[Liburan asik dan kreatif] Berkreasi dengan Playdough

Saat-saat libur panjang seperti ini adalah masa rawan anak-anal menjadi lebih manja, rewel, malas dan sejenisnya. Kenapa? Ya karena gak ada kegiatan. Apalagi seumuran Prema, kemana-mana ngintilin emak. Dengan dalih membantu ibu, maka segala kegiatan ibu juga direcokin dari nyapu, ngepel, nyuci, nyetrika, masak dll.

image

Kalau suasana hati emaknya lagi enak sih asik-asik aja ngerjain bareng, jatuh atau tumpah dan kotor-kotor dikit gak apa-apalah, itung-itung Prema belajar. Tapiiiiii….. Ada kalanya emak lagi uring2an, lagi super rempong, ealah direcokin pula. Rasanya pengen ngamuk deh. Iya tahuuu…. Gak boleh marah-marah nanti cept tua hehe. Seperti hari ini, ada kerjaan yang harus dikelarin, nah biar anteng Premanya, bikinin dia kegiatan deh.

Kali ini pilihannnya berkreasi dengan playdough. Berhubung saya emak pelit, rasanya sayang duit klo beli playdough, jadi bikin sendiri deh. Resep yang saya pakai yang paling simpel
*just in case ada yang mau bikin juga*

image

Bahan:
– 4 cups terigu
– 2 cups garam (ini buat pengawet)
– 1 cup air hangat
– 1 1/5 sdm minyak goreng
– Pewarna makanan sesuai selera
– Wadah untuk adonan
– Sendok

Cara

1. Bagi rata air hangat kedalam 4 wadah, masukkan minyak goreng ke masing-masing wadah (minyak yang 1 1/5 sdm tadi dibagi 4) tuangkan pewarna makanan sesuai wadah. Aduk

2. Campur rata tepung dengan garam

3. Masukkan 1 cup adonan terigu & garam tadi ke masing2 wadah

4. Aduk rata masing2 adonan kering dan cair sampai menggumpal

5. Taburkan sisa terigu di tempat lain yang rata, ambil adonan playdough per warna tadi, knead sampai menyatu rapi, simpan lalu teruskan ke adonan warna yang lain

6. Playdough siap dimainkan

7. Sisa adonannya disimpan dalam kulkas bawah agar awet, klo saya sih dimainin aja semua, udahannya dibejek lagi sesuai warna baru masukin kulkas

image

——————

Nah udah jadi playdoughnya. Emak konsen kerja. Prema asik melintir-melintir, mencet-mencet, gulung, membuat berbagai bentuk. Lumayanlah jadi anteng dianya. Paling sekali-sekali nyamperin saya buat pamerin hasil buatannya.

image

image

Lumayan lah ya, buatan bocah 5 tahun. Udah agak jelas maunya bikin apa saja. Selain untuk pengenalan berbagai macam bentuk, berkreasi dengan playdough ini juga melatih motorik kasar dan halus anak-anak. Sekaligus merangsang perkembangan imajinasinya. Karena setiap bentuk yang akan dibuat pastinya dibayangkan terlebih dahulu.

Bermacam kreasi bisa lho dibuat dengan playdough ini. Selain membuat bentuk hewan-hewan, bisa juha membentuk huruf, angka atau mengenal bangun simetri seperti segitiga, bulat, segiempat, oval dll. Pastinya semua dibuat dengan ceria, sambil bermain. Bisa jadi bahan tebak-tebakan sekaligus belajar

image

Sampai tiba waktunya makan siang, laper deh abis kerja keras. Lanjut bobo siang. Emak aman sentosa. Haha.

image

Saking excitednya bermain dengan playdough, hari ini masih lanjut nih melintir-melintir adonananya. Ini dia hasil kreasi hari kedua, masih belum bosan Premanya. Yang bunga buatan saya, lainnya buatan Prema šŸ™‚

Jadi, liburan tak melulu harus jalan-jalan to
Mainan juga tak harus yang mahal
Yuks manfaatkan bahan yang ada
Pupuk kreatifitas buah hati kita
Karena pendidikan pertama untuk anak adanya dirumah, bersama orang tuanya šŸ™‚

Advertisements

About Arni

Arni I Parenting & Lifestyle Blogger I Proud mom of amazing Prema I Living in Bogor I Feel Free to contact me at putusukartini@gmail.com or itsmearni@yahoo.com
This entry was posted in Berbagi, Home, keluarga kecilku, Resep and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

13 Responses to [Liburan asik dan kreatif] Berkreasi dengan Playdough

  1. Tiwied says:

    Dulu jaman aku masih ngajar di Palygroup juga bikin playdough. Oh ya, sekedar ngasih tau aja sih. Biasanya playdough itu hanya bertahan 2-3 minggu. Setelah itu muncul jamur2 dan baunya jadi nggak enak.

  2. ntar lebaran aku contek yaaaakk.. šŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s