Wujudkan Generasi Cemerlang Dimulai dari 1000 Hari Pertama Kehidupan Bersama Prenagen (1)

Setiap orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya.  Anak yang sehat, aktif, cerdas, bahagia dan percaya diri tentunya tidak disulap dalam semalam.  Dibutuhkan nutrisi dan stimulasi yang tepat untuk tumbuh kembang terbaik terutama di 1000 hari pertama kehidupannya (HPK) yang dimulai sejak terjadinya pembuahan di dalam kandungan, hingga anak berusia 2 tahun.

PRENAGEN, sebagai ahlinya nutrisi kehamilan dan menyusui menggelar rangkaian kampanye “Prenagen Peduli, ibu Sehat Indonesia Sehat” yang dikemas dalam Prenagen Pregnancy Educational Journey (PPEJ) 2016, sebagai bentuk apresiasi dan edukasi kepada jutaan calon ibu, ibu hamil dan ibu menyusui agar dapat mengoptimalkan potensi tumbuh kembang buah hati tercinta sekaligus menyadarkan para calon orang tua tentang semangat peduli kesehatan kehamilan dengan nutrisi sehat yang dapat membantu menurunkan angka kematian ibu melahirkan di Indonesia.  Kegiatan ini juga mengajak ayah dan ibu untuk membuat wish list yang ditulis dalam card dan ditempelkan pada tempat yang telah disediakan untuk berbagi jutaan harapan melalui #PRENAGRAM.

Jakarta menjadi kota terakhir penyelenggaraan event PPEJ 2016, diadakan pada tanggal 1 oktober 2016 bertempat di The Hall Lt 8 Senayan City.  Saya beruntung mendapat kesempatan turut hadir dan mengikuti kegiatan ini.  Meski masa-masa hamil terakhir kali saya rasakan 6 tahun yang lalu, namun berada dalam sebuah event yang dihadiri ratusan calon ibu, ibu hamil dan ibu menyusui dengan bayi-bayi lucunya, melihat wajah-wajah bahagia pasutri dengan dress code ungu yang sebelumnya telah melakukan pembelian tiket online, saya melangitkan harapan tinggi pada masa depan anak Indonesia yang menyertai kesadaran para ayah bunda akan pentingnya kesehatan pada masa 1000 HPK.  Acaranya dikemas sangat menarik dalam bentuk talkshow, serius tapi santai.  Selain itu terdapat booth education center diluar ruangan sesuai kebutuhan masing-masing pengunjung.

Kelas Pra Kehamilan

Di booth ini ada dr. Nana Agustina, SpOG yang siap mendengarkan curhatan para calon ayah bunda yang sedang merencanakan untuk memiliki buah hati.  Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya kehamilan antara lain ; masa subur calon ibu yang tentunya terkait dengan siklus menstruasi, kondisi rahim yang sehat, kondisi sperma yang matang dan siap untuk membuahi, kondisi psikologis pasutri, asupan nutrisi yang sehat dan lain-lain.

PPEJ2016JKT

dr Nana di kelas pra kehamilan

Pada kesempatan ini dr. Nana menjelaskan cara menghitung masa subur.  Mengingat siklus mentsruasi setiap wanita berbeda, maka disarankan untuk rajin mencatat tanggal menstruasi minimal selama 6 bulan berturut-turut.  Dengan demikian kita akan mengetahui kapan siklus terpendek dan kapan siklus terpanjang untuk kemudian dapat dihitung rata-ratanya.  Selaian itu kenali pula tanda-tanda lainnya seperti peningkatan suhu basal tubuh, adanya lendir di mulut rahim dan nyeri pada bagian tubuh tertentu.

Selain masa subur, pastikan rahim dalam kondisi sehat sehingga menghasilkan sel telur yang siap untuk dibuahi.  Adanya miom, kista, endometriosis adalah beberapa gangguan yang dapat menyebabkan terhambatnya kehamilan.  Segera konsultasi ke dokter jika calon ibu mengalami gejala-gejala seperti sakit tak tertahankan saat menstruasi, darah haid berlebih, dll yang membuat ibu tak dapat beraktivitas secara normal.    Intinya peluang selalu ada, jadi buat para calon ibu yang punya masalah dengan kandungan, jangan pernah takut dan menyerah untuk terus berusaha.

Jika masa subur sudah diketahui, pun tak ada masalah dengan para calon ayah dan bunda, berikutnya tentu saja calon orang tua harus memperhatikan asupan nutrisi sebagai persiapan kehamilan.  Bukan hanya buat ibunya saja, ayah juga wajib mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi.  Khan mau mendapatkan hasil terbaik.  Ayah ini penyumbang sperma yang membuahi lho.  Spesial buat ibu, prenagen menyiapkan prenagen esensis sebagai nutrisi persiapan kehamilan.

PRENAGEN esensis adalah susu rendah lemak, mengandung Asam Folat ; kalsium, fosfor, magnesium, vitamin D, protein & mikroenkapsulasi zat besi, sumber serat serta omega 3 dan 6.   Belum hamil kok udah minum susu khusus? Gak salah nih.  Sama seperti berinvestasi, minum prenagen esensis sebelum hamil adalah seperti mempersiapkan masa depan terbaik untuk calon buah hati kita. Jadi, agar siap hamil, begitu menikah minum prenagen esensis.

Kelas kehamilan

Di booth ini ada dr. Sigit Pradono, SpOG dari RSIA Grand Family.  Karena ini kelas kehamilan, tentu saja pesertanya adalah para ibu hamil yang didampingi oleh suami.  Entah kenapa, pemandangan seperti ini membuat saya terharu.  Melihat semangat belajar ayah bunda ini dan senyum bahagia yang terpancar jelas, saya jadi ikut terbawa bahagia.  Ditambah lagi dr Sigit yang membawakan materi dan menjawab pertanyaan pengunjung dengan sangat baik dan ramah.  Betah banget berlama-lama di booth ini.

PPEJJKT2016

Sangat penting bagi wanita untuk mengenali diri sendiri terutama saat awal kehamilan.  Perubahan hormon dapat menyebabkan rasa bahagia, sedih ataupun marah secara tiba-tiba.  Mood yang kadang naik turun ini juga harus dimengerti olah pasangan maupun lingkungan sekitar agar dapat memberi dukungan yang terbaik.

Mual dan muntah adalah tanda umum kehamilan trimester pertama.  Pertumbuhan janin dalam kandungan akan dianggap benda asing sehingga tubuh bereaksi yang menyebabkan mual.  Meski demikian, mengingat sejak awal pembuahan sudah terhitung 1000 HPK, maka selayaknya ibu hamil tetap mendapat nutrisi yang sehat untuk tumbuh kembang janin yang dikandungnya.  Untuk itu tersedia Prenagen mommy emesis dan prenagen mommy.


PRENAGEN mommy emesis adalah nutrisi kehamilan untuk mengurangi mual dan muntah.  Mengandung vitamin B6 dan protein yang telah teruji klinis dapat mengurangi mual dan muntah di awal kehamilan.  Dilengkapi dengan asam folat, kalsium, fosfor, magnesium dan vitamin D, mikroenkapsulasi zat besi, sumber serat dan omega 3 & 6.

Memasuki trimester kedua dan ketiga umumnya mual dan muntah sudah berlalu, meskipun pada beberapa kasus ada ibu yang mengalaminya hingga kehamilan 9 bulan.  Pada masa-masa ini, ibu juga tetap harus makan makanan yang sehat dan bergizi.  Dr. Sigit menjelaskan, ibu hamil bukanlah orang sakit, sehingga sebenarnya tak ada pantangan makan apapun.  Silahkan makan sesuai selera, dengan catatan secukupnya, tidak berlebihan dan tetap memperhatikan kandungan gizinya.  Untuk susu, tersedia prenagen mommy sebagai sahabat ibu dimasa kehamilan.
PRENAGEN mommy mengandung asam folat untuk mencegah resiko cacat tabung saraf otak, mikroen kapsulasi zat besi dan vitamin B12 untuk pembentukan sel darah merah, sumber serat untuk meningkatkan asupan serat pangan harian, kalsium, magnesium, fosfor, vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin serta mempertahankan kepadatan tulang ibu, omega 3 & 6 untuk perkembangan otak, fungsi otak dan tumbuh kembang janin.

Untuk memudahkan ibu, Prenagen mommy tersedia dalam kemasan praktis siap minum (tetrapack) sehingga kapan saja dimana saja, ibu bisa mengkonsumsinya.

 

Kelas Menyusui

Saatnya bertemu bayi-bayi mungil yang menggemaskan.  Di kelas ini ada bidan Lisma Meliana yang mengajarkan tentang manajemen laktasi dan perawatan bayi.  Booth ini ramai sekali dengan kehadiran ibu hamil dan ibu menyusui lengkap dengan para ayah ASI dan bayinya.  Karena sifatnya praktik, sesekali terdengar tawa  pengunjung ataupun sekedar senyum simpul para ayah bunda saat bidan Lisma memperagakan teknik menyusui yang baik dan benar.

Untuk dapat menyususi dengan baik, posisi perlekatan harus tepat.  Telinga, tangan dan kaki harus berada dalam satu garis lurus menghadap perut ibu.  Selain itu, ibu harus mengetahui anatomi payudara agar dapat membedakan antara puting, ariola dan gudang susu serta mencegah terjadinya lecet pada puting. Seperti halnya pabrik, yang berproduksi makin banyak ketika permintaan meningkat, demikian pula ASI,  akan melimpah jika payudara semakin sering dikosongkan.  Karena itu, sebaiknya jalankan manajemen laktasi setiap 2 – 3 jam sekali.

prenagen-listrik7

Bagaimana dengan ibu bekerja?

Tenang bunda, bayi dirumah tetap bisa menikmati ASI eksklusif melalui ASI Perah (ASIP).  Sebaiknya sediakan stock ASI sebanyak mungkin dalam lemari pendingin sebelum bunda mulai bekerja.  Pastikan bunda memberi tanggal sesuai dengan saat memerah agar ASIP yang diperah lebih awal dapat dikonsumsi lebih dahulu.  Adapun jangka waktu penyimpanan ASIP adalah :

  • ASI perah tahan hingga 6 jam jika ditaruh pada suhu ruangan sekitar 25 derajat celcius.
  • ASI perah tahan hingga 24 jam, saat disimpan dalam boks pendingin yang ditambahkan dengan tambahan kantung es (ice pack).
  • ASI perah tahan sampai 5 hari, ketika ditaruh pada kulkas bagian lemari pendingin dengan suhu minimal 4 derajat celcius.
  • ASI perah tahan hingga 6 bulan pada freezer dengan suhu 18 derajat celcius dibawah titik beku 0 derajat celsius.

Faktor utama yang mensukseskan pemberian ASI eksklusif adalah psikologis ibu.  Sugestikan diri ibu bahwa ASI lancar dan cukup.  Hindari stress.  Pastikan ibu menyusui dengan bahagia.  Selain itu dukungan penuh dari ayah juga sangat diperlukan.  Pada kesempatan ini, bidan Lisma juga memperagakan teknik pijat yang dapat dilakukan ayah pada pusat-pusat produksi ASI.  Selain untuk relaksasi, pijat ini juga mengalirkan cinta dan kedekatan dalam keluarga, merangsang hormon oksitosin dan prolaktin yang menjadikan ibu nyaman dan bahagia sehingga produksi ASI menjadi lancar.


Khusus diperiode ini, tersedia prenagen lactamom sebagai pelengkap nutrisi masa menyusui.  Karena menyusui adalah mengalirkan cinta dan kehidupan, tentunya ibu harus dilengkapi nutrisi terbaik.  PRENAGEN lactamom berguna untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI dengan asam folat, kalsium, fosfor, magnesium, vitamin D, protein dan mikroenkapsuasi zat besi, sumber serta, omega 3 & 6 untuk perkembangan otak si kecil

Kelas Nutrisi Sehat

Booth ini dipandu oleh Chef Eddrian Tjhia.  Seru sekali disini.  Chef Eddrian yang terkenal dengan healthy lifestylenya, mendemokan beberapa resep sederhana antara lain Green smoothie, smoothie pisang coklat dan sup pepaya muda.

prenagen-listrik6

Saya sempat mencicipi green smoothie yang terdiri dari campuran apel hijau, brokoli, pisang dan madu.  Rasanya enak dan segar.  Ehm, sebenarnya pengen nambah, tapi malu plus antriannya panjang hahaha. Green smoothie ini mengandung vitamin K dan kolin, bermanfaat untuk kesuburan dan perkembangan janin.

Selain mengkonsumsi jus dan aneka makanan sehat, buat ibu hamil yang tak sempat membuat sendiri jus segar, dapat minum PRENAGEN Juice yang terbuat dari buah-buahan segar kaya vitamin.

Prenagen juice merupakan sari buah asli pomegarante dan anggur.  Menjadi sumber asam folat dan vitamin C. Prenagen juice memudahkan ibu karena bisa diminum kapan saja dimana saja.  Lebih nikmat diminum dingin.

 

Photo Booth

Prenagen benar-benar mempersiapkan acara ini dengan maksimal.  Bukan hanya education center, panitia juga menyiapkan tempat untuk mengabadikan gambar.  Photo booth dibuat cantik dengan pernak pernik lucu khas kamar bayi.  Tak ketinggalan dong, saya juga ikutan foto disini.  Langsung jadi dalam frame cantik.

Menyenangkan sekali berada disini.  Membuat saya tiba-tiba kangen untuk hamil dan kembali punya bayi.  Banyak pelajaran yang saya dapatkan dan ingin saya praktikkan kelak.  Kalaupun ternyata kesempatan itu tak saya dapatkan kembali, tapi saya siap berbagi pelajaran berharga ini bersama ibu-ibu hebat Indonesia.

 

Keseruan hari ini belum berakhir.  Sesi utama dalam #PPEJ2016JKT adalah talkshow yang berlangsung di panggung utama.  Yuk, ikuti bincang asyiknya dalam Wujudkan Generasi Cemerlang Dimulai dari 1000 Hari Pertama Kehidupan Bersama Prenagen (2)

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Home. Bookmark the permalink.

3 Responses to Wujudkan Generasi Cemerlang Dimulai dari 1000 Hari Pertama Kehidupan Bersama Prenagen (1)

  1. Pingback: Wujudkan Generasi Cemerlang Dimulai dari 1000 Hari Pertama Kehidupan Bersama Prenagen (2) | Tersenyumlah dan Semua Bahagia ………

  2. ada prenagen jus kayaknya seger ya. baru tau ada varian begitu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s