Yuk, Main di Bogor!

image

Ibu, besok khan hari sabtu trus hari minggu. Apakah kita akan ke acara dongeng lagi?“tanya Prema, Jumat siang sepulang sekolah.

Memang selama 3 minggu terakhir ini selalu kami isi dengan mengikuti dongeng keren bersama ayo dongeng Indonesia. Mulai dari dongeng di kampung betawi, kemudian berlanjut minggu berikutnya di museum nasional dan terakhir minggu lalu piknik dongeng di Kebun Raya Bogor.

“Ndak sayang, minggu ini acaranya bukan dongeng. Tapi main bareng Peyapeyo.”

“Waaaaa asik…. Prema suka sekali main sama peyapeyo. Seru. Mainannya banyak!” Prema bersorak gembira

Iya, ini memang kali ketiga Prema ikutan Weekend Class & Projectnya kakak-kakak keren dari Peyapeyo. Yang pertama dulu di Museum PETA lalu yang berikutnya petualangan mencari harta karun di Cico Resort. Dan Prema sangat menikmati. Makanya dia langsung bereaksi gembira begitu tahu akhir pekannya akan diisi dengan bermain bersama Peyapeyo yang kali ini merupakan edisi spesial dalam rangka ulang tahun Peyapeyo tanggal 12 November kemaren, acaranya juga di tempat yang spesial yaitu rumah dinas walikota Bogor. Mengambil tema “Yuk, Main di Bogor!”

image

Sesuai temanya, tentu saja agendanya adalah bermain. Tapi gak asal main lho, semuanya punya semangat belajar, membangun kreatifitas, menjalin kebersamaan dan kerjasama yang tentu saja menyenangkan. Edutainment banget deh. Edukasi dan hiburan dikemas jadi satu. Kalau kata bu Yane, ibu walikota Bogor saat membuka acara, “mari kembalikan anak-anak kita ke alam. Biarkan mereka bermain bebas mengeksplorasi dunianya, lepaskan gadget dan nikmati keceriaan masa kanak-kanak dengan permainan.”

image

Lha ini permainan belum dimulai, Prema udah asyik sendiri berlatih keseimbangan diatas paving block dihalaman rumah dinas. Beberapa bagian tampak sudah goyang yang malah jadi tantangan tersendiri buat Prema. Setelah disusun kembali kemudian dilintasi. Duh maaf ya, Pak Bima, bukan Prema lho yang rusakin pavingnya, Prema numpang main aja ^^

image

image

Ou Prema juga ketemu Metha, tetangga deket rumah, diacara ini, kayak waktu di kuntum farmfield tempo hari. Kalau tahu Metha mau kesini yo mending bareng aja berangkatnya ya. Kebetulan Metha ikut Abinya yang dapat tugas meliput kegiatan ini dari kantornya, RRI Bogor. Lain kali ikutan lagi ya Metha 🙂

image

Permainan pertama adalah percobaan sains berupa air mancur soda. Bukan hanya anak-anak yang berseru “woooooow….” saat air mancur menyembur dengan cantik, orang tuanya pun ikutan takjub. Sebuah reaksi sederhana sebenarnya, yaitu reaksi nukleasi dimana minuman berkarbonasi yang bertemu dengan permen mint, menyebabkan soda pada minuman bereaksi dan menyembur keluar. Saking sederhananya tak terpikirkan untuk praktik dirumah selama ini ^^

image

Tak kalah seru permainan berikutnya adalah membuat kolecer. Jenis mainan tradisional yang sudah sangat jarang dimainkan oleh anak-anak masa kini yang terkontaminasi gadget dan televisi. Berupa mainan bambu dengan dua sisi serupa sayap yang dilentingkan keatas dengan tali berbahan karet kemudian akan turun berupa putaran cantik hingga mendarat kembali ke tanah. Dari sisi sains permainan ini mengadopsi teori gaya, dimana terjadi perubahan gaya pegas (saat kolecer melenting keatas setelah ditarik dengan karet) menjadi gaya gravitasi (saat kolecer kembali turun). Menarik. Kali ini para ayah sangat bersemangat ikut bermain kolecer. Nostalgia masa kecil gitu deh hahahaha

image

image

image

Yang selalu tak ketinggalan dari acara peyapeyo adalah sesi ice breaking yang diisi dengan senam gembira. Mulai dari chicken dance, senam pinguin, hockey pockey sampai joget teddy bear. Lihatlah keseruan kak Dieta, kak Aries, kak Ely bahkan ibu Yane dan semua kakak lainnya yang semua asyik menyemangati anak-anak.

image

kaki kanan didepan kebelakang
Depan belakang lalu goyangkan
Lakukan seperti ini dan berputarlah
Mudahkan caranya
……….”

Prema saja sampai hafal sama lagu-lagunya dan sering mengulangi sendiri senamnya dirumah.

Trus ada juga bermain menggulirkan kelereng dalam pipa. Perlu ketekunan, kerjasama yang baik dan kesabaran dalam permainan ini.

image

Masih ada lho permainan lainnya. Kali ini bermain jaring laba-laba. Motorik kasar dan kemampuan bekerjasama diutamakan disini. Jaring laba-laba yang terbuat dari benang dan bagian tengahnya diberi paku yang menggantung kemudian digerakkan bersama menuju sebuah botol dimana paku akan dimasukkan. Selalu ada pekik gembira ketika paku berhasil dimasukkan dari setiap kelompok bermain. Ah serunya.

image

Daaaaan….. Tarraaa…. Seperti biasa, bagian akhir dari acara peyapeyo ada bermain air. Anak-anak kalau sudah ketemu air mah pasti susah berhenti. Kudu siap basah dan bawa baju ganti deh pokoknya. Lagi-lagi dibagi dalam kelompok berbentuk barisan, kali ini permainan dimulai dengan memindahkan air dari depan kebelakang melintasi kepala tanpa boleh menoleh, kemudian yang paling akhir menuangkannya kedalam botol yang disediakan. Selain tentang kerjasama, ini juga melatih kepercayaan terhadap rekan dalam tim.

image

Setelah itu berlanjut ke permainan pipa bocor. Kali ini setiap kelompok diminta untuk mengisi air ke dalam pipa yang bolong dibeberapa titik hingga akhirnya bola dalam pipa berhasil naik. Anak-anak harus bekerjasama menutupi kebocoran pipa dan secara cepat mengisi air kedalamnya.

image

image

image

Tapiiiii…. Dasar anak-anak ya, bukannya semangat ngisi air dan menutup lubang yang ada malah seru-seruan main air. Saling siram, basah-basahan dan kejar-kejaran. Hahaha memang bermain air selalu menyenangkan. Bahkan setelah permainan berakhirpun beberapa anak termasuk Prema masih asyik menyemprotkan air dari selang. Sampai-sampai diacara sesi foto bareng pak walikota aja semua pada basah kuyup. Tak apa ya Pak, karena memang dunia anak adalah bermain.

image

image

Acara peyapeyo kali ini padaaaaaat banget dengan aneka permainan dibandingkan sebelumnya. Mungkin karena edisi spesial ya hehe. Saking spesialnya, Prema betah banget dan susah diajak pulang. Emaknya juga sih, mupeng berat sama halaman rumah seluas ini. Penuh pohon buah yang rindang, adem, sejuk. Aih pengeeeeeen. Apalagi kata Pak Wali, akan semakin banyak ruang terbuka hijau yang ramah anak akan diwujudkan di kota Bogor. Maka tak salah memang kegiatan ini mengambil tema “yuk, main di Bogor”

image

Hayuklah
Acara selesai. Semua tersenyum bahagia. Anak-anak senang, kakak-kakak peyapeyo senang (dan capek), ayah ibu senang karena liburan hemat *ehm…hemat apa pelit hihihi*
Saatnya membawa kenangan keceriaan kerumah masing-masing. Ayo keluarga Indonesia, jadikan akhir pekanmu berkesan dengan lebih banyak mengisi waktu bersama keluarga 🙂

Salam

Arni

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Home, keluarga kecilku, Review and tagged , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Yuk, Main di Bogor!

  1. Alris says:

    Penghargaan buat pak walikota Bogor. Sesekali kan boleh menikmati rumah dinas, yang seumur-umur gak pernah terbuka buat rakyat jelata.

    • itsmearni says:

      Hehe betul mas
      Ini bapak dan ibu walikota membuka seluas-luasnya ruang bermain dihalaman rumah dinas untuk anak-anak. Bahkan anak-anak pak Walikota juga turut berbaur main bersama. Kebetulan memang usianya masih sepantaran sama para peserta

  2. Katerina says:

    Seru banget mbak Arni. Permainan-permainannya tampak menyenangkan sekali. Terlihat anak-anak begitu ceria dan gembira. Pantesan bikin Prema betah dan pingin lagi 🙂

    • itsmearni says:

      Iya mbak Rien
      Prema memang menyukai sekali setiap acara bermain sama peyapeyo ini. Permainannya menarik. Dilakukan dalam suasana menyenangkan dan pastinya ramah anak 🙂

  3. Pingback: Main Asik Main Seru Bersama PeyaPeyo | Tersenyumlah dan Semua Bahagia ………

  4. Pingback: Ngulik RRI Bogor Bersama Peyapeyo | Tersenyumlah dan Semua Bahagia ………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s