Kenyamanan Menginap di Arundaya Homestay Yogyakarta

Libur panjang awal Mei 2016 ini rasanya sayang dilewatkan tanpa wisata. Pilihan kami jatuh ke kota Yogyakarta. Untuk liburan keluarga kecil (ayah, ibu dan satu anak) biasanya kami tak terlalu pusing soal penginapan, dimana aja hayuklah. Nah kali ini perjalanan agak berbeda, ada sepasang kakek nenek (bapak ibu saya) dan dua balita, anak-anak dari adik saya, yang ikut serta sehingga kami benar-benar harus prepare segala sesuatunya termasuk penginapan. Setelah browsing sana sini, pilihan jatuh pada homestay Arundaya Kuantan Regency blok C8, yang artinya kami akan menyewa satu rumah berikut segala isinya.
image

Bepergian multi age begini memang harus pandai menyesuaikan antara keinginan wisata dengan kondisi fisik setiap pesertanya yang tentu saja butuh istirahat nyaman sebagai pelepas lelah. Sejak awal melihat foto-foto homestay kuantan regency ini, kami memang langsung jatuh cinta. Rumah dengan konsep minimalis, dilengkapi interior yang homy banget, menawarkan kehangatan dalam suasana keluarga yang sesungguhnya.

Jatuh cinta pada pandangan pertama

Kedatangan kami disambut ramah oleh mbak Dhani, pemilik rumah. Memasuki ruang tamu, kehangatan keluarga langsung terasa. Pilihan furniture yang minimalis, desain ruangan yang lega, peletakan berbagai ornamen penghias ruangan menjadikan rumah ini ruang keluarga yang sangat nyaman.

image

Tulisan di salah satu sisi dinding langsung menarik perhatian saya. Setiap kata yang tertulis mewakili impian keluarga bahagia. Memastikan cinta tumbuh dalam keluarga, menciptakan kebersamaan dalam setiap aktifitas, melangkah bersama, bertumbuh bersama. Jempol banget deh. Kapan-kapan mau ah bikin ornamen yang sama buat di rumah *lirik pak suami*

image

Bagian ruang ini tampaknya sekaligus difungsikan sebagai area resapan. Terhubung dengan udara terbuka dibagian atas (menerima tampias air hujan saat tirai gak ditutup) namun gak sampai membanjiri ruangan karena langsung meresap ke ruang tanah dibawahnya. Sirkulasi udara juga sangat lancar sehingga terasa segar.

Wifi connection. FAST & FREE! Saya bahagia bisa tetap aktif berselancar dengan internet selama disini. Apalagi saya meninggalkan banyak tugas di Bogor. Didapuk menjadi ketua panitia perpisahan di sekolah Prema, sehari sebelum berangkat, tentu saja saya harus aktif berkomunikasi dengan rekan-rekan panitia yang lain via grup WA terkait persiapan acara sembari update status di semua akun sosmed. Suami dan adik sayapun gembira bisa terus online memantau pekerjaannya di kantor.

Dapur dan kamar mandi

Salah satu pertimbangan kami memilih homestay adalah tersedianya dapur dan peralatan memasaknya. Adik saya membawa serta bayinya yang berusia 7 bulan. Sedang MPASI. Sehingga kami harus memasak bubur atau minimal membuat air hangat sebagai bekal perjalanan wisata.

Dapur dirumah ini mungil, fungsional dan tertata rapi. Perabotan cukup lengkap termasuk pisau dan sendok. Di sisi lainnya terdapat minibar. Tampak cozy dan asri dengan sebuah rangkaian bunga tepat di depan ucapan selamat datang. Manis sekali.

image

image

Pertimbangan lainnya tentu saja kamar mandi. Ada sebuah ungkapan yang mengatakan, “ingin tahu level kebersihan rumah seseorang, intiplah kamar mandi dan dapurnya.
Kamar mandi dirumah ini, salah satunya dilengkapi dengan air panas. Ini penting karena lagi-lagi ada bayi yang masih terbiasa mandi air hangat. Dengan closet duduk yang pas buat kakek nenek dan mereka yang memiliki perut agak bulat *uhuk*

Di lantai atas, terdapat ruang cuci dan jemur yang cukup lapang dan lega. Memudahkan kami untuk sekedar mengeringkan handuk setelah pakai.

Kamar Tidur

Rumah ini memiliki 3 kamar tidur. Satu kamar tidur utama dilantai bawah berukuran cukup luas ditempati oleh kakek dan mbah. Yang mana kamar ini paling sering direcokin oleh para cucu. Prema bahkan tidur di kamar ini karena pengen bareng mbah dan kakeknya. Ayah ibu honeymoon deh #ehm

image

image

Dua kamar lainnya terdapat di lantai atas. Setiap ranjang dilengkapi kasur empuk, dengan masing-masing dua bantal besar dan satu bantal kecil. Tersedia juga selimut lembut. Terdapat lampu tidur di atas nakas disetiap sisi ranjang, sebuah rak kecil yang sekaligus dapat difungsikan sebagai meja dan sebuah kursi cantik di salah satu sudut kamar.

Kelengkapan lainnya

Power outlet aka colokan listrik. Hari gini keabisan batere HP, wah dipastikan mati gaya deh. Biar gak rebutan, di setiap kamar tersedia colokan listrik. Masih kurang? Di lantai bawah juga bisa kok, barengan sama colokan dispenser air minum

Pendingin udara.  AC ada di tiap kamar. Sehingga total ada 3 AC. Kebetulan saat kami di sana, kota Jogja sedang panas-panasnya. Sehingga AC menjadi kebutuhan.

Plasma TV.  Terdapat dua buah TV, satu di kamar utama, satu lagi di ruang keluarga lantai dua. Menggunakan TV berlangganan, puluhan channel tersedia.

Hot water dispenser. Yang pengen ngopi, ngeteh atau sekedar minum air dingin, semua tersedia. Bahkan dihari kedua kami di sana, sepulangnya kami dari ngider wisata Jogja, dirumah telah tersedia satu galon Aqua sebagai pengganti jika air di dispenser habis.

Bebas Sampah.  Mbak Dhani memang menyampaikan sejak awal bahwa dia akan datang setiap hari untuk membersihkan rumah dan mengambil sampah. Jadi kami bisa bepergian dengan nyaman dan kembali pulang dalam kondisi rumah yang rapi dan bersih.

Garasi. Fasilitas yang satu ini tak kalah pentingnya, karena selama di Jogja kami memang menggunakan failitas rental mobil untuk dapat berwisata keliling Joga.  Garasi yang cukup lega menjadi pertimbangan kami juga saat memilih rumah ini.

Lokasi yang cukup strategis dengan harga terjangkau. Terletak di jl sidikan, umbulharjo homestay ini cukup strategis untuk kunjungan ke tempat-tempat wisata di Jogja. Museum de mata dan de arca hanga berjarak 5 menit saja dari rumah ini. Lalu Malioboro dan alun-alun keraton Jogja juga cukup dekat dari sini. Per Mei 2016, rate menginap di homestay ini aalah Rp.750.000,-/malam. Cukup murah untuk ukuran 3 kamar dibandingkan menginap di hotel ^^

Saat pagi hari, berbekal informasi dari pak satpam (yang bertugas 24 jam penuh) kami mencoba mencari sarapan di sekitar perumahan. Lalu surga banget deh, menemukan aneka jajanan pasar yang enak-enak tak jauh dari rumah plus aneka sarapan pagi lainnya. Sungguh, bikin saya kalap saat membeli hahahaa.

Kejutaaaaaaan

image

Ahay bagian ini benar-benar kejutan deh. Saat melihat-lihat foto yang terpajang di dinding, saya menemukan wajah seorang kawan akrab berpose bersama keluarga mbak Dhani. Ou… betapa sempitnya dunia. Tahu gitu sejak awal aja kami langsung kontak mbak Dhani lewat kawan saya, Shanti, itu. Gak perlu lewat agen, kali aja dapat discount #ngarep #modus #colekdagumbakdhani
^^

Jadi buat kalian yang pengen liburan ke Jogja dan butuh suasana santai layaknya keluarga, homestay bisa jadi pilihan penginapan. Rumah di Kuantan Regency salah satu yang layak dipertimbangkan.

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Home, keluarga kecilku, Review and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

19 Responses to Kenyamanan Menginap di Arundaya Homestay Yogyakarta

  1. jarwadi says:

    libur akhir pekan kemarin, kamis, jumat sabtu, saya nikmati di rumah, bersama sakit punggung dan maag yang mendera 😀

    • itsmearni says:

      ya ampun mas jarwadi gerak cepet bener. Postingannya belum rapi udah mampir aja, makasi banyak yo mas

      Liburan panjang dirumah aja, berarti memang diberi kesempatan beristirahat mas
      Gimana kondisi sekarang, semoga sudah baikan ya 🙂

  2. rumahnya bagus dan nyaman, riviewnya pun baguus…

    harga? mana harganya?

    Itu kalau boleh tau Mba Santi blogger kah?

  3. April Hamsa says:

    750 ribu? wuaaaah murmer ya mbak, buat tempat nginep kyk gtu 😀
    Lokasinya ma stasiun/ angkutan umum mudah tdk mbak aksesnya? Trus deket tempat isata mana aja?
    Soal makanan apakah jg disediakan dsana?

    • itsmearni says:

      Iyaaaaa murmer deh
      Ke stasiun lempuyangan sekitar 10 menit, ke tugu 15 sampai 20 menitlah
      Angkutan umum sepertinya gampang kok, tinggal jalan dikit keluar kompleks. Jujur aku gak pernah naik angkutan umum selama disana karena kami ngerental mobil
      Tempat wisata terdekat itu museum de mata dan de arca, tapi ke malioboro, kraton, taman pintar dll juga termasuk deket kok

      Ou ini belum termasuk makan. Tapi depan komplek banyak kok dagang makanan. Murmer pula 🙂

  4. museliem says:

    Wah kereeeennn…. 750rb itu termasuk murah lho… Emg paling bener sekarang klo jalan mending ke Homestay atau BnB, hotel ga kuat mbak, kecuali dibayarin kantor hahahahahaha

  5. Ihwan says:

    Wah ini bisa jadi referensi kalo Keluarga Biru nanti mau rekreasi rame-rame bareng Anis sekeluarga ke Yogyakarta. Makasih Mbak infonya.

  6. jampang says:

    rapi dan bersih tempatnya yah. lumayan banget dengan harga segitu

  7. Pingback: Museum De Mata ; Tempat Asyik Buat Narsis | Tersenyumlah dan Semua Bahagia ………

  8. omnduut says:

    Aaaaa, asli beneran muraaaah! dengan semua fasilitas yang ada dapet satu rumah. Mbak Arni awalnya tahu homestay ini darimana? apakah di blog? atau malah bisa pesan online? sekalian info kontak rentalnya mbak. Berapaan ya sehari pake mobilnya? *siapa tahu mau tur de AADC2* hehehe

    • itsmearni says:

      Ini pesan online. Pake keyword “homestay murah di jogja”
      Hahaha niat bener ya keywordnya, maklum emak2 pelit :p

      Nah klo rental mobilnya kemaren dapat rekomendasi dari mbak Ima. Memuaskan sekali lho. Murah, dapat diskon gede dan baik banget yang punya 🙂

      Eh, sekarang banyak lho travel yang jualan tour AADC2 di jogja. Emang jeli ya para pengusaha travel itu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s