Padahal saat itu dia posisi sedang makan lho.
Kak Ozy sampe bilang, “ih kamu melulu deh, yang lain dulu yaaaaaa.”
Ehm, maaf kak Ozy, Prema mah memang gitu orangnya ^^

image

Segitu aja?
Oh belum selesai ternyata.
Setelah sesi istirahat, berikutnya ada dongeng dari komunitas kata berkaki. Fyuuuh…. Lagi-lagi Prema kedepan saat kakak pendongeng menawarkan untuk memperagakan suara dan gerakan monyet. Hahaha. Aduh ini emak bapaknya tepok jidat dah lihat keaktifan Prema hari ini

image

Masih ada lagi!
Saat kakak dari komunitas belalang kupu-kupu bawain dance dengan kostum binatang yang lucu dan imut dipanggung, sebenarnya posisi kami sedang agak jauh dari panggung, saya sedang berbincang dengan anazkia, kawan blogger yang inspiratif.
Tau-tau Prema nyolek, “ibu tolong pegangin ini, Prema mau ke sana.” katanya sambil menyerahkan origami burung yang dipegangnya. Dan disanalah dia, dideretan terdepan, menari mengikuti gerakan para kakak di panggung. OMG…..

Weits belum kelar lho
Sesi berikutnya adalah dongeng dari kak Jeeva Raghunatz. Pendongeng dari India yang sudah langsung mencuri perhatian sejak berjalan masuk dengan sebuah lagu India. Prema berkali-kali terbahak. Saking semangatnya tertawa, Prema sampai cegukan. “Ibu, kakak yang ini bikin Prema cegukan karena kebanyakan tertawa deh.” begitu katanya sembari menghabiskan setengah botol air mineral.

image

Puncaknya adalah dibagian akhir dongeng kak Jeeva, ujug-ujug Prema ke depan dan minta salaman cium tangan. Hahahaha udah kayak lebaran aja. Lanjut di sesi foto bareng. Belum puas juga, Prema masih minta foto berdua kak Jeeva. Masih belum puas, Prema lantas meminjam HP saya dan ndeprok di salah satu sudut ruangan untuk menggambar sketsa kak Jeeva

image

Asik membuat sketsa, bukan berarti kupingnya gak aktif. Ternyata dia tetap mendengarkan dongeng dari kak Sidik dan kak Heru di panggung. Buktinya saat sesi bernyanyi bersama, Prema langsung bangkit dan lari menuju panggung. Berbaur dalam keceriaan bersama anak-anak lainnya.

Fyuuuuh
Beneran deh, ini emak bapaknya aja berasa lelah, Prema masih tinggi aja semangatnya. Saat diajak pulangpun dia masih bertanya, “kenapa pulang?”
Padahal udah gak bobo siang
Lari kesana kemari
Kurang istirahat
Gak apa-apa deh sesekali, selama Prema menikmatinya
Tak apa, Nak
Nikmatilah hari ini. Isi masa kanak-kanakmu dengan keceriaan.
Istirahatnya nanti dijalan aja ya. Dan beneran deh, begitu naik mobil, dalam sekejap cah bagus langsung terlelap.
Selamat bobo sayang. Mimpilah yang indah
Mimpilah yang tinggi
Karena saat kau terjatuh, kau akan jatuh diantara bintang-bintang yang bersinar terang.

Peluk cium

Ayah & Ibu

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Home. Bookmark the permalink.

7 Responses to Prema dan Panggung Festival Dongeng Indonesia

  1. musimbunga says:

    Seruuu di sana bnyk kegiatan seru ya… hihi di sini masih minim kegiatan anak ihiks

  2. Alris says:

    Prema kecil-kecil udah mental baja, salut.

  3. Pingback: Piknik Asyik Dongeng Seru | Tersenyumlah dan Semua Bahagia ………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s