7 Tips Agar Liburan di Alam Terbuka Menjadi Menyenangkan

Saat ini berlibur telah menjadi kebutuhan semua orang.    Apalagi mereka yang terus menerus bekerja 5 atau 6 hari dalam seminggu.  Rasanya liburan itu semacam oase di padang pasir deh. Pasti pengen banget melipir ke suatu tempat yang damai, tak terganggu suara klakson kendaraan, tak harus menghirup polusi dari asap knalpot dan sejenisnya, menjauh dari segala macam gadget dan tontonan televisi yang kadang tak mendidik.

Tapi bagaimana kalau liburannya singkat?

Ke mall. Ah, terlalu biasa. Nonton bioskop. Ah, bosan.  Lakukan liburan di alam terbuka saja, yuk.  Kami,  setahun terakhir menyukai kegiatan kembali ke alam, Camping.  Tak perlu jauh-jauh.  Karena kami tinggal di Bogor, kami memilih lokasi camping terdekat yaitu Sukamantri Camping Ground.  Terletak di kaki gunung salak, lokasinya mudah terjangkau dan murah meriah. Suasana hijau berbalut udara segar siap menyambut kedatangan kita yang ingin mencari suasana liburan baru yang nyaman tapi tetap menyenangkan buat semua anggota keluarga termasuk anak-anak dan bisa dilakukan hanya semalam, saat akhir pekan sabtu dan minggu saja.

Valuklik1

Yuk, rasakan kehangatan camping di alam terbuka

Prema, 6 tahun, sejak pertama kali kenal camping, langsung ketagihan.  Jika sempat “libur camping” beberapa bulan saja, udah nagih deh dia. Untung saja lokasinya dekat, jadi meskipun dadakan, kami bisa langsung cap cus ke lokasi.

Apa saja yang harus disiapkan ketika berlibur ke alam terbuka bersama keluarga, intip yuk tips sederhana  dari kami :

  • Tenda

Tentunya ini perlengkapan utama ya.  Namanya juga mau camping, ya hayuk atuh siapkan tenda sebagai pengganti kamar tidur yang nyaman di rumah.  Kami kebetulan punya tendanya, jadi setiap kali camping ya tinggal angkut.  Khusus di sukamantri, kalau gak punya tenda, pengelola setempat melayani penyewaan tenda kok. Jadi gak perlu batal camping hanya karena gak punya tenda

  • Pakaian hangat dan nyaman

Nah, ini juga perlengkapan yang gak boleh ketinggalan karena kita akan menginap.  Namanya juga camping ya, kalau gak nginap mah namanya piknik hehe. Libur di alam artinya kita akan sering terpapar udara dingin.  Apalagi yang lokasinya di gunung dan hutan. Selain jaket, kaos kaki, sarung tangan dan kupluk, biasanya saya menyiapkan baju lengan panjang.  Khusus buat saya, tentunya bawa kaos wanita lengan panjang dong ya. Makin malam biasanya udara dingin makin menggigit sampai ke tulang lho.  Makanya pakaian hangat sangat dibutuhkan dalam situasi seperti ini. Bukan sekedar hangat tentunya, tapi juga yang berbahan lembut dan nyaman dipakai.

Valuklik 2

Dengan kaos wanita lengan panjang, tubuh terasa hangat dan nyaman beraktivitas

  • Lampu darurat (emergency lamp)/lampu kepala (head lamp)/senter

Malam hari di camping ground. Gelap pastinya.  Karena itu penting banget bawa perlengkapan penerangan.  Paling bagus sih head lamp, tinggal pasang di kepala, lalu kita bisa beraktivitas normal seperti biasa.  Kalau tak ada, senter juga sudah sangat membantu, minimal saat tengah malam kebelet pipis, tak perlu meraba-raba dalam gelap dengan resiko kesandung ^^

  • Sepatu

Camping tanpa trekking kayaknya kurang lengkap deh.  Kalaupun gak trekking jauh-jauh ke air terjun (fyi, dekat lokasi camping Sukamantri ada air terjun cakep lho) yah minimal jogging di sekitar perkemahan.  Namanya olahraga, paling aman dan nyaman pakai sepatu dong ya.  Kaki hangat dan terhindar dari resiko tertusuk atau tergores duri dan ranting pohon.

  • Alas duduk/tidur/sleeping bag

Kadang alas tenda tak cukup nyaman buat tidur, apalagi kalau dapat lokasi yang bawahnya berbatu, bukan rerumputan seperti yang diharapkan.  Membawa alas tidur berupa sleeping bag bisa jadi alternatif.  Begitupula dengan tikar buat alas duduk saat bercengkerama bersama kawan dan keluarga.

  • Kompor kecil dan peralatan makan

Kami biasanya membawa kompor gas portable.  Ukurannya mungil sehingga praktis untuk di bawa-bawa.  Cukup memadai untuk sekedar memasak air buat teh/kopi dan beberapa penganan untuk menghangatkan tubuh dan mengisi perut yang lapar.

  • Obat-obatan sederhana

Beberapa jenis obat seperti ; obat merah, plester, minyak gosok dan sejenisnya juga termasuk perlengkapan wajib.  Meskipun kadang tak terpakai, tapi tak ada salahnya buat kita berjaga-jaga.  Maunya sih gak ada yang terluka atau tergigit serangga ya, biar liburannya tetap seru dan menyenangkan.

Nah, bagaimana? Sudah siap untuk camping?

Kapan-kapan bisa dong kita jalan bareng.  Dijamin bakal jatuh cinta dan ketagihan deh.  Selamat berlibur kawan-kawan. 🙂

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Berbagi, Home and tagged , , , . Bookmark the permalink.

13 Responses to 7 Tips Agar Liburan di Alam Terbuka Menjadi Menyenangkan

  1. Katerina says:

    Aku belum pernah camping kayak mbak Arni 😀

    Luar biasa nih keluarga mama Prema. Seru abis.

  2. Anisa AE says:

    Wah, pingin camping juga nih … Semoga bisa nerapin tips-tipsnya.

  3. Dian Radiata says:

    Lala juga sejak pertama kali kenal kemping langsung nagih dia… 🙂

  4. Kalo ke Malang, mampir ke Kota Batu mbak, disini hawanya hampir sama dengan Bogor. 😀

  5. Diah says:

    Jadi inget masa Pramuka hehe

  6. faziazen says:

    kompor gas mini kayak apa ya mbak?

    seru ya camping rame rame

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s