Terpikat Dalam Fantasi NTT ; Sebuah Liburan Impian Bersama Travel Wish Tixton

Putar ke kiri e…
Nona manis putarlah ke kiri
ke kiri ke kiri ke kiri ank e kiri ke kiri ke kiri ke kiri manis e..
Sekarang kanan e..
Nona manis putarlah ke kanan
ke kanan ke kanan ke kanan ank e kanan ke kanan ke kanan ke kanan manis e..

Potongan lirik dari lagu “Gemu Fa Mi Re” itu terus terngiang-ngiang di telinga saya sejak pertama kali mendengar dan mengikuti gerakannya dalam goyang maumere.  Iya, belakangan, goyang maumere menjadi salah satu senam wajib di beberapa instansi maupun event-event olahraga, termasuk salah satunya di tempat senam yang rutin saya ikuti.  Meski tak terlalu mengerti artinya, tapi saya sangat menikmati alunan musiknya yang riang, penuh semangat dan ceria.  Gerakan tarinyapun enak untuk dilakukan.  Tak terlalu berat, meski untuk pemula.

Saking sukanya, saya kemudian mencari tahu lebih banyak tentang Maumere, yang justru mengantarkan saya pada pesona wisata lainnya diwilayah  Nusa Tenggara Timur.  Sejak lama memang saya sudah jatuh cinta pada alam timur Indonesia yang eksotis.  Bentang alamnya memesona.  Alam yang katanya gersang namun diballiknya menyimpan keindahan tersendiri.  Semacam sebuah fantasi negeri dongeng yang hadir dalam lukisan atau film-film.  Tapi ini nyata dan ada di Indonesia.

Jelajah maya membawa saya makin hanyut dalam fantasi.  Betapa tidak, saat mengetikkan kata kunci “Wisata di NTT” pada salah satu mesin pencari, saya menjadi tercengang.  Decak wow wow dan wow terus terucap tanpa sadar melihat betapa indahnya alam yang terbentang.  Nusa Tenggara Timur menyimpan surga tersembunyi yang demikian menggoda untuk disambangi.  Benar-benar tak salah ketika juri Anugerah Pesona Indonesia 2016 menetapkan NTT sebagai juara umum.  Hampir di semua kategori penilaian, NTT menempati urutan teratas, padahal itu baru sebagian kecil saja dari pesonanya yang terpublikasi. Baiklah, setelah sukses membius saya lewat lagu maumere, kini NTT membuat saya termimpi-mimpi untuk dapat terbang ke sana dan berkencan bahagia melepas penat menikmati setiap keindahan yang tersaji.

Well, kalau suatu hari diberi kesempatan dan rejeki untuk dolan-dolan ke NTT untuk mewujudkan liburan impian saya, maka inilah beberapa tempat yang berhasil memikat mata dan hati saya untuk segera mengemas koper dan bertandang kesana :

Gunung Kelimutu

Adalah gunung dengan danau vulkanik tiga warna dipuncaknya, masing-masing merah biru dan putih.  Berbagai kisah menyertai perbedaan warna yang unik ini, dari riset ilmiah hingga kisah setempat yang berbau mistis. Danau berwarna biru dalam bahasa setempat disebut “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” Danau yang berwarna merah disebut “Tiwu Ata Polo”  dan danau berwarna putih disebut “Tiwu Ata Mbupu”.

Danau Kelimutu yang menawan. Foto dari sini

Danau Kelimutu yang menawan. Foto dari sini

Cinta pada pandangan pertama pada danau cantik ini. Sumber foto KLIK DISINI

Cinta pada pandangan pertama pada danau cantik ini. Sumber foto KLIK DISINI

Saya ingat sekali, pertama mengenal nama Danau Kelimutu dari lembaran uang pecahan Rp. 5000 jaman dulu, saat saya masih kecil.  Dan sejak itu saya penasaran melihat warna-warnanya yang unik padahal lokasinya berdekatan.  Ini hampir mirip dengan Telaga Warna di Dieng yang juga punya warna berbeda di masing-masing cekungnya.

Kawasan Taman Nasional Komodo

Si Kadal Raksasa. Foto dari sini

Si Kadal Raksasa. Foto dari sini

Taman ini mencakup 3 pulau besar yaitu Komodo, Rinca dan Padar disamping banyak pulau-pulau kecil lain disekitarnya. Seperti namanya, tentu saja daya tarik utama taman nasional ini adalah si kadal purba yang besar yaitu komodo.

Tak hanya komodo, kawasan ini juga menjanjikan daya tarik ekosistem flora dan fauna yang memesona.  Dari padang savana yang luas dengan keanekaragaman hayatinya, aneka binatang khas hutan tropis hingga pemandangan bawah laut yang memukau.  Perairan komodo bahkan disebut-sebut sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di dunia, dengan jenis biota lautnya yang unik dan cantik.  Selain itu salah satu pulau besarnya yaitu pulau Rinca juga tak kalah eksotis dengan pasir pantainya yang berwarna pink, sehingga dikenal sebagai pink beach.

Pulau Padar yang cantik. KLIK DISINI untuk sumber foto

Pulau Padar yang cantik. KLIK DISINI untuk sumber foto

 

Pantai Nihiwatu

Dalam event API 2016, pantai Nihiwatu mendapat gelar pantai terpopuler kebersihannya.  Wow ini luar biasa.  Gelar ini tentu saja bukan diperoleh ala sulap yang jadi dalam semalam.  Ada peran serta berbagai stake holder pelaku wisata disana, mulai dari penduduk setempat, pengelola wisata hingga wisatawan yang berkunjung.  Tingginya kesadaran akan kebersihan ini patut diacungi jempol dan semoga dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Bersih banget ya. Foto dari SINI

Bersih banget ya. Foto dari SINI

Selain terkenal karena kebersihannya, pantai Nihiwatu juga merupakan salah satu tempat berselancar terbaik dengan gulungan ombak tercepat dan menantang nyali.

Rumah Pengasingan Soekarno

Sebagai penikmat wisata sejarah, saya tak akan melewatkan kesempatan berkunjung ke situs sejarah yang satu ini, tempat dimana bapak proklamator RI pernah diasingkan yang terletak di Jalan Perwira, kecamatan Ende Utara.

Rumah Pengasingan dengan sejuta kisah. KLIK SUMBER FOTO

Rumah Pengasingan dengan sejuta kisah. KLIK SUMBER FOTO

Kampung adat Wae Rebo

Sebuah Kampung adat di Manggarai Tua yang melestarikan adat dan budaya local dengan cara yang unik.  Daya tarik utama kampong ini adalah adanya Mbaru Niang yaitu rumah-rumah adat berbentuk kerucut, melingkar dan berpusat ditengah yang menjadi tempat tinggal warga setempat.  Merupakan bangunan komunal yang berarti bisa ditempati oleh 6 sampai 8 kepala keluarga. Pada tahun 2012, Mbaru Niang mendapat penghargaan UNESCO sebagai proyek konservasi bangunan yang berumur lebih dari limapuluh tahun.

Mbaru Niang yang memesona. Foto dari SINI

Mbaru Niang yang memesona. Foto dari SINI

Lukisan alam yang asri dan alami menjadi pemandangan yang tak bosan-bosan untuk dinikmati.  Wae Rebo memang menjadi kawasan terpencil yang terpisah dari desa-desa lainnya di wilayah Manggarai.  Berada disini rasanya kita terdampar ke sebuah peradaban lampau dan lupa sejenak akan hiruk pikuk kehidupan kota.  Damai.

Nah nah gimana, kamu juga jadi pengen ke sana?

Itu baru beberapa tempat saja lho.  Masih banyak banget destinasi wisata nan eksotis yang layak dikunjungi kalau liburan ke NTT.  Masih ada Labuan Bajo dengan Pulau Kanawanya, Pulau Bidadari, Gua Liang Boa, Danau Sano Nggoang, Air Terjun Cunca Rami dan lain-lain yang tersebar di banyak tempat di NTT.  Luar biasa memang alam Timur Indonesia.

Tixton ; Solusi Terbaik Kebutuhan Penginapan

Terus, kalau liburan ke NTT, bagaimana dengan akomodasinya?

Sekarang ini teknologi sangat memudahkan kita untuk melakukan pemesanan segala kebutuhan.  Dari sekedar beli makan, bisa online.  Beli baju, bisa online.  Bahkan beli sayur mayor aja ada kok jualan onlinenya.  Nah begitu juga dengan hotel, pastinya bisa dipesan jauh-jauh hari sebelum liburan, biar nanti tinggal cuss, akomodasi sudah terjamin.  Seorang kawan merekomendasikan salah satu penyedia layanan hotel yang terpercaya yaitu Tixton.  Saya langsung mencari tahu, bagaimana cara pesan kamar via Tixton.  Dan wow begitu membuka websitenya, saya menemukan kejutan.

Ternyata sedang ada “Promo Wisata Tixton”.  Promo wisata ini berlaku mulai tanggal 17 Agustus sampai 16 November 2016.  Jadi kalau mau harga promo, pastikan pemesanan tiketnya pada tanggal-tanggal itu ya.  Selain itu, deprogram yang sama, ada undiannya juga.  Berlaku untuk perjalanan yang dilakukan sejak tanggal 1 Desember 2016 hingga 28 Februari 2017, dengan satu pemenang diundi setiap bulannya. Hadiahnya gak tanggung-tanggung lho, tiket pesawat untuk 2 orang dan uang saku total 5 juta rupiah.  Wow, siapa yang gak tergiur nih. Jadi memang pilihan tepat nih pesan hotel di Tixton, dapat hotelnya, dapat juga kesempatan untuk ikut undiannya.  Siapa tahu dewi fortuna sedang berbaik hati padaku #ngarep

Lalu ada bagian “Travel Wish Tixton”.  Disini kita bisa memasukkan data-data tentang liburan impian kita.  Mulai dari tanggal wisata, kota tujuan bahkan hotel dengan rate tertentu.  Nantinya, mesin pencari Tixton yang bernama Genie akan bekerja cepat mencari hotel sesuai kebutuhan kita.  Gak pake lama, Genie ini rajin dan pintar lho, datanya akan segera terkirim ke email kita dalam waktu singkat.  Misalnya saya nih, mau ke NTT.  Untuk tujuan terdekat dengan destinasi wisata yang saya sebutkan di atas, saya akan memilih Labuan Bajo sebagai tempat menginap.  Maka saya coba masukkan data dalam travel wish yang kemudian dibalas oleh Genie, seperti ini :

Ou tak lupa, Tixton juga ada program diskon s/d 20 % dari harga yang sudah kita pilih.  Hmm… emak-emak macam saya mah, emang demennya yang diskon-diskon, jadi rasanya bakal rugi dah klo kesempatan ini sampai terlewatkan. Siapapun gak bakal nolak khan ya kalau dikasi harga hotel termurah hehe.

Wah wah saya jadi makin kepo nih sama Tixton.  Promonya oke, metode pemesanannya juga gak ribet.  Eh tapi, aman gak ya.  Coba kita cari tahu. Lalu saya menemukan bagian ini

Ini jaminan keamanan lho. Menggunakan teknologi SSL yang menjamin perlindungan data konsumen, ada program perlindungan pembeli, harga jujur, bahkan perlindungan kartu kredit. Tixton bekerjasama dengan Braintree Payments untuk memproses pembayaran.  Untuk diketahui Braintree merupakan alat pembayaran atau rekening online yang terpercaya yang banyak digunakan di dunia untuk sebuah transaksi online.  Khusus dalam hal program perlindungan pembeli, adalah ketika proses check in hotel tidak berjalan lancar sebagaimana mestinya, maka klien Tixton dapat langsung menghubungi Customer Servive Tixton di :

  • Nomor telepon: +62 812-3952-3295.
  • Email: support@tixton.com.

Wah kece ya Tixton ini.  Support sistem untuk customernya benar-benar diperhatikan.

Lantas saya kepikiran, “ini khan udah mesen kamar hotel jauh-jauh hari.  Kalau saya batal nginep gimana, hangus dong ini kamarnya,”

Dan Tixton memberi jawabannya.  Ternyata kamar hotel yang sudah dibeli, bisa dijual kembali lho ke Tixton.  Mereka akan membantu kita menjual kembali dengan harga yang pantas.  Wah, ini baru mantap.  Gak ada tuh yang namanya rugi.  Caranya, tinggal klik fitur “Jual” yang terletak di kiri atas website Tixton.  Nanti kita akan diminta mengisi beberapa form kelengkapan data penjualan.  Ah… jadi tenang deh.

Makin banyak baca soal Tixton, makin semangat jadinya saya merencanakan liburan.  Bukan hanya ke NTT, rasanya saya ingin segera membuat list liburan impian deh ke kota-kota lainnya. soalnya Tixton bener-bener menjamin  cara mudah dapatkan harga TERMURAH di hotel idaman.  Jadi, nginapnya? Tixton ajaaaaaa.

Buat yang penasaran, yuk cekidot lebih lanjut mengenai Promo Wisata Tixton di media sosial Tixton:

  • Website: http://www.tixton.com.
  • Blog: tixton.com/blog.
  • Facebook: TixtonAsia.
  • Twitter: @tixtonasia
  • Instagram: @tixtonasia.

Jadi, kapan kita kemana bersama Tixton?

Yuk ah wujudkan liburan impianmu. Segera packing lalu jelajahi alam Indonesia

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Lomba and tagged . Bookmark the permalink.

11 Responses to Terpikat Dalam Fantasi NTT ; Sebuah Liburan Impian Bersama Travel Wish Tixton

  1. mysukmana says:

    mantep, ane udah ngimpi ke NTT

  2. omnduut says:

    Nah baru tahu nih soal tixton. Nama situsnya kece ya mbak, kesannya gagah dan eksklusif haha.

    • Arni says:

      haaa serius baru tau?
      wah, kirain sibolang kayak dirimu malah udah sering pake
      mulai sekarang cobain deh booking hotel lewat Tixton, dijamin gak pake nyesel deh

  3. Ina says:

    Aduh lama ga sowan bw dimari, kelewatan banyak donk donk… Apa kabar nih mbak?
    Liburan terus nih? Jadi pengen planning juga, mmmhhhhh… Tapi aku ada baby e…

  4. elok46 says:

    Blm pernah, semoga bisa kesini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s