Mengenal Indonesia dari Dongeng Cinta Budaya

Judul : Dongeng Cinta Budaya
Penulis : Watiek Ideo dan Fitri Kurniawan
Ilustrasi : Akari Kokok Ardanu, Fransiska, Feny Tje, Agus Willy, Novianti Wijaya
Penerbit : PT. BIP
Tahun : 2015
Jumlah halaman : 168

image

—————

Pertamakali membaca judul dan melihat sampulnya, saya langsung jatuh cinta pada buku ini. Lanjut memesannya dan tak lama kemudian buku ini hadir ditengah ruang keluarga kami lantas langsung menjadi favorit Prema.

Buku ini berisi kisah-kisah menarik yang membawa kita bertualang dari satu daerah ke daerah lain lewat kekhasannya masing-masing. Dimulai dari alat musik angklung dari Jawa Barat yang telah mendunia, lalu kita diajak menonton tarian Dewi dari Bali kemudian menyebrang ke pulau sumatera dan dibuat ngiler dengan aneka pempek dari Palembang lantas diajak bermain gasing ala Palangkaraya. Saya saja baru tahu ada dua jenis gasing disana yaitu gasing pantau dan gasing balanga.

image

Puas mengenal gasing, anak Indonesia diajak berbangga dengan pakaian nasional Indonesia yaitu kebaya, yang tentu saja tak kalah cantik dan anggunnya dibandingkan dengan gaun ala-ala princess dari luar negeri. Selanjutnya menuju kota Jakarta dengan icon khas Betawinya yakni ondel-ondel. Di buku ini juga disajikan cara membuat mainan ondel-ondel sederhana, yang mana membuat Prema kemudian menjadi agak sotoy saat berkreasi membuat ondel-ondel mini di Setu Babakan tempo hari. Sayang dia kecele, tekniknya beda hehehe.

Lantas kita diajak bernostalgia pada permainan masa kecil dulu yaitu congklak, lengkap dengan filosofinya pula. Ada semangat berbagi dan latihan menabung dalam permainan ini. Seru ya ^^

Buku ini ditulis dalam dua Bahasa yaitu Indonesia dan Inggris. Ini merupakan nilai tambah tersendiri. Bersama Prema yang sedang euforia baru bisa baca, biasanya kami membagi tugas, Prema baca bahasa Indonesia lalu saya yang bahasa Inggrisnya, sambil menjelaskan arti kata perkata. Asyik khan, ceritanya dapat, ilmu budayanya dapat, belajar bahasanya juga jalan dan yang pasti kebersamaannya tercipta.

image

image

Masih ada lagi lho bonus lainnya. Selain dua bahasa, buku ini dilengkapi dengan lembar kegiatan. Macam-macam latihannya, mulai dari mewarnai, mencocokkan gambar dan kata sampai menggabungkan kata menjadi sebuah kalimat. Prema sangat menikmati bagian ini. Setiap usai membaca satu judul cerita, dia pasti penasaran pengen tahu tantangan kegiatannya dan bersemangat sekali untuk menyelesaikan.
Seru khan? Tak hanya dapat kisahnya, anak-anak juga diajak belajar, berlatih dan bersenang-senang.

Paket lengkap!
Kalau di mall pasti udah ditulis “one stop shopping” deh
Jadi tunggu apalagi?
Mari berselancar mengenal budaya Indonesia lewat buku πŸ™‚

Selamat membaca

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Home, keluarga kecilku, Review and tagged , , . Bookmark the permalink.

28 Responses to Mengenal Indonesia dari Dongeng Cinta Budaya

  1. evrinasp says:

    wah ini buku bagus buat Alfi belajar bilingual, di rumah baru ada satu soalnya

  2. Jadi pengen beliin buat adek Mika πŸ˜€

  3. shiq4 says:

    Ini buku cerpen kah? Soalnya kan judulnya dongeng cinta budaya. Jadi mikir klo bukunya berisi kumpulan dongeng atau cerpen buat anak-anak.

  4. alrisblog says:

    Bagus nih buat perkembangan, pengetahauan dan membuat cinta budaya sejak kecil.

  5. Buku terbitan BIP yg utk anak2 memang bagus2 Mba, selalu ngiler untuk beli terus *tapi sambil kekepin dompet πŸ™‚ Mba Watik Ideo ini keren banget, buku anak2nya di BIP banyak dan bagus2.
    Yg buku ini asyik ya ada lembar latihannya juga, mau ah buat Faris yg sedang belajar menulis, pasti dia seneng nih.

    • itsmearni says:

      Iya buku-buku karyanya mbak watiek Ideo ini idenya sederhana dan ngena bangey sama keseharian anak-anak

    • itsmearni says:

      Jiah belum kelar ngetik, malah kepencet send :-d

      Gak salah deh mbak watiek ideo kemaren sampe ke Jerman mewakili Indonesia untuk kategori penulis buku anak

      Buku yang ini beneran paket lengkap. Bilingual, ilustrasi menarik plus ada lembar latihannya. Ayo mbak, beliin buat Faris

  6. annosmile says:

    buku yang menarik..cocok buat perkembangan anak agar lebih mengenal bangsa sendiri πŸ™‚

  7. Ria says:

    Mbak Arniiii, buku itu untuk anak usia berapa ?? trus belinya dimana … jadi tergoda nih buat ngasih ponakan :))

  8. Belum punya buku yang ini. Maxy kpn hari kubeliin buku2 garage sale, new tapi second (eh apa second tapi new yah, hehe, intinya buku baru masih disampul plastik, tapi sdh lama dikoleksi pemiliknya), punya BIP juga sih. Mau khatamin buku2 itu dulu baru beli yg budaya kyke, kalau msh ada hihihi πŸ˜€

    • itsmearni says:

      Ih asiknya
      Mau juga dong buku2 garage sale, buku itu khan gak garus keluaran terbaru, yang penting isinya masih pas buat memberi pesan moral yang baik pada anak. Apalagi terbitan BIP memang sudah ketahuan kualitasnya. Klo ada lagi kabar2i yoooo

  9. Keren bukunya… gambarnya juga sangat bagus dan cocok buat anak2 ya…

    n\Ntar beliin ponakan ah… Makasih infonya Mama Prema… πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s