Bercengkerama dengan Rusa ; Wisata Murah Meriah di Tengah Kota Bogor

Pengen jalan-jalan di Bogor tapi lagi gak punya banyak waktu dan uang? Ada lho tempatnya. Wisata rusa. Iya, beneran wisata rusa. Sebuah wisata yang bisa dinikmati sepanjang trotoar yang mengelilingi Kebun Raya Bogor khususnya dari sisi samping Istana Bogor, tepat di seberang Balaikota Bogor.

Dari SD Sony3

Datanglah saat akhir pekan. Maka kita akan melihat karamaian di sepanjang trotoar ini. Berbatas pagar, pengunjung dan rusa saling bercengkerama satu sama lain. Rusa-rusa yang jumlahnya ratusan dan hidup bebas di halaman istana Bogor ini juga seperti sudah tahu jadwal kunjungan tamu lho. Udah kayak kenal hari aja mereka. Kalau Sabtu dan Minggu pasti udah banyak yang berjejer merapat ke pagar-pagar mendekati pengunjung untuk dielus-elus dan menerima uluran makanan berupa kangkung dan wortel.

image

Wisata ini sangat diminati oleh anak-anak tentu saja. Asik sekali melihat anak-anak ceria memberi makan rusa, bisa mengelus-elus, bisa mengenal mana rusa jantan dan betina, jadi tahu bentuk tanduk rusa dan tentu saja belajar menyayangi ciptaan Tuhan. Eh tapi jangan salah, yang orang tua juga pada seneng kok. Termasuk saya, meskipun udah berkali-kali ngajak Prema kesini, tetap saja excited hehehe.

Rusa 1

Wisata ini juga bisa dilakukan sambil lalu. Berkendara perlahan dikawasan ini sambil melihat-lihat pemandangan. Atau bisa juga mampir sejenak saja, sekedar beristirahat. Atau untuk mengisi waktu selagi menunggu sesuatu. Seperti kami siang itu. Selagi menunggu Ayah yang sedang mengurus perpanjangan pajak kendaraan yang kantornya bersebrangan dengan lokasi wisata, saya dan Prema melipir sejenak kesini. Lumayan, satu jam jadi gak terasa membosankan. Cukup keluar uang Rp. 5000 saja untuk membeli 3 ikat kangkung + wortel. Beli dimana? Ou tenang, penjualnya banyak berjajar sepanjang tepian pagar.

Ada wisata lain yang ditawarkan dikawasan ini. Keliling kebun raya naik delman. Kendaraan tradisional yang ditarik oleh kuda. Untuk menaikinya cukup merogoh kocek Rp. 25.000 sampai Rp 35.000,- tergantung jarak tempuh yang diminta pengunjung. Maka kita akan merasakan sensasi berkendara yang berbeda dengan tarikan mesin mulus. Tuk tik tak tuk tik tak tik tuk suara sepatu kuda 🙂
Cukup seru dan asyik.

Rusa 2

image

Saya tak tahu berapa jumlah pasti rusa-rusa yang hidup bebas dihalaman istana ini. Mungkin ratusan atau bahkan ribuan. Tapi sungguh, ide melestarikan rusa ini sangat layak diacungi jempol. Berada ditengah kota yang padat, wisata rusa bisa menjadi satu oase dan hiburan sederhana untuk melepas penat.

Jadi, tak ada alasan untuk tak rekreasi khan?
Tak mahal
Tak perlu banyak waktu
Tapi cukup menyegarkan jiwa dan raga yang lelah
Biar gak kurang piknik :p

Yuk, main ke Bogor 🙂

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Home, keluarga kecilku, Review and tagged , , , . Bookmark the permalink.

11 Responses to Bercengkerama dengan Rusa ; Wisata Murah Meriah di Tengah Kota Bogor

  1. wiwik says:

    kl tempatnya bersih, rusanya terawat, jangankan Prema, mamaknya kuga pasti mau sering2 kesana hehe…

  2. Pengen ngajakin anak2 kesini wurung mulu. Oh ya mbak, gak masuk ke istananya juga kah? Kalau gak salah di istana bogor jg boleh kunjungan ya? Cuma gak tau caranya hehe

    • itsmearni says:

      Ke istana harus ngajuin izin jauh-jauh hari dan biasanya melayani rombongan (dari instansi/organisasi). Pakaian rapi, bersepatu, gak boleh bawa anak2 dibawah 5 tahun.

      Tapi biasanya setahun sekali istana dibuka juga buat umum, biasanya bertepatan dengan hut kota bogor. Tapi ya gitu, pengunjungnya membludak, antriannya gak nahan. Malah gak leluasa jadinya.

    • itsmearni says:

      Ou klo mau kesini, naik kereta aja Pril, deket kok dari stasiun Bogor, bisa naik angkot sekali atau jalan kaki juga asyik

  3. faziazen says:

    Jadi ingat bambi deh..

  4. Weekend depan kita itungbarengyuk rusa nya hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s